PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IVTAHUN PELAJARAN 2013/2014

MUMTAZA, JUNIAR KHOIRINA (2014) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IVTAHUN PELAJARAN 2013/2014. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
halaman_judul.pdf - Accepted Version

Download (611kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
bab_1.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (89kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
bab_2.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
bab_3.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (254kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
bab_4.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (703kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
bab_5.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
bab_6.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (67kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka.pdf - Accepted Version

Download (70kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 4 Kandangmas Dawe Kudus.Pelajaran IPS yang dilakukan guru masih menggunakan metode ceramah sehingga suasana dalam kelas terlihat tidak ada variasi pembelajaran, siswa kurang serius dalam belajar di kelas dan semangat belajar siswa kurang sehingga keaktifan siswa menjadi rendahdan berpengaruh pada hasil belajar IPS siswa. Data awal hasil belajar siswa sebanyak 43% belum tuntas dan 57% sudah tuntas dengan kritertia ketuntasan minimal ialah 75. Berdasarkan masalah tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 4 Kandangmas Dawe Kudus tahun pelajaran 2013/2014?dan apakah melalui penerepan model kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran IPS?”.Tujuan penelitian ini untuk menganalisis penerapan model kooperatif tipe make a match dalam meningkatan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 4 Kandangmas Dawe Kudus tahun pelajaran 2013/2014 dan menganalisis penerapan model kooperatif tipe make a match dalam meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran IPS. IPS merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan di SD yang mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial.Memuat materi geografi, sejarah, sosiologi, dan ekonomi.Melalui pelajaran IPS, peserta didik diarahkan untuk dapat menjadi warga negara Indonesia yang demokratis, bertanggung jawab, serta warga dunia yang cinta damai.Model pembelajaran kooperatif tipe make a match merupakan model pembelajaran yang diterapkan peneliti dalam pembelajaran IPS. Model pembelajaran kooperatif tipe make a match adalah salah satu tipe dalam pembelajaran kooperatif yang melibatkan aktivitas seluruh siswa melalui permainan berbentuk kartu sosal dan kartu jawaban dimana siswa harus mencari pasangan dari kartu yang mereka bawa. Langkah-langkah model pembelajaran kooperatif tipe make a match (1) penyampaian materi, (2) pembagian kartu soal dan jawaban, (3) mencari pasangan kartu, dan (4) presentasi. Hipotesis dalam penelitian ini adalah penerapan model kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV tahun pelajaran 2013/2014 dan penerapan model koopertif tipe make a match dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran IPS. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelasdesain Kemmis & Mc Taggartyang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan dua kali pertemuan setiap siklusnya.Subjek penelitiannya yaitu siswa kelas IV SDN 4 Kandangmas Dawe Kudus yang dilaksanakan pada bulan Januari 2014 sampai Juni 2014.Metode pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, tes, observasi, dan dokumentasi.Instrumen yang digunakan berupa pedoman wawancara, soal evaluasi, dan lembar observasi.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terbagi menjadi dua yaitu teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian tindakan kelas menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada pembelajaran IPS kelas IV menunjukkan peningkatan hasil belajar kognitif, afektif, psikomotorik, dan pengelolaan pembelajaran guru setiap siklusnya. Ketuntasan klasikal siswa pra siklus sebesar 60% dengan rata-rata 60,75, meningkat pada siklus I menjadi 65% dengan rata-rata 68,5, dan pada siklus II meningkat menjadi 90% dengan rata-rata 80,25. Hasil belajar siswa ranah afektif dan psikomotorik siklus I memperoleh persentase 63,56% dengan kriteria cukup baik, meningkat pada siklus II menjadi 76,42 dengan kriteria baik. Pengelolaan pembelajaran guru siklus I memperoleh persentase 87,1% dengan kriteria baik, meningkat pada siklus II menjadi 99,6% dengan kriteria baik. Simpulan pada penelitian ini ialah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar kognitif, afektif, psikomotorik, dan pengelolaan pembelajaran guru. Saran dalam penelitian hendaknya siswa bisa lebih bersemangat dan tertib dalam mengikuti pembelajaran IPS serta model pembelajaran kooperatif tipe make a match dan dapat dijadikan alternatif solusi bagi guru untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Kata Kunci: Hasil Belajar IPS, Make a Match.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 14 Jan 2015 08:02
Last Modified: 14 Jan 2015 08:02
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3916

Actions (login required)

View Item View Item