LAYANAN PENGUASAAN KONTEN UNTUK MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK RELAKSASI PADA SISWA KELAS VIII MTs NEGERI GAJAH

fitri fariyana yanti, Latifatul (2015) LAYANAN PENGUASAAN KONTEN UNTUK MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK RELAKSASI PADA SISWA KELAS VIII MTs NEGERI GAJAH. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal Judul)
Download (566kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1 )
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (167kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2)
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (246kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3)
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (374kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4 )
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5 )
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (174kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6 )
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (141kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar pustaka )
Download (141kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara awal dengan guru pembimbing diperoleh informasi bahwa dikelas VIII A MTs Negeri Gajah, siswa mengalami kejenuhan belajar. Sehingga diperlukan upaya bantuan melalui layanan penguasaan konten. rumusan permasalahan penelitian ini adalah apakah layanan penguasaan konten dengan teknik relaksasi dapat mengatasi kejenuhan belajar pada siswa kelas VIII MTs Negeri Gajah tahun pelajaran 2013/2014?. Tujuan penelitian ini adalah: 1. Mendeskripsikan kejenuhan belajar siswa sebelum dan sesudah mendapatkan layanan penguasaan konten dengan teknik relaksasi pada kelas VIII MTs Negeri Gajah Tahun Pelajaran 2013/2014. 2. Untuk mengurangi kejenuhan belajar siswa menggunakan teknik relaksasi dengan layanan penguasaan konten pada siswa kelas VIII MTs Negeri Gajah Tahun Pelajaran 2013/2014. Dalam penelitian ini mengkaji teori yang berhubungan dengan layanan penguasaan konten untuk mengatasi kejenuhan belajar siswa dengan menggunakan teknik relaksasi. Kejenuhan dalam belajar ialah rentang waktu tertentu yang digunakan untuk belajar, tetapi tidak mendatangkan hasil. Layanan Penguasaan Konten (PKO) merupakan layanan bantuan kepada individu (sendiri-sendiri ataupun dalam kelompok) untuk menguasai kemampuan atau kompetensi tertentu melalui kegiatan belajar. Hipotesis Penelitian ini adalah: “Layanan penguasaan konten dengan teknik relaksasi dapat mengatasi kejenuhan belajar siswa pada siswa kelas VIII MTs Negeri Gajah Tahun pelajaran 2013/2014”. Subjek yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Negeri Gajah, sebanyak 35 siswa. Dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa metode observasi sebagai metode pokok dan wawancara sebagai metode pendukung. Analisis data menggunakan kualitatif deskriptif dan kuantitatif. Penelitian ini adalah PTKBK dengan pelaksanaan penelitian sebanyak 2 siklus, siklus I sebanyak 3 kali pertemuan dan siklus II sebanyak 3 kali pertemuan. Hasil observasi pra siklus menunjukan dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa dari 35 siswa yang memperoleh kategori sangat kurang sebanyak 7 siswa (20%), kategori kurang sebanyak 25 siswa (71.4%), dan kategori cukup sebanyak 3 siswa (8,6%), dengan nilai 690, rata-rata skor 19.7 kurang. Siklus I, dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa dari 35 siswa yang memperoleh kategori sangat kurang sebanyak 3 siswa (8.6%), kategori kurang sebanyak 24 siswa (68.6%), dan kategori cukup sebanyak 8 siswa (22.8%), dengan nilai 799, rata-rata skor 22.8 kurang. Pada Siklus II, dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa dari 35 siswa diperoleh hasil kurang sebanyak 3 siswa 8.6%, cukup sebanyak 4 siswa (11.4%), baik sebanyak 26 siswa (74.3%) dengan nilai 1193, rata-rata skor 34 dengan kategori baik. Secara keseluruhan siklus II memperoleh hasil baik karena sudah mencapai indikator kinerja yang diharapkan yaitu peneliti dapat mengelola dengan baik dalam pemberian layanan penguasaan konten dengan teknik relaksasi, sehingga bermakna baik bila siswa mampu mengatasi kejenuhan belajar, melakukan relaksasi, daya ingat siswa sangat meningkat,dan fokus dalam belajar. Berdasarkan hasil pembahasaan dan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa layanan penguasaan konten dengan teknik relaksasi dapat mengatasi kejenuhan belajar siswa kelas VIII A MTs Negeri Gajah Tahun Pelajaran 2013/2014 diterima karena memenuhi indikator keberhasilan. Saran yang diajukan: Bagi Guru BK sebaiknya dengan melakukan pengawasan yang baik terhadap siswa melakukan beberapa metode misalnya layanan penguasaan konten 2. Bagi Peneliti selanjutnya pengembangan penelitian selanjutnya dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa melalui layanan penguasaan konten dengan teknik relaksasi buat yang inovatif. 3. Bagi Siswa harap mampu mengatasi kejenuhan belajarnya.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Drs.Sucipto, M.Pd,Kons
Uncontrolled Keywords: Kejenuhan Belajar Siswa, Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Relaksasi
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 16 Feb 2015 07:31
Last Modified: 16 Feb 2015 07:31
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4012

Actions (login required)

View Item View Item