PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SD N 3 GLAGAH KUDUS TAHUN 2013/2014

SULISTIYANI, - (2014) PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SD N 3 GLAGAH KUDUS TAHUN 2013/2014. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (823kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (344kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (658kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (370kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (847kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (299kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (176kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (97kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (12MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Latar belakang dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD 3 Glagah. Nilai awal penelitian tindakan kelas terdapat 10 siswa (55,56%) dari 18 siswa belum tuntas atau belum mencapai kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan yaitu 70. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD N 3 Glagah Kudus pada materi perpindahan kalor serta mendeskripsikan kegiatan guru dalam mengelola pembelajaran IPA materi perpindahan panas dengan menerapkan model pembelajaran pendekatan kontekstual. Pendekatan kontekstual adalah suatu model pembelajaran yang meningkatkan aktivitas siswa secara penuh, baik fisik maupun mental. Materi pelajaran ditemukan oleh siswa sendiri dan kelas dalam pembelajaran kontekstual bukan hanya merupakan tempat menemukan informasi tetapi juga sebagai tempat untuk menguji data hasil temuan mereka di lapangan. Kegiatan dalam penelitian ini adalah belajar berkelompok dengan materi yaitu mengenai konsep perpindahan panas secara konduksi, konveksi dan radiasi serta hantaran panas. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), penelitian dilaksanakan dua siklus, tiap siklus melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah peneliti sebagai guru dan siswa kelas IV SD N 3 Glagah Kudus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kualitatif dan kuantitatif. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Pembelajaran Pendekatan Kontekstual. Sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPA siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan model pendekatan kontekstual pada proses pembelajaran IPA, dapat: (1) meningkatkan hasil belajar siswa, pada pra siklus menunjukkan nilai rata-rata 65 dengan ketuntasan klasikal 44,44%, siklus I menunjukkan rata-rata nilai sebesar 71,5 dengan ketuntasan klasikal 72,22%, pada siklus II hasil belajar IPA siswa meningkat dengan rata-rata nilai sebesar 86,38 dan ketuntasan klasikal 94,44%, (2) hasil pengamatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA dengan penerapan pendekatan kontekstual mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, pada siklus I diperoleh skor rata-rata 67,82 dengan kriteria ”baik” meningkat pada siklus II menjadi 86,56 dengan kriteria “sangat baik”, (3) hasil pengamatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran IPA pada siklus I mendapat skor rata-rata 76,25 dengan ktiteria“baik” meningkat pada siklus II menjadi 95 dengan kriteria “sangat baik.” Aktivitas belajar afektif siswa pada siklus I mendapat persentase klasikal 76,54% dengan kriteria” baik” meningkat pada siklus II menjadi 86,7% dengan kriteria “sangat baik”. Aktivitas belajar psikomotorik siswa pada siklus I mendapat persentase 60% dengan kriteria “cukup” meningkat pada siklus II menjadi 87,2% dengan kriteria “sangat baik”. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa, dan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran IPA di kelas IV SD N 3 Glagah Kudus materi perpindahan panas dapat meningkat setelah diterapkannya model pembelajaran pendekatan kontekstual. Adapun saran yang diberikan yaitu hendaknya menerapkan model pembelajaran pendekatan kontekstual pada mata pelajaran IPA khususnya pada materi perpindahan panas (kalor).

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Penerapan pendekatan kontekstual, hasil belajar IPA, Perpindahan kalor
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 08 Jan 2015 04:22
Last Modified: 08 Jan 2015 04:22
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3865

Actions (login required)

View Item View Item