Penggunaan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Materi Perjuangan Tokoh Pejuang Pada Masa Penjajahan Belanda Dan Jepang Siswa Kelas V Sdn Bandung Rejo 01 Jepara

KHUNAYATI, SITI (2015) Penggunaan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Materi Perjuangan Tokoh Pejuang Pada Masa Penjajahan Belanda Dan Jepang Siswa Kelas V Sdn Bandung Rejo 01 Jepara. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (467kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (160kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (285kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (497kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (169kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (114kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (126kB) | Tinjau ulang
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Bandung rejo 01 Jepara yang ditunjukkan dari persentase ketuntasan belajar IPS kelas V SDN Bandung Rejo 01 Jepara hanya sebesar 40% dengan nilai rata-rata kelas sebesar 58,5 (KKM 65). Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana peningkatkan hasil belajar IPS, aktivitas belajar IPS, dan keterampilan guru dalam pembelajaran IPS melalui model pembelajaran role playing pada siswa kelas V SDN Bandung Rejo 01 Jepara materi perjuangan tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang? Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan peningkatan hasil belajar IPS, mendeskripsikan aktivitas belajar IPS, dan mendeskripsikan keterampilan guru dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas V SDN Bandung Rejo 01 Jepara materi perjuangan tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang dengan diterapkannya model pembelajaran role playing. Role playing adalah berakting sesuai dengan peran yang telah ditentukan terlebih dahulu untuk tujuan-tujuan tertentu seperti menghidupkan kembali suasana historis misalnya mengungkapkan kembali perjuangan para pahlawan kemerdekaan yang diterapkan pada materi perjuangan tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang pada siswa kelas V SDN Bandung Rejo 01 Jepara. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang berlangsung dalam 2 siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan dan pengamatan, serta refleksi. Lokasi penelitian ini yaitu di SDN Bandung Rejo 01 Jepara dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Bandung Rejo 01 Jepara tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 20 orang siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini berupa pedoman wawancara, lembar observasi dan tes hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitataif dan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah terjadi peningkatan hasil belajar IPS, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan guru dalam pembelajaran IPS. Pada tahap prasiklus persentase ketuntasan hasil belajar IPS hanya 40% dengan rat-rata kelas 58,5, pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar siswa meningkat menjadi 70% dengan rata-rata kelas 69,9 kemudian pada siklus II meningkat menjadi 90% dengan nilai rata-rata kelas sebesar 82,7. Hasil aktivitas belajar siswa (afektif dan psikomotorik) aktivitas belajar siswa afektif pada siklus I memperoleh skor rata-rata 65,41% dengan kategori baik dan meningkat pada siklus II menjadi 80,00% dengan kategori baik sedangkan aktivitas belajar siswa psikomotorik pada siklus I memperoleh skor rata-rata 62,5% dengan kategori cukup kemudian meningkat pada siklus II menjadi 79,17% dengan kategori baik. Keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor rata-rata 68,33% dengan kriteria baik, meningkat pada siklus II menjadi 89,16% dengan kriteria sangat baik. Simpulan penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran role playing materi perjuangan tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang dapat meningkatkan hasil belajar IPS, aktivitas belajar siswa serta keterampilan guru kelas V SDN Bandung Rejo 01 Jepara. Selanjutnya, saran yang diberikan yaitu hendaknya siswa selalu memperhatikan apa yang disampaikan guru dan aktif dalam pembelajaran, guru dapat menggunakan model pembelajaran role playing dalam pembelajaran IPS, dan kepala sekolah sebaiknya memfasilitasi dengan sumber dana dan alat bantu pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing Dr.Murtono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Role Playing, Hasil Belajar IPS, Perjuangan tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 18 Feb 2015 09:04
Last Modified: 18 Feb 2015 09:04
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4023

Actions (login required)

View Item View Item