Penerapan Metode Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ips Materi Perkembangan Teknologi Pada Siswa Kelas Iv Sdn 02 Mayong Lor Kabupaten Jepara

RETNOWATI, LILIS (2015) Penerapan Metode Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ips Materi Perkembangan Teknologi Pada Siswa Kelas Iv Sdn 02 Mayong Lor Kabupaten Jepara. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (707kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (166kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (255kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (314kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (293kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (225kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (139kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (123kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (9MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran IPS sehingga siswa mengalami kesulitan dalam menyerap pembelajaran yang mengakibatkan hasil belajar IPS siswa menjadi rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni (1) bagaimana penerapan metode snowball throwing dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SDN 02 Mayong Lor Kabupaten Jepara?; (2) bagaimana penerapan metode snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS materi perkembangan teknologi pada siswa kelas IV SDN 02 Mayong Lor Kabupaten Jepara?. Tujuan dalam penelitian ini yakni (1) mendiskripsikan peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran IPS dengan menerapkan metodes snowball throwing pada siswa kelas IV SDN 02 Mayong Lor Kabupaten Jepara; (2) menjelaskan peningkatan hasil belajar mata pelajaran IPS dengan diterapkannya metode snowball throwing pada siswa kelas IV SDN 02 Mayong Lor Kabupaten Jepara. Ilmu Pengetahuan Sosial yakni mata pelajaran dasar yang ada diseluruh jenjang pendidikan sekolah mulai dari SD, SMP, SMA, maupun perguruan tinggi. Snowball throwing adalah suatu model pembelajaran yang diawali dengan pembentukan kelompok yang diwakili ketua kelompok untuk mendapat tugas dari guru kemudian masing-masing siswa membuat pertanyaan yang dibentuk seperti bola (kertas pertanyaan) lalu dilempar ke siswa lain yang masing-masing siswa menjawab pertanyaan dari bola yang diperoleh. Hasil belajar yaitu pengukuran terhadap siswa yang meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotor setelah siswa mengikuti pembelajaran. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Pada setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini menggunakan 2 variabel yang terdiri atas metode snowball throwing sebagai variabel bebas dan hasil belajar siswa sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yakni soal tes dan pedoman observasi. Analisis datanya menggunakan analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian tindakan kelas dengan menerapkan metode snowball throwing, pada siklus I menunjukkan adanya peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 72,41%, setelah diberikan pembelajaran pada siklus II meningkat menjadi 86,21%. Dengan rata-rata nilai hasil belajar IPS siswa sebesar 72,59 pada siklus I dan pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar IPS siswa meningkat menjadi 77,17. Penelitian tindakan kelas dengan menerapkan metode snowball throwing juga menunjukkan adanya peningkatan persentase rata-rata aktivitas belajar IPS siswa dari kategori baik (61,8%) pada siklus I, kemudian pada siklus II meningkat menjadi sangat baik (82,64%) pada siklus II. Selain itu, pengelolaan pembelajaran guru juga mengalami peningkatan, siklus I mendapatkan persentase rata-rata 67,36% dengan kategori berhasil, pada siklus II meningkat menjadi 80,56% dengan kategori berhasil. Simpulan pada penelitian ini yakni dengan menggunakan metode snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan aktivitas belajar siswa, serta aktivitas pembelajaran guru. Saran dalam penelitian ini yakni sebaiknya siswa jangan takut untuk bertanya kepada guru dan harus berani menyampaikan pendapatnya. Guru Sebaiknya mengunakan model pembelajaran yang sesuai agar siswa lebih paham dan pembelajaran lebih efektif dan menyenangkan.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Moh. Kanzunnudin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Snowball Throwing, Hasil belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 18 Feb 2015 06:52
Last Modified: 18 Feb 2015 06:52
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4028

Actions (login required)

View Item View Item