PENGARUH PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TERHADAP KOMPETENSI PEGAWAI NEGERI SIPIL PADA KANTOR DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA KABUPATEN KUDUS

OCTAVIA SULISTYOWATI, ANDRIYANI (2014) PENGARUH PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TERHADAP KOMPETENSI PEGAWAI NEGERI SIPIL PADA KANTOR DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA KABUPATEN KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (423kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (150kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (977kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (154kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (154kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (498kB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

PNS professional danpeningkatankompetensinyaadalahmelaluiPendidikandanPelatihan (Diklat).DalamPeraturanPemerintahanNomor 101 Tahun 2002 Tentangpendidikandanpelatihanjabatanpegawainegerisipil, disebutkanbahwadenganpelaksanaandiklatdiharapkandapatmenciptakansumberdayapegawai yang memilikikompetensi yang diperlukanuntukpeningkatanmutuprofesionalisme. NamunmeskipundemikianDiklattelahbanyakdilakukan, profesionalisme PNS masihharusdikembangkan. Berdasarkanlatarbelakang di atas, makarumusanmasalahdalampenelitianiniadalahapakahadapengaruhpendidikandanpelatihanterhadapkompetensipegawainegerisipilpada Kantor DinasPendidikanPemudadanOlahragaKabupaten Kudus secaraparsialmaupunberganda.Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengujipengaruhpendidikandanpelatihanterhadapkompetensipegawainegerisipilpada Kantor DinasPendidikanPemudadanOlahragaKabupaten Kudus secaraparsialmaupunberganda. Variabel independen atau variabel bebasyang digunakan yaitu :pendidikan (X1), pelatihan(X2). Variabel Dependen atau variabel terikat yang digunakan adalah kompetensi PNS (Y). Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 106 pegawai. Sampel sebanyak 51responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling, dengan ketentuan pegawai yang bekerja minimal 5 tahun. Analisis datanya dengan menggunakan analisis-analisis statistik di mana perhitungannya menggunakan analisis kuantitatif meliputi,analisis regresi, uji hipotesis (uji t dan uji F), serta koefisien determinasi atau Adjusted R Square(R2) sebelumnya kuesioner diuji terlebih dahulu untuk melihat validitas dan reliabilitas. Dari hasil analisis data yang dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan baik secara parsial maupun berganda hal ini dibuktikan dengan : Ada pengaruh yang positif dan signifikan variabel pendidikan terhadap kompetensi pegawai negeri sipil pada Kantor Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kudus secara parsial yang didasarkan pada hasil pengujian nilai "t" _"hitung" sebesar 4,112 memiliki "t" _"hitung" > dari nilai "t" _"tabel" sebesar 1,677, dan Prob Sig. sebesar 0,000 di bawah 0,05. Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel pelatihan terhadap kompetensi pegawai negeri sipil pada Kantor Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kudus secara parsial yang didasarkan pada hasil pengujian nilai "t" _"hitung" sebesar 3,630 memiliki nilai "t" _"hitung" > dari nilai "t" _"tabel" sebesar 1,677, dan Prob Sig. sebesar 0,001 di bawah 0,05. Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel pendidikan dan pelatihan terhadap kompetensi pegawai negeri sipil pada Kantor Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kudus secara berganda yang didasarkan pada hasil pengujian nilai "F" _"hitung" sebesar 43,157 memiliki nilai "F" _"hitung" > dari nilai "F" _"tabel" sebesar 3,191, dan Prob Sig. sebsar 0,000 di bawah 0,05. Dari hasil analisis regresi berganda ternyata variabel pendidikan memiliki nilai koefisien regresi sebesar 0,314 yang berarti mempunyai pengaruh lebih besar dibandingkan dengan variabel pelatihan yang memiliki nilai koefisien regresi sebesar 0,254.Sedangkan pengaruh kontribusi atau peranan kedua variabel tersebut sebesar 64,3% terhadap peningkatan kompetensi pegawai negeri sipil.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing Dr. Drs. GH. Joko Utomo, MM
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Pelatihan, Kompetensi PNS.
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Teori Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: Unnamed user with username librarianumk1
Tanggal Deposit: 06 Jan 2015 02:44
Last Modified: 06 Jan 2015 02:44
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3847

Actions (login required)

View Item View Item