PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE STAD UNTUKMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATERI GLOBALISASI KELAS IVSD 2 PURWOREJOBAEKUDUS

RENANINGTYAS, HIMMAH (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE STAD UNTUKMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATERI GLOBALISASI KELAS IVSD 2 PURWOREJOBAEKUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (161kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (335kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (312kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (643kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (215kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (109kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (124kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn yang disebabkan oleh penggunaan metode pembelajaran yang masih konfensional dan kurangnya karakter yang dimiliki siswa serta motivasi belajar siswa. Berawal dari inilah peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan metode pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Divisions) dan rumusan masalah mengenai apakah penerapan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan dengan penggunaan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa serta apakah penggunaan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan keterampilan guru dalam proses belajar mengajar PKn berdasarkan rumusan masalah dapat bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas IV SD 2 Purworejo dan meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran PKn kelas IV SD 2 Purworejo. Metode pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Divisions) merupakan salah satu bentuk metode pembelajaran kooperatif secara berkelompok dengan dibentuk heterogen, guna untuk mempermudah siswa saling membantu satu sama lain tanpa membeda-bedakan satu sama lain. Metode STAD ini dapat membantu siswa dalam memahami materi, sehingga pembelajaran akan lebih kontekstual dan menyenangkan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 2 Purworejo dengan subjek penelitian yaitu guru dan 15 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa pedoman wawancara, soal evaluasi, dan lembar observasi Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terbagi menjadi dua yaitu teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menggunakan metode STAD (Student Teams Achievement Divisions) menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dan keterampilan guru setiap siklusnya. Ketuntasan hasil belajar siswa pra siklus sebesar 6,7% dengan rata-rata 53,33 (sedang), meningkat pada siklus I menjadi 67% dengan rata-rata 70 (tinggi), dan pada siklus II meningkat menjadi 87% dengan rata-rata 80 (sangat tinggi). Pada hasil observasi aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 59,41% (cukup) dan terjadi peningkatan pada siklus II 69,20% (baik). Keterampilan guru pada siklus I memperoleh hasil ketrampilan mengajar guru 50,24% (kurang), dan pada siklus II menunjukkan adanya peningkatan sebesar 71,36% (baik). Simpulan dalam penelitian ini yaitu penerapan metode STAD (Student Teams Achievement Divisions) dapat meningkatkan hasil belajar siswa, serta meningkatkan keterampilan guru dan keaktivan belajar siswa. Saran dalam penelitian ini, siswa hendaknya selalu memperhatikan apa yang disampaikan guru dan aktif dalam pembelajaran. Guru hendaknya menggunakan model pembelajaran yang variatif, salah satunya yaitu metode STAD (Student Teams Achievement Divisions). Bagi kepala sekolah hendaknya memberikan kebijakan agar guru menggunakan model pembelajaran yang variatif, salah satunya yaitu metode STAD (Student Teams Achievement Divisions).

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Uncontrolled Keywords: STAD (Student Teams Achievement Divisions), Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 08 Jan 2015 06:40
Last Modified: 08 Jan 2015 06:40
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3869

Actions (login required)

View Item View Item