PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN KONFLIK INTERPERSONAL MELALUI LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN SMALL GROUP DISCUSSION

TRI VINDA, RINA (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN KONFLIK INTERPERSONAL MELALUI LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN SMALL GROUP DISCUSSION. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (169kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (359kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (463kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (961kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (375kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (138kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar pustaka) - Accepted Version
Download (125kB) | Tinjau ulang
[img]
Tinjau ulang
PDF (Lampiran) - Accepted Version
Download (11MB) | Tinjau ulang
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Berdasarkan hasil wawancara dan observasi di SMA Negeri 1 Jekulo Kudus diperoleh hasil yang menunjukkan ada beberapa siswa kelas XI IPS 2 mempunyai kemampuan pemecahan konflik interpersonal rendah sehingga diperlukan upaya bantuan melalui layanan konseling kelompok dengan small group discussion. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah konseling kelompok dengan small group discussion dapat meningkatkan kemampuan pemecahan konflik interpersonal siswa kelas XI IPS 2 SMA N 1 Jekulo Tahun Ajaran 2013/2014?. Tujuan Penelitian ini adalah: untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan konflik interpersonal siswa sebelum dan sesudah diberi layanan konseling kelompok dengan small group discussion pada siswa kelas XI IPS 2 SMA N 1 Jekulo Kudus tahun ajaran 2013/2014. Kegunaan penelitian ini adalah 1. Kegunaan Teoritis: Hasil penelitian ini akan memberikan sumbangan pemikiran bagi perkembangan ilmu pengetahuan, khususnya bimbingan dan konseling. 2. Kegunaan Praktis: 1). Bagi Kepala Sekolah, dapat meningkatkan kebijaksanaan yang mendukung pelaksanaan bimbingan dan konseling di sekolah. 2). Bagi Konselor, dapat memberikan alternatif dalam mengarahkan siswa untuk dapat dijadikan salah satu sumber belajar dalam rangka memberikan layanan bimbingan dan konseling. 3). Bagi Peneliti, memperoleh tambahan pengetahuan dan pengalaman sebagai acuan dalam membantu siswa mencapai perkembangannya. 4). Bagi Siswa, diharapkan melalui layanan konseling kelompok dengan small group discussion dapat mengeksplorasi dan mengembangkan kemampuan pemecahan konflik interpersonal, khususnya di lingkungan sekolah dan sekitarnya. Hipotesis penelitian ini adalah: “Layanan konseling kelompok dengan small group discussion dapat meningkatkan kemampuan pemecahan konflik interpersonal pada siswa kelas XI IPS 2 SMA N 1 Jekulo Kudus Tahun Ajaran 2013/2014.” Penelitian ini berbentuk PT-BK. Analisis data dalam penelitian ini bersifat analisis deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik triangulasi data untuk menganalisis semua data yang diperoleh. Penelitian ini dilakukan 2 siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yakni perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek yang diteliti dalam penelitian ini adalah 7 siswa kelas XI IPS 2 SMA N 1 Jekulo Kudus yang terdiri dari 7 siswa perempuan. Variabel penelitian: layanan konseling kelompok dengan small group discussion (variabel bebas) dan kemampuan pemecahan konflik interpersonal (variabel terikat). Metode pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan mengkaji tentang kemampuan pemecahan konflik interpersonal melalui layanan konseling kelompok dengan small group discussion pada siswa kelas XI IPS 2 SMA N 1 Jekulo Kudus. Nilai rata-rata pada prasiklus tindakan mendapat skor 19,9 (39,7%) yang berada dalam kategori kurang (K), setelah diberikan layanan ‎konseling kelompok dengan small group discussion pada siklus I mendapat nilai rata-rata 33,1 (66,3%) yang berada dalam kategori cukup (C). Sedangkan pada siklus II kemampuan pemecahan konflik interpersonal siswa mendapat nilai rata-rata 42,1 (84,3%) berada dalam kategori baik (B). Kesimpulannya setelah diberikan layanan konseling kelompok dengan small group discussion pada kemampuan pemecahan konflik interpersonal siswa. Tahap prasiklus ke siklus I mendapat skor rata-rata 19,9 (39,7%) menjadi 33,1 (66,3%) mengalami peningkatan sebesar 13,2 (26,6%). Kemudian pada siklus I ke siklus II mendapat skor rata-rata 33,1 (66,3%) menjadi 42,1 (84,3%) mengalami peningkatan sebesar 9 (18%). Jadi hipotesis penelitian ini menyatakan layanan konseling kelompok dengan small group discussion dapat meningkatkan kemampuan pemecahan konflik interpersonal siswa kelas XI IPS 2 SMA N 1 Jekulo Kudus Tahun Ajaran 2013/2014, diterima sesuai dengan indikator keberhasilan yang ditentukan oleh peneliti”. Dari hasil penelitian ini, peneliti memberikan saran kepada: 1. Kepala sekolah sebaiknya menggunakan hasil penelitian ini sebagai dasar penentuan kebijakan pemberian layanan bimbingan dan konseling terutama konseling kelompok, 2. Konselor dapat memberikan layanan bimbingan dan konseling kepada siswa untuk mengatasi permasalahan terutama yang terkait dengan rendahnya kemampuan pemecahan konflik interpersonal siswa, konselor dapat menggunakan konseling kelompok dengan small group discussion, 3. Peneliti berikutnya diharapkan dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai dasar untuk mengembangkan penelitian selanjutnya, 4. Siswa hendaknya lebih aktif dalam memanfaatkan fungsi bimbingan dan konseling di sekolah.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Hj. Sutarti, SE, MM
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Konflik Interpersonal; Konseling Kelompok dengan Small Group Discussion.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Unnamed user with username librarianumk1
Tanggal Deposit: 28 Jan 2015 05:32
Last Modified: 28 Jan 2015 05:32
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3981

Actions (login required)

View Item View Item