UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN TENTANG TUGAS PERKEMBANGAN FISIK MELALUI LAYANAN INFORMASI DENGAN MEDIAAUDIO VISUALSISWA KELAS V SD N 2 JENENGAN GROBOGAN

LATIFAH ANDIRAWATI, IRNA (2014) UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN TENTANG TUGAS PERKEMBANGAN FISIK MELALUI LAYANAN INFORMASI DENGAN MEDIAAUDIO VISUALSISWA KELAS V SD N 2 JENENGAN GROBOGAN. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
COVER+HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (431kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (398kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (528kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (137kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (107kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Individu memiliki tugas perkembangan yang harus dicapai pada setiap periode perkembangannya. Jika dalam periode perkembangannya tugas perkembangnya tidak tercapai akan mempengaruhi perkembangan peride berikutnya. Untuk itu diperlukan pemahaman tentang tugas perkembangan yang harus dicapai. Dari hasil observasi dan wawancara pada tanggal 4 Maret 2014, diperoleh informasi bahwa di SD N 2 Jenengan pengetahuan dan pemahaman tentang tugas perkembangan fisik sangat kurang. Gejala yang nampak yaitu. siswa bertingkah laku meniru idolanya, dalam kegiatan fisik kesehariannya dan permainan siswa melakukan layaknya orang dewasa. Ketrampilan fisik kurang, gerakan kurang stabil dan mantap. Maka diberikan layanan informasi audio visual agar dapat meningkatkan ketrampilan dan pemahaman siswa, karena diyakini layanan informasi audio visual mampu memberikan pemahaman tentang materi dan mempunyai unsur gambar dan suara sehingga menarik perhatian siswa. Rumusan masalah penelitian sebagai berikut: 1. Bagaimana pemahaman tugas perkembangan fisik siswa kelas V SD N 2 Jenengan 2013/2014 melalui layanan informasi media audio visual?, 2. Bagaimana peningkatan pemahaman tugas perkembangan fisik siswa kelas V SD N 2 Jenengan 2013/2014 melalui layanan informasi media audio visual?. Tujuan penelitian yaitu: 1. Untuk mendiskripsikan pemahaman tugas perkembangan fisik melalui layanan informasi media audio visual siswa kelas V SD N 2 Jenengan 2013/2014. 2. Untuk memperoleh peningkatan pemahaman tugas perkembangan fisik siswa kelas V SD N 2 Jenegan 2013/2014, melalui layanan informasi media audio visual. Kegunaan penelitian ini adalah 1. Kegunaan Teoritis:Memberikan wawasan keilmuan tentang peningkatan pemahaman tugas perkembangan fisik melalui layanan informasi media audio visual, menjadi bahan pustaka untuk penelitian sejenis. 2. Kegunaan Praktis: 1. Bagi kepala sekolah untuk menentukan kebijakan-kebijakan yang mendukung pelaksanaan program pengembagan siswa. 2. Bagi guru sebagai upaya untuk memahami keadaan perkembangan fisik peserta didik, sebagai alternatif untuk mencapai tugas perkembangan siswa 3. Bagi siswa membantu siswa untuk memahami dan mencapai tugas perkembangan fisiknya pada periode Sekolah Dasar. Hipotesis tindakan penelitian adalah: Layanan informasi media audio visual dapat meningkatkan pemahaman tentang tugas perkembangan fisik siswa kelas V SD N 2 Jenengan 2013/2014. Penelitian tindakan kelas bimbingan dan konseling, dilakukan 2 siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus dilaksanakan 3 kali pertemuan terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek yang diteliti dalam penelitian PTK BK adalah siswa kelas V SD N 2 Jenengan sebanyak 13 siswa. Variabel penelitian: layanan informasi dan media audio visual (Variabel Bebas) dan pemahaman tugas perkembangan fisik(Variabel Terikat). Metode pengumpulan data berupa metode observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian dan pembahasan dilakukan dengan 13 subjek penelitian terhadap 10 aspek penilaian. Pemahaman tugas perkembangan fisik siswa pada pra siklus memperoleh skor rata-rata 14 (35%) kurang. Setelah diberikan layanan informasi dengan media audio visual, Pemahaman tugas perkembangan fisik siklus I pertemuan pertama diperoleh skor rata-rata 15(37%), pertemuan kedua diperoleh skor rata-rata 17 (43%), pertemuan ketiga diperoleh skor rata-rata 19 (48%). Pada siklus II pertemuan pertama diperoleh skor rata-rata 27(68%), pertemuan kedua diperoleh skor rata-rata 30(76%), pertemuan ketiga diperoleh skor rata-rata 33 (84%) Berdasarkan hasil pembahasan dan analisis data pemahaman tugas perkembangan fisik meningkat. Pemahaman tugas perkembangan fisik pra siklus skor rata-rata 14 (35%) meningkat pada siklus I, 3 skor menjadi skor rata-rata 17 (43%) kurang. Pada siklus II meningkat 13 skor menjadi skor rata-rata 30 (76%) tinggi. Dengan demikian judul penelitian dan hipotesis yang diajukan dapat diterima karena telah teruji kebenarannya sesuai indikator keberhasilan. Melihat simpulan yang didapat peneliti memberikan saran kepada: 1. Bagi Kepala Sekolah, diharapkan digunakan sebagai dasar kebijakan dalam rangka penyelenggaraan layanan untuk pengembangan siswa. 2. Kepada Guru Kelas, diharapkan digunakan sebagai dasar untuk memahami perkembangan siswa, penambah wawasan tenang media pembelajaran. 3. Kepada siswa, tercapai tugas perkembangannya dan bertingkah laku sesuai ciri khas periode perkembangannya. 4. Bagi peneliti berikutnya diharapkan peneliti yang berkenan melanjutkan, lebih kreatif dan inovatif menggunakannnya pada kegiatan layanan informasi dengan media audio visual selanjutnya.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing Dra. Hj. Sutarti, SE, MM
Kata Kunci: Pemahaman Tugas perkembangan fisik, Layanan Informasi, Media audio visual
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Unnamed user with username librarianumk1
Date Deposited: 22 Jan 2015 08:54
Last Modified: 22 Jan 2015 08:54
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3956

Actions (login required)

View Item View Item