PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN MELALUI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) SISWA KELAS IV SEMESTER II SD 6 HONGGOSOCO

SYAADAH, ANIS (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN MELALUI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) SISWA KELAS IV SEMESTER II SD 6 HONGGOSOCO. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (905kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (249kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (493kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (459kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (228kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (168kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (229kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (10MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas IV SD 6 Honggosoco yang diperoleh dari data awal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar matematika, keaktifan siswa, dan keterampilan guru dalam mengelola kelas pada pembelajaran materi pecahan siswa kelas IV SD 6 Honggosoco tahun pelajaran 2013/2014? Tujuan penelitian tindakan kelas ini untuk menemukan peningkatan hasil belajar matematika, keaktifan siswa, dan keterampilan guru dalam mengelola kelas setelah diterapkannya model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi pecahan kelas IV SD 6 Honggosoco tahun pelajaran 2013/2014. Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) adalah model pembelajaran yang mengaitkan materi dengan situasi dunia nyata siswa dalam kehidupan sehari-hari. Dalam penerapan pembelajarannya guru melibatkan lingkungan sebagai sumber belajar serta membantu siswa dalam menghubungkan pengalaman yang telah dimiliki dengan pengetahuan baru. Sedangkan Pecahan adalah suatu bagian dari yang utuh. Desain penelitian ini adalah Penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri atas dua pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD 6 Honggosoco, sebanyak 15 orang, terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Variabel penelitian adalah Model Contextual Teaching and Learning (CTL) dan hasil belajar matematika siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini yaitu tes pada setiap akhir siklus, lembar pengamatan aktivitas belajar siswa dan lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran guru. Analisis data pada penelitian tindakan kelas ini menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) ketuntasan hasil belajar siswa meningkat, pada prasiklus nilai rata-ratanya 64 dengan ketuntasan klasikal 46,67%, siklus I meningkat dengan rata-rata nilai sebesar 69 dengan ketuntasan klasikal 73,33%, dan pada siklus II hasil belajar matematika siswa meningkat dengan rata-rata nilai sebesar 77 dan ketuntasan klasikal 100%, (2) hasil pengamatan aktivitas belajar siswa menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL) mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, pada siklus I diperoleh skor rata-rata 15,77 dengan kategori “Baik”, dan pada siklus II meningkat menjadi 18,1 dengan kategori “Baik”, (3) hasil pengamatan pengelolaan pembelajaran guru pada siklus I memperoleh rata-rata 56,5 dengan kategori “baik”, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 64,5 dengan kategori “ sangat baik”. Simpulan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa, aktivitas belajar siswa, dan pengelolaan pembelajaran guru. Saran dalam penelitian ini adalah bagi siswa hendaknya mengikuti pembelajaran dengan baik dan lebih aktif agar hasil belajar meningkat. Bagi guru hendaknya lebih mengaktifkan siswa dalam pembelajaran dan mengaitkan materi dengan kehidupan nyata siswa. Bagi sekolah dalam penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat dijadikan tolak ukur untuk mengetahui hasil belajar siswa. Dan bagi peneliti lain hendaknya mampu menguasai karakteristik model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) agar mampu mencapai hasil yang maksimal.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Matematika, Pecahan , Model Contextual Teaching and Learning (CTL).
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 13 Jan 2015 02:57
Last Modified: 13 Jan 2015 02:57
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3871

Actions (login required)

View Item View Item