MENINGKATKAN MINAT STUDI LANJUT MELALUI LAYANAN INFORMASI DENGAN MEDIA GRAFIS PADA SISWA KELAS VIII H MTS N 1 KUDUS TAHUN PELAJARAN 2013/2014

NOR CAHAYANI, NITA (2014) MENINGKATKAN MINAT STUDI LANJUT MELALUI LAYANAN INFORMASI DENGAN MEDIA GRAFIS PADA SISWA KELAS VIII H MTS N 1 KUDUS TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (2MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (167kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (285kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (551kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (206kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (111kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (120kB) | Tinjau ulang
[img]
Tinjau ulang
PDF (Lampiran) - Accepted Version
Download (15MB) | Tinjau ulang
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini di latar belakangi oleh sebagian siswa kelas VIII H MTs N 1 Kudus minat studi lanjut siswa masih rendah. Minimya informasi yang siswa ketahui tentang studi lanjut, mengakibatkan masih banyak siswa yang merasa kebingungan dalam menentukan studi setelah lulus MTs yang sesuai dengan kemampuan mereka oleh karena itu peneliti tertarik untuk meningkatkan minat studi lanjut melalui layanan informasi dengan media grafis. Permasalahan yang diteliti: “Bagaimana meningkatkan minat studi lanjut melalui layanan informasi dengan media grafis pada siswa kelas VIII H MTs N 1 Kudus tahun pelajaran 2013/2014?” Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan peningkatan minat studi lanjut dalam layanan informasi dengan media grafis dan mendeskripsikan peningkatan ketrampilan peneliti dalam layanan informasi dengan media grafis pada siswa kelas VIII H MTs N 1 Kudus tahun pelajaran 2013/2014 Teori yang digunakan dalam penelitian ini meliputi teori minat studi lanjut dan teori tentang layanan informasi dengan media grafis. Minat studi lanjut adalah suatu keinginan atau ketertarikan pada pendidikan lanjutan atau sambungan setelah tamat dari sekolah menengah atau pendidikan yang lebih tinggi dari saat ini. Layanan informasi adalah suatu layanan bimbingan yang diberikan kepada individu-individu tentang berbagai hal sesuai dengan kebutuhan untuk memberikan suatu pemahaman dan wawasan agar dapat mencapai tujuan tepat dan terarah. Media grafis adalah media visual yang menyajikan fakta, ide atau gagasan melalui penyajian kata-kata, kalimat, angka-angka, dan simbol/gambar. Hipotesis penelitian ini adalah “layanan informasi dengan media grafis dapat meningkatkan minat studi lanjut siswa kelas VIII H MTs N 1 Kudus tahun pelajaran 2013/2014”. Penelitian ini dalam bentuk PTBK dengan dilakukan 2 siklus (siklus I dan siklus II), setiap siklus 3 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian adalah kelas VIII H MTs N 1 Kudus sebanyak 38 siswa. Variabel penelitian: variable X (layanan informasi dengan media grafis), Y (minat studi lanjut). Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian observasi pada 10 aspek minat studi lanjut, memperlihatkan peningkatan rata-rata yaitu pada pra siklus 21,8 kategori kurang, siklus I meningkat dengan skor rata-rata 29,4 kategori cukup dan siklus II memperoleh skor rata-rata 39,3 kategori baik. Berdasarkan hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa layanan informasi dengan media grafis dapat meningkatkan minat studi lanjut siswa kelas VIII H MTs N 1 Kudus tahun pelajaran 2013/2014. Simpulan penelitian ini adalah Peningkatan minat studi lanjut dalam layanan informasi dengan media grafis pada siswa kelas VIII H MTs N 1 Kudus tahun pelajaran 2013/2014 dapat diterimadan teruji kebenarannya. Saran: 1. Kepala sekolah memberikan fasilitas sarana dan prasarana yang mendukung program Bimbingan dan Konseling. 2. Konselor sekolah memberikan layanan informasi berkaitan dengan minat studi lanjut pada siswa secara intensif dan sesuai dengan kebutuhan siswa. 3. Guru membantu dan memotivasi siswa dalam merencanakan studi lanjut untuk masa depan karirnya. 4. Siswa memiliki minat untuk melanjutkan studi dan bijaksana dalam memutuskan arah karir masa depannya. 5. Peneliti lebih memahami kondisi keadaan siswa dalam menghadapi kesulitan-kesulitan yang muncul terkait dengan permasalahan yang dihadapi. 6. Wali murid turut mensuport, membantu dan memotivasi anak-anaknya dalam merencanakan studi lanjut untuk masa depan yang lebih baik.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Masturi, MM
Uncontrolled Keywords: : minat studi lanjut, layanan informasi dengan media grafis
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Unnamed user with username librarianumk1
Tanggal Deposit: 28 Jan 2015 04:58
Last Modified: 28 Jan 2015 05:10
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3977

Actions (login required)

View Item View Item