UPAYA MENINGKATKAN ETIKA BERBICARA SOPAN MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN TEKNIK MODELLING

Nor Hidayati, Fahmi (2015) UPAYA MENINGKATKAN ETIKA BERBICARA SOPAN MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN TEKNIK MODELLING. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (168kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (341kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (421kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (910kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (173kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (109kB) | Request a copy
[img] PDF (Hal pustaka) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (112kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Lampiran) - Accepted Version
Download (2MB) | Tinjau ulang
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi informasi rendahnya etika berbicara sopan kelas XI-IPS 1 SMA PGRI 2 Kayen, berdasarkan observasi dan wawancara awal dengan guru pembimbing. Sehingga diperlukan upaya bantuan melalui layanan penguasaan konten. Rumusan permasalahan penelitian ini adalah bagaimanakah layanan penguasaan konten dengan teknik modelling dapat menigkatkan etika berbicara sopan siswa kelas XI IPS 1 SMA PGRI 2 Kayen Tahun Pelajaran 2013/2014?. Tujuan penelitian ini adalah: 1. Memperoleh peningkatan etika berbicara sopan pada siswa kelas XI IPS 1 SMA PGRI 2 Kayen Tahun Pelajaran 2013/2014, setelah mendapatkan layanan penguasaan konten dengan teknik modelling. Dalam penelitian ini mengkaji teori yang berhubungan dengan layanan penguasaan konten untuk mengkaji etika berbicara sopan siswa dengan menggunakan teknik modelling. Etika berbicara sopan yaitu suatu perilaku atau tindakan yang ditunjukkan seseorang yang merupakan suatu kebiasaan untuk mengungkapkan suatu perasaan, gagsan, ide dengan ucapan, kata atau kalimat yang kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Layanan penguasaan konten merupakan layanan bantuan kepada individu sendiri (sendiri-sendiri ataupun dalam kelompok) untuk menguasai kemampuan atau kompetensi tertentu melalui kegiatan belajar. Modelling merupakan belajar melalui observasi dengan menambah atau mengurangi tingkah laku yang diamati, menggeneralisir berbagai pengamatan sekaligus, melibatkan proses kognitif. Hipotesis penelitian ini adalah: “Layanan Penguasaan Konten dengan Teknik Modelling dapat Meningkatkan Etika Berbicara Sopan Siswa Kelas XI-IPS 1 SMA PGRI 2 KAYEN Tahun Pelajaran 2013/2014”. Analisis data penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dan kuantitatif. Penelitian ini adalah PTBK dengan pelaksanaan penelitian sebanyak 2 siklus, siklus I sebanyak 3 kali pertemuan dan siklus II sebanyak 3 kali pertemuan. Subjek yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-IPS 1 SMA PGRI 2 kayen, sebanyak 37 siswa. Dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa metode observasi sebagai metode pokok dan wawancara sebagai metode pendukung. Hasil observasi siklus I menunjukan kemampuan berbicara di depan kelas siswa dari 37 siswa yang memperoleh pada kategori kurang sebanyak 15 siswa (40,5%), dan kategori cukup sebanyak 22 siswa (59,4%) dengan rata-rata 27,43 (54,86%) cukup. Pada siklus II diperoleh hasil pada kategori cukup sebanyak 10 siswa (27%), dan pada kategori baik sebanyak 27 siswa (73%), dengan rata-rata 34,05 (68,10%) termasuk dalam kategori baik. Peningkatan siklus I ke siklus II sebanyak 6,62. Secara keseluruhan siklus II memperoleh hasil baik karena sudah mencapai indikator kinerja yang diharapkan yaitu berupa peningkatan etika berbicara sopan siswa melalui layanan penguasaan konten dengan teknik modelling yang diberikan pada siklus I dan siklus II. Sekurang kurangnya 61% siswa kelas XI IPS 1 SMA PGRI 2 Kayen tahun pelajaran 2013/2014 yang telah mengikuti layanan penguasaan konten sudah terlihat peningkatannya terhadap etika berbicara sopan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa layanan penguasaan konten dengan teknik modelling dapat meningkatkan etika berbicara sopan siswa kelas XI-IPS 1 SMA PGRI 2 Kayen Tahun Pelajaran 2013/2014. Kesimpulan dari hasil observasi tentang etika berbicara sopan siswa kelas XI IPS 1 SMA PGRI 2 Kayen, diketahui hasil rata-rata observasi terhadap siswa pada siklus I memperoleh skor 27,4 (cukup). Dan hasil rata-rata observasi terhadap siswa pada siklus II memperoleh skor 34 (baik). Sehingga terjadi peningkatan pada siklus I ke siklus II sebasar 6,62. Saran yang diajukan: 1. Bagi kepala sekolah yaitu dengan melakukan kontrol terhadap kegiatan bimbingan dan konseling yang belum dan sudah dilakukan oleh guru pembimbing dan bekerja sama dengan guru mata pelajaran. Mengingat layanan penguasaan konten tehnik modelling dapat meningkatkan etika berbicara sopan siswa, maka kepala sekolah hendaknya berusaha untuk lebih meningkatkan keefektifannya dari tahun ketahun. 2. Bagi Guru BK yaitu diharapkan guru BK mampu lebih aktif dan up to date dalam penyajian teori. Dengan begitu siswa mampu untuk menindaklanjuti etika berbicara sopannya. 3. Bagi peneliti selanjutnya yaitu perlu mengadakan penelitian lebih lanjut dan lebih lengkap yang keterkaitan dengan masalah etika berbicara sopan siswa dengan menggunakan layanan penguasaan konten teknik modelling. 4. Bagi Siswa yaitu harap mampu mempertahankan etika berbicara sopannya.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Etika Berbicara Sopan; Penguasaan Konten Teknik Modelling
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 16 Feb 2015 08:20
Last Modified: 16 Feb 2015 08:20
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4015

Actions (login required)

View Item View Item