PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH BELAJAR SISWA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PROBLEM SOLVING

SULASMIYATUN, . (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH BELAJAR SISWA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PROBLEM SOLVING. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (135kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (281kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (177kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (555kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (268kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (114kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (111kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di SMP Negeri 2 Winong Pati diperoleh hasil yang menunjukkan masih banyaknya siswa yang kurang mempunyai kemampuan pemecahan masalah belajar sehingga diperlukan upaya bantuan melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving.Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem Solving dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah belajar siswa kelas VIII SMP Negeri2 Winong Pati Tahun Pelajaran 2013/2014? Tujuan Penelitian ini adalah: untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Winong Pati tahun pelajaran 2013/ 2014. Kegunaan penelitian ini adalah 1. Kegunaan Teoritis: Secara teoritis, Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu pengembangan bagi ilmu pengetahuan khususnya bimbingan dan konseling. 2. Kegunaan Praktis: 1). Bagi Kepala Sekolah, dapat menentukan kebijakan yang mendukung pelaksanaan program bimbingan dan konseling di sekolah. 2). Bagi Konselor, dapat dijadikan acuan/pedoman untuk membantu siswa yang mengalami permasalahan kemampuan pemecahan masalah belajar yang rendah melalui penerapan layanan bimbingan kelompok. 3). Bagi Siswa, dapat membantu dalam meningkatnya kemampuan pemecahan masalah belajar melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving dengan memanfaatkan dinamika kelompok. 4). Bagi Peneliti, dapat memperoleh pengalaman dalam mempraktekkan layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah belajar siswa. Hipotesis penelitian ini adalah: “Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Problem Solving dapat Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Belajar Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Winong Pati Tahun Pelajaran 2013/2014” Penelitian ini adalah PTBK bersifat diskriptif kompratif. Subjek yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII F, sebanyak 10 siswa yang mempunyai kemampuan pemecahan masalah belajar rendah berdasarkan wawancara dan observasi. Variabel penelitian: bimbingan kelompok dengan teknik problem solving (Variabel Bebas) dan kemampuan pemecahan masalah belajar (Variabel Terikat). Metode pengumpulan data metode pokok observasi, metode pendukung yaitu wawancara.Penelitian dilakukan 2 siklus, setiap siklus 3 pertemuan membahas 6 materi dengan alokasi waktu 45 menit. Berdasarkan hasil observasi sebelum tindakan bimbingan kelompok kemampuan pemecahan masalah belajar siswa rendah dan masuk dalam kategori kurang dengan skor rata-rata 41,8. Setelah diberi layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving pada siklus I, kemampuan pemecahan masalah belajar meningkat menjadi kategori baik dengan skor rata-rata 62,6 terjadi peningkatan 20,8. Sedangkan pada siklus II kemampuan pemecahan masalah belajar siswa terus meningkat menjadi kategori sangat baik dengan perolehan skor rata-rata 77,2 terjadi peningkatan 14,6. Hal ini menunjukkan layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Winong Pati Tahun Pelajaran 2013/2014 diterima karena sesuai/memenuhi indikator keberhasilan. Hasil pembahasan dan analisis data tersebut disimpulkan layanan bimbingan kelompok teknik problem solving dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Winong Pati. Melihat di lapangan ditemukan dan dianalisis, peneliti memberi saran kepada: 1. Kepala sekolah, hendaknya memberi dukungan yang berupa kebijakan kepada konselor dalam hal pemberian layanan bimbingan dan konseling. 2. Konselor, dapat memaksimalkan pelayanan bimbingan dan konseling di sekolah khususnya layanan bimbingan kelompok.3. Bagi Siswa,disarankan untuk mau terbuka kepada konselor tentang masalah yang dialami.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah Belajar; Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Problem Solving
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Unnamed user with username librarianumk1
Tanggal Deposit: 22 Jan 2015 08:37
Last Modified: 22 Jan 2015 08:37
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3954

Actions (login required)

View Item View Item