PORBOWATI, OCTAVIANING DYAH (2015) Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Melalui Model Inquiry Berbantuan Media Gambar Ilustrasi Pada Siswa Kelas Iv Semester Ii Sdn 1 Setrokalangan Kaliwungu Kudus. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version Download (1MB) |
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (503kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (740kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (933kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (481kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (329kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (417kB) |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (10MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kemampuan menulis siswa kelas IV SDN 1 Setrokalangan yang masih rendah. Rendahnya kemampuan menulis dikarenakan pembelajaran yang dilakukan masih menggunakan metode ceramah. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa dengan diterapkannya model pembelajaran inquiry berbantuan media gambar ilustrasi pada materi menulis karangan deskripsi di SDN 1 Setrokalangan, (2) Mendeskripikan peningkatan keterampilan guru dengan diterapkannya inquiry berbantuan media gambar ilustrasi pada materi menulis karangan deskripsi di SDN 1 Setrokalangan, (3) menemukan peningkatan kemampuan menulis karangan deskripsi dengan diterapkannya model inquiry berbantuan media gambar ilustrasi. Model inquiry adalah model pembelajaran yang berusaha mengajak siswa berpikir kritis dalam memecahkan permasalahan yang dihadapi. Langkah-langkah pembelajaran inquiry adalah merumuskan masalah, mengamati, menyajikan dalam bentuk tulisan dan mengkomunikasikan kepada pembaca. Media dalam penelitian ini berupa gambar perpustakaan dan sawah beserta deskripsinya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas IV SDN 1 Setrokalangan dengan subjek penelitian sebanyak 15 siswa. Penelitian tersebut meliputi pra siklus, siklus I dan siklus II. Variabel bebas penelitian ini adalah model inquiry dan media gambar ilustrasi, sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan menulis karangan deskripsi. Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model inquiry menggunakan media gambar ilustrasi dapat meningkatkan keterampilan guru (peneliti), aktivitas siswa dan kemampuan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IV jika dibandingkan pembelajaran tanpa menerapkan model inquiry dan media gambar ilustrasi. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan keterampilan guru dari pra siklus dengan skor 1,67 kriteria cukup baik, siklus I dengan skor 2,33 kriteria baik dan siklus II dengan skor 3,03 kriteria sangat baik. Hasil observasi aktivitas siswa pra siklus skor sebesar 1,92 kriteria cukup baik, siklus I dengan skor 2,49 kriteria cukup baik dan siklus II 3,01 kriteria baik. Hasil kemampuan menulis karangan deskripsi diperoleh persentase ketuntasan sebesar 40% pada pra siklus, siklus I sebesar 73% dan siklus II meningkat sebesar 80%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model inquiry dengan berbantuan media visual dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan kemampuan menulis karangan deskripsi pada kelas IV SDN 1 Setrokalangan. Saran yang dapat peneliti berikan yaitu diharapkan dalam proses belajar mengajar guru dapat memanfaatkan model dan media pembelajaran dengan cara menyesuaikan karakteristik siswa dan materi yang akan disampaikan.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing: Dr. Murtono, M.Pd |
Kata Kunci: | Model Inquiry, Media Gambar Ilustrasi0, Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | pustakawan umk |
Date Deposited: | 18 Feb 2015 07:44 |
Last Modified: | 18 Feb 2015 07:44 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4036 |
Actions (login required)
View Item |