UPAYA MENINGKATKAN NASIONALISME MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN BERBASIS NILAI-NILAI PANCASILA PADA SISWA KELAS X TKJ SMK MAMBAUL FALAH

LUTHFI, MUHTAR (2014) UPAYA MENINGKATKAN NASIONALISME MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN BERBASIS NILAI-NILAI PANCASILA PADA SISWA KELAS X TKJ SMK MAMBAUL FALAH. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (418kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (113kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (242kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (280kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (538kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (161kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (33kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (24kB) | Tinjau ulang
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini di latar belakangi masih adanya siswa yang tidak ikut dalam pelaksanaan upacara bendera, masih ada siswa membeda-bedakan dalam pergaulan sehari-hari dengan teman yang berlainan jenis suku dan kebudayaan, masih ada siswa yang malu untuk memakai seragam batik, siswa masih jarang ada yang ikut membantu jika ada korban bencana alam atau membantu teman atau keluarga teman yang sedang terkena musibah dan masih ada siswa tidak mau menerima dan tidak mau melaksanakan keputusan bersama. Rumusan masalah: “Bagaimana Layanan Penguasaan Konten dapat Meningkatkan Rasa Nasionalisme pada Siswa Kelas X TKJ SMK Mambaul Falah Tahun Pelajaran 2013/2014?” Tujuan penelitian: 1. Mendeskripsikan pengingkatan nasionalisme siswa sesudah penerapan layanan penguasaan konten pada siswa kelas X TKJ SMK Mambaul Falah Tahun Pelajaran 2013/2014. 2. Mengetahui peningkatan keterampilan peneliti atau guru BK dalam Layanan Penguasaan Konten untuk meningkatkan nasionalisme siswa dengan menggunakan nilai-nilai pancasila pada siswa kelas X TKJ SMK Mambaul Falah Tahun Pelajaran 2013/2014. Berdasarkan latar belakang masalah, kajian teori kerangka berfikir di atas, maka hipotesis tindakan yang peneliti ajukan adalah: Layanan penguasaan konten berbasis nilai-nilai pancasila dapat meningkatkan nasionalisme pada siswa kelas X TKJ SMK Mambaul Falah Tahun Pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah, PTBK melalui prosedur tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahap (2 siklus). Siswa yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ SMK Mambaul Falah Tahun Pelajaran 2013/2014 yang mengalami masalah dalam nasionalisme. Pada pra tindakan diketahui ada 8 siswa yang dalam penelitian ini masih masuk dalam ketegori kurang dalam hal nasionalisme yang mereka miliki dengan mendapatkan skor rata-rata 42% dan siswa yang masuk dalam ketegori cukup ada 16 siswa dengan mendapatkan skor rata-rata 55% sedangkan siswa yang masuk dalam kategori baik ada 11 siswa dengan skor rata-rata 68%. Pada siklus I telah terjadi peningkatan nasionalisme dalam diri siswa peserta layanan penguasaan konten, hal ini terlihat dari ada 12 siswa yang masuk dalam kategori cukup dengan skor rata-rata 55%, dan ada 18 siswa yang masuk dalam ketogori baik dengan skor rata-rata 76% sedangkan siswa yang masuk dalam ketogori sangat baik ada 4 siswa dengan skor rata-rata 80%. Pada siklus terakhir atau siklus II telah terjadi peningkatan nasionalisme dalam diri siswa peserta layanan penguasaan konten, hal ini terlihat dari ada 5 siswa yang masuk dalam kategori baik dengan skor rata-rata 77%, sedangkan sisanya yaitu 30 siswa meningkat dengan baik dan masuk dalam kategori sangat baik dengan jumlah rata-rata skor 85%. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka peneliti menyampaikan saran sebagai berikut: 1. Kepala sekolah: Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa layanan penguasaan konten sangat membantu siswa dalam meningkatkan nasionalisme siswa. Sehingga diharapkan kepala sekolah dapat mendukung adanya layanan penguasan konten ini dengan memfasilitasi konselor sekolah dalam memberikan layanan penguasaan konten. 2. Konselor: Diharapkan konselor dapat memaksimalkan layanan bimbingan dan konseling di sekolah, terutama layanan penguaan konten. Agar pelayanan bimbingan dan konseling dapat membantu siswa dalam mengembangkan sikap cinta tanah air dengan berdsarkan nilai-nilai pancasila. 3. Bagi Siswa: Siswa harus menyadari akan pentingnya rasa nasionalisme, karena nasionalisme merupakan cerminan kebanggaan sebagai warga Negara dan perlunya menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam setiap aspek kehidupan. 4. Penelitian berikutnya: Diharapkan peneliti berikutnya dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai dasar dalam mengembangkan penelitian yang selanjutnya dengan memperluas aspek kajian penelitian dan mempergunakan hasil penelitian sebagai tambahan pengetahuan serta referensi terutama yang berkaitan dengan nasionalisme siswa melalui layanan penguasaan konten.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing Dra. Sumarwiyah, M.Pd, Kons.
Uncontrolled Keywords: Penguasaan Konten, Nilai-nilai Pancasila dan Nasionalisme
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Unnamed user with username librarianumk1
Tanggal Deposit: 06 Jan 2015 02:27
Last Modified: 06 Jan 2015 02:27
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3842

Actions (login required)

View Item View Item