PENERAPAN KONSELING BEHAVIORISTIK UNTUK MENANGANI SISWA BERSIKAP EGOIS DI KELAS X MAN 1 KUDUS TAHUN PELAJARAN 2013/2014

ROKHMAN, AMINUR (2014) PENERAPAN KONSELING BEHAVIORISTIK UNTUK MENANGANI SISWA BERSIKAP EGOIS DI KELAS X MAN 1 KUDUS TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (683kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (265kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (381kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (303kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (326kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (192kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (190kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (188kB) | Tinjau ulang
[img]
Tinjau ulang
PDF (Lampiran) - Accepted Version
Download (5MB) | Tinjau ulang
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Dalam proses sosialisasi dikehidupan pasti tidak lepas dari sifat dan sikap manusia baik yang positif maupun yang negatif. Salah satu sifat manusia yang negatif adalah sifat egois. Orang yang egois adalah orang yang biasanya memiliki sifat serakah mesti tidak terlalu nampak bahwa itu serakah. Orang yang egois sebetulnya menyimpan ketakutan dan kekhawatiran akan kehilangan apa yang menjadi miliknya atau haknya, dan sebenarnya orang tersebut memiliki kebutuhan yang sangat besar akan ketentraman dan keamanan. Di MAN 1 Kudus sendiri para siswa berinteraksi seperti siswa dan individu pada umunya, tetapi ketika sifat egois para siswa di MAN 1 Kudus itu muncul menjadi suatu kekhawatiran sendiri bagi kelangsungan proses sosialisasi antar siswa di MAN 1 Kudus tersebut. Masalah dalam penelitian ini dapat dirumuskan : 1) Apakah faktor penyebab sikap egois pada siswa kelas X MAN 1 Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014? 2) Apakah penerapan model konseling Behavioristikefektif untuk mengatasi siswa yang bersikap egois kelas X di MAN 1 Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014? Tujuan dari penelitian adalah : 1) Mengetahui faktor-faktor penyebab terjadinya sikap egois pada siswa kelas X di MAN 1 Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014. 2) Teratasinya perilaku egois melalui model konseling Behavioristik untuk menangani siswa yang bersikap egois kelas X di MAN 1 Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014. Peneliti ini bermanfaat bagi : siswa, dapat menghindari/memecahkan masalah ynag selama ini dialami yang berhubungan dengan sikap egois yang mereka miliki dengan kaitannya dalam pergaulan sehari-hari dengan lingkungan sekolah dan masyarakat luas pada nantinya. Guru pembimbing, menambah wawasan tentang penerapan model konseling Behavioristik untuk membantu peserta didik yang memiliki sikap egois kelas X di MAN 1 Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014 Ruang lingkup penelitian ini di MAN 1 Kudus. Penelitian ini adalah penelitian studi kasus dengan subjek 3 (tiga) siswa yaitu AZS, RAL dan MYY yang memiliki sikap egois. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah : Wawancara, Observasi, Dokumentasi dan Kunjungan rumah. Hasil analisis data menunjukkan sikap egois disebabkan oleh beberapa faktor yaitu: Kasus klien I (AZS) adalah tidak mau mengajarkan ilmu terhadap orang lain dan sikap selalu ingin dinomor satukan. Klien II (RAL) adalah sikap tidak mau berbagi terhadap orang lain dan selalu merebut benda milik orang lain. Klien III (MYY) adalah sikap yang tidak mau mendengarkan saran dari teman dan tidak mau berkumpul dengan teman yang lain. Simpulan berdasarkan hasil penelitian tentang siswa yang memiliki sikap egois di MAN 1 Kudus disimpulkan bahwa faktor penyebab siswa yang memiliki sikap egois yang dialami 3 (tiga) klien tersebut adalah : Klien I (AZS) sumber penyebab masalah klien HR memiliki sikap egois adalah klien merasa kepintaranya untuk dia sendiri dan sikap selalu ingin dinomor satukan. Sikap ini didasari karena AZS adalah anak yang dimanja orang tuanya dan ingin selalu menang sendiri. Klien II (RAL) sumber penyebab masalah klien RAL memiliki sikap egois yaitu karena RAL sering sekali merebut benda milik temannya itu dikarenakan rasa ingin memiliki yang tinggi ditambah klien RAL juga jarang berbagi ke orang lain. Klien III (MYY) sumber penyebab klien MYY memiliki sikap egois yaitu tidak mau diberi masukan oleh temannya karena klien kalau dirumah sering dimanja orang tuanya dan juga tidak pernah diberi masukan oleh orang tuanya. Berdasarkan dari hasil kesimpulan diatas, peneliti menyampaikan saran sebagai berikut : Kepala sekolah : Kepala sekolah perlu menciptakan suasana sekolah yang dapat menimbulkan rasa nyaman bagi para siswa sehingga para siswa dapat mengembangkan proses sosialisasi dengan baik. Konselor : Guru BK harus selalu memperhatikan perkembangan siswa khususnya siswa yang memiliki sikap dan perhatian khusus agar dapat mengembangkan diri dalam bersosialisasi antara teman disekolah. Wali Kelas : Wali kelas harus membantu siswa dalam mengembangkan kemampuan bersosialisasi dengan teman lain disekolah dan dapat menjadi pribadi yang baik dan perlu memperhatikan siswa dalam berinteraksi dengan sesama teman sekolah. Orang tua : Orang tua hendaknya memberikan kepercayaan terhadap anaknya, bahwa anknya mampu bertanggung jawab, serta orang tua tidak perlu memberikan perhatian yang berlebihan yang membuat anak menjadi manja, dan orang tua perlu memantau perilaku dan pergaulan anaknya.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Hj. Sutarti, SE.MM
Uncontrolled Keywords: Konseling Behavioristik dan Siswa Bersikap egois
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Unnamed user with username librarianumk1
Tanggal Deposit: 20 Jan 2015 03:25
Last Modified: 20 Jan 2015 03:25
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3936

Actions (login required)

View Item View Item