PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V SDN 2 RAHTAWU GEBOG KUDUS

YUDI NUGROHO, MUH. (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V SDN 2 RAHTAWU GEBOG KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (773kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (217kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (296kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (661kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (173kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (111kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (147kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Latar belakang yang mendasari dilaksanakannya penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 2 Rahtawu. Rendahnya hasil belajar siswa dapat dilihat dari pencapaian nilai UTS IPS siswa kelas V tahun ajaran 2013/ 2014 masih dibawah nilai KKM yang ditentukan. Dari 16 siswa terdapat 7 siswa (44%) yang tuntas dan 9 siswa (56%) belum tuntas dengan nilai rata-rata kelas 62,87. Sedangkan untuk KKM yang ditentukan adalah ketuntasan klasikal siswa mencapai 75% dengan nilai rata-rata kelas ≥ 65. Dari observasi yang dilakukan rendahnya hasil belajar siswa dikarenakan dalam pembelajaran guru masih menggunakan metode mengajar yang bersifat konvensional. pembelajaran yang demikian menyebabkan kurangnya minat siswa pada mata pelajaran IPS. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang mencakup aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: “Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS kelas V SDN 2 Rahtawu Gebog Kudus?”. Tujuan penelitian ini adalah: “Untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS siswa kelas V di SDN 2 Rahtawu Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus tahun ajaran 2013/2014 setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT)”. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus melalui empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan meliputi wawancara, tes, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh meliputi data hasil belajar kognitif, aktivitas siswa yang mencakup afektif dan psikomotorik serta pengelolaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Data penelitian dianalisis dengan teknik analisis data secara kuantitatif dan kualitatif. Data yang dianalisis secara kuantitatif yaitu tes hasil belajar siswa. Data yang dianalisis secara kualitatif yaitu data non tes hasil pengamatan aktivitas belajar siswa dan pengelolaan pembelajaran oleh guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi Proklamasi pada siswa kelas V SDN 2 Rahtawu. Hal ini dibuktikan adanya peningkatan pada hasil belajar siswa dari tahap prasiklus sampai siklus II. Hasil belajar kognitif siswa pada prasiklus menunjukan nilai rata-rata kelas sebesar , 62,87 dengan ketuntasan klasikal mencapai 9 siswa (44%). Pada siklus I rata-rata nilai kelas meningkat menjadi 64, 68, dengan ketuntasan klasikal mencapai 10 siswa (62,5%). Pada siklus II rata-rata nilai kelas meningkat menjadi 74 dengan ketuntasan klasikal mencapai 13 siswa (81,25%). Untuk Peningkatan pada hasil belajar afektif dan psikomotorik siswa ditunjukkan dengan membaiknya aktivitas belajar siswa dari siklus I sampai siklus II. Rata-rata aktivitas siswa pada siklus I sebesar 64,38% (cukup), meningkat menjadi 84,01% (baik) pada siklus II. sedangkan untuk peningkatan pengelolaan pembelajaran oleh guru ditunjukan dari hasil penilaian aktivitas guru selama proses pembelajaran. Pada siklus I perolehan aktivitas guru mencapai 69,7% masuk dalam kategori baik dan pada siklus II meningkat menjadi 86,83% masuk dalam kategori sangat baik. Simpulan pada penelitian ini adalah pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dapat meningkatan hasil belajar siswa kelas V SDN 2 Rahtawu pada mata pelajaran IPS materi Proklamasi. Saran dalam penelitian ini diharapkan para peneliti lain dapat mengembangkan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together menjadi lebih efektif. Tentunya dengan memperhatikan sintak pembelajaran dan memperhatikan karakteristik mata pelajaran atau jenis materi yang akan diajarkan.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing Drs. Sucipto, M.Pd, Kons
Uncontrolled Keywords: Numbered Head Together, Hasil Belajar IPS.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username librarianumk1
Tanggal Deposit: 22 Jan 2015 08:08
Last Modified: 22 Jan 2015 08:08
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3949

Actions (login required)

View Item View Item