Nur Maziyah, 201031059, “Mereduksi Kenakalan RemajaTerhadap Orang Tua Melalui Pendekatan Terapi Realitas Pada Siswa Kelas XI MA NU BANAT Kudus Tahun Ajaran 2013/2014”. Skripsi Dengan Bidang Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Muria Kudus, Dosen Pembimbing I Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd, Dosen Pembimbing II Drs. Arista Kiswantoro, M.Pd.

Maziyah, Nur (2015) Nur Maziyah, 201031059, “Mereduksi Kenakalan RemajaTerhadap Orang Tua Melalui Pendekatan Terapi Realitas Pada Siswa Kelas XI MA NU BANAT Kudus Tahun Ajaran 2013/2014”. Skripsi Dengan Bidang Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Muria Kudus, Dosen Pembimbing I Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd, Dosen Pembimbing II Drs. Arista Kiswantoro, M.Pd. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (460kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (542kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (612kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (552kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (412kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (405kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar pustaka) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (403kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Lampiran) - Accepted Version
Download (4MB) | Tinjau ulang
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Kenakalan remaja merupakan kenakalan yang terjadi pada saat anak mulai beranjak dewasa. Berdasarkan hasil observasi di MAN NU Banat Kudus masih ada siswa yang berperilaku kenakalan remaja terhadap orang tua. Upaya untuk membantu memecahkan masalah kenakalan remaja terhadap orang tua, peneliti menggunakan pendekatan terapi realitas. Permasalahan yang diteliti: 1) Faktor-faktor apa yang menyebabkan siswa berperilaku kenakalan remaja terhadap orang tua di kelas XI MA NU Banat Kudus Tahun Ajaran 2013/2014? 2) Apakah penerapan pendekatan terapi realitas dapat mereduksi kenakalan remaja terhadap orang tua di kelas XI MA NU Banat Kudus Tahun Ajaran 2013/2014?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Menemukan faktor-faktor yang menyebabkan siswa berperilaku kenakalan remaja terhadap orang tua di kelas XI MA NU Banat Kudus tahun ajaran 2013/2014, 2) Mengetahui keefektifan terapi realitas di kelas XI MA NU Banat Kudus tahun ajaran 2013/2014. Adapun kegunaan penelitian ini adalah kegunaan teoritis: memberikan wawasan keilmuan khususnya yang berhubungan dengan bimbingan dan konseling, khususnya wawasan ini menyangkut tentang upaya penanganan siswa berperilaku kenakalan remajaterhadap orang tua melalui pendekatan terapi realitas. Kegunaan praktis: bagi konselor, konselor menerapkan terapi realitas untuk menangani kasus siswa kelas XI MA NU Banat Kudus yang berperilaku kenakalan remaja terhadap orang tua. Bagi sekolah, membantu dalam menangani kasus siswa kelas XI MA NU Banat Kudus yang berperilaku kenakalan remaja terhadap orang tua. Bagi orang tua, orang tua terbantu dalam mengatasi siswa yang berperilaku kenakalan remaja terhadap orang tua. Bagi siswa, siswa dapat terbantu dalam menghilangkan kebiasaan dalam berperilaku kenakalan remaja terhadap orang tua. Ruang lingkup: membahas tentang penerapan terapi realitas kenakalan remaja terhadap orang tua pada siswa tersebut. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Ada tiga subjek penelitian yaitu AB, DUK, SBN. Hasil penelitian kasus I (AB) merasa dikekang oleh orang tua dan pergaulan dengan teman laki-laki. Penerapan teknik untuk mengatasi masalah AB adalah dengan sistemWDEP agar klien bisa lebih sopan dengan orang yang lebih tua. Hasil penelitian kasus II (DUK) memiliki sifat yang mudah terpengaruh terhadap pergaulan lingkungan. Penerapan teknik untuk mengatasi masalah DUK adalah dengan sistem WDEP agar klien bisa membatasi pergaulan mana yang baik dan buruk. Hasil penelitian klien III (SBN) klien kurang bertanggung jawab dan kurang perhatian dari orangtua yang menyebabkan ia berani dengan orang tua. Penerapan teknik untuk masalah SBN adalah dengan menggunakan sistem WDEP agar ia lebih bisa bertanggung jawab dan bisa menghormati orang tua. Berdasarkan hasil pembahasan dan analisis di atas peneliti dapat menyimpulkan penerapan terapi realitas untuk mengatasi kenakalan remaja terhadap orang tua pada siswa kelas XI MA NU Banat Kudus tahun ajaran 2013/2014. Berdasarkan hasil penelitian, saran diajukan: 1) Sekolah: peningkatan pertemuan dilakukan secara periodic dengan wali kelas, guru pembimbing, serta wali murid untuk membahas permasalahan yang ada pada setiap siswa, 2) Konselor: konselor bisa menerapkan model terapi realitas dengan menggunakan model konseling WDEP untuk mengurangi kenakalan remaja terhadap orang tua, 3) Orang tua : agar memberikan perhatian lebih dan tetap mengawasi pergaulan anaknya sehingga siswa bisa terhindar dari kenakalan remaja terhadap orang tua, 4) Siswa: diharapkan siswa secara realistis memahami dampak kenakalan remaja terhadap orang tua, sehingga siswa bisa mengurangi kenakalannya dan bisa berprestasi dengan lebih optimal.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Terapi Realitas ; Kenakalan Remaja Terhadap Orang Tua
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 17 Feb 2015 02:06
Last Modified: 17 Feb 2015 02:06
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4019

Actions (login required)

View Item View Item