Penerapan Model Make A Match Berbantu Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Ipa Kelas Iv

MAISAROH, DIYAN (2015) Penerapan Model Make A Match Berbantu Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Ipa Kelas Iv. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (818kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (187kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (495kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (459kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (446kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (189kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (100kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka ) - Accepted Version
Download (185kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (14MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilaksanakan karena dalam pelaksanaan pembelajaran IPA di SDN Sumbermulyo 1, aktivitas siswa masih pasif, sehingga berdampak pada ketuntasan hasil belajar siswa yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar dan keterampilan guru dalam mengelolaan kelas dengan menerapkan model Make A Match berbantu video pembelajaran pada materi perubahan kenamakan bumi dan benda langit kelas IV SDN Sumbermulyo 1. Model Make A Match merupakan bagian dari model pembelajaran kooperatif yang terdiri dari kelompok pemegang kartu soal dan kelompok pemegang kartu jawaban. Media pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah video proses terjadinya siang dan malam, video proses terjadinya pasang naik dan pasang surut air laut, video prubahan kenampakan bumi akibat bencana alam, angin dan hujan, dan video perubahan kenampakan bulan dari hari ke hari. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan langkah perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik yang digunakan untuk mengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian aktivitas belajar siswa pada siklus I mendapat skor rata-rata 2,1 dengan kriteria”baik”, Kemudian meningkat pada siklus II menjadi 3,24 dengan kriteria ”sangat baik”. Hasil belajar siswa sebelum dilakukan tindakan (pra siklus) mendapatkan ketuntasan belajar klasikal sebesar 37% dengan rata-rata 61, meningkat pada siklus I menjadi 74% dengan nilai rata-rata 66. Pada siklus selanjutnya ketuntasan belajar klasikal siswa meningkat menjadi 89% dengan rata-rata 77. Selain itu penelitian pengelolaan pembelajaran guru pada siklus I mendapatkan skor 2,8 dengan kriteria “baik”. Hasil tersebut meningkat menjadi 3,7 dengan kriteria “sangat baik”. Dari hasil penelitian, penulis menyimpulkan bahwa penerapan model Make A Match berbantu video pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas belajar IPA kelas IV SDN Sumbermulyo 1 pada materi perubahan kenampakan bumi dan benda langit. Hasil ini dapat dicapai apabila pembelajaran dilaksanakan sesuai langkah-langkah yang tepat berdasarkan rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah disusun. Penulis menyarankan agar penelitian ini ditindaklanjuti dengan melaksanakan penelitian pada subjek, tempat penelitian dan mata pelajaran yang berbeda untuk mengetahui sejauh mana keefektifan penggunaan model Make A Match berbantu video pembelajaran

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: DR. Murtono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Make A Match, Video Pembelajaran, Aktivitas Belajar, IPA
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 18 Feb 2015 07:07
Last Modified: 18 Feb 2015 07:07
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4031

Actions (login required)

View Item View Item