Penerapan Model Role Playing Pada Materi Peran Tokoh Proklamasi Kemerdekaan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sd 2 Blimbing Kidul Kaliwungu Kudus

PRIHARTINI, AMANDA ARIESTA (2015) Penerapan Model Role Playing Pada Materi Peran Tokoh Proklamasi Kemerdekaan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sd 2 Blimbing Kidul Kaliwungu Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (346kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (184kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (507kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (477kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (207kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (169kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (172kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilaksanakan karen rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas V SD 2 Blimbing Kidul Kaliwungu Kudus. Hal ini dikarenakan guru hanya menggunakan metode ceramah dan mencatat sehingga siswa kurang aktif, dan kurang memperhatikan penjelasan guru dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran role playing dapat meningkatkan aktivitas belajar IPS siswa, keterampilan guru, dan hasil belajar siswa kelas V SD 2 Blimbing Kidul Kaliwungu Kudus materi peran tokoh proklamasi kemerdekaan? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan peningkatan aktivitas siswa, keterampilan guru, dan hasil belajar siswa dalam materi Peran Tokoh Proklamasi Kemerdekaan siswa kelas V SD 2 Blimbing Kidul Kaliwungu Kudus. Model Role Playing adalah model pembelajaran sebagai bagian dari simulasi yang diarahkan untuk mengkreasi peristiwa sejarah, mengkreasi peristiwa-peristiwa aktual, atau kejadian-kejadian yang mungkin muncul pada masa mendatang. Model pembelajaran ini lebih terfokus pada kemampuan memerankan tokoh. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang berlangsung dalam 2 siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan dan pengamatan, serta refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini antara lain pedoman wawancara, lembar observasi serta tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan ketuntasan hasil belajar IPS siswa materi peran tokoh proklamasi kemerdekaan yang cukup signifikan antara hasil prasiklus (61,05%), hasil siklus I (70%) dan hasil siklus II (78,52%), didukung dengan peningkatan hasil belajar psikomotorik siswa dari persentase siklus I 51,83% (Cukup) menjadi 55,51% (Baik) di siklus II. Sedangkan hasil belajar afektif siswa dari persentase siklus I 58,8% (Cukup) menjadi 85,44% (Baik) di siklus II. Pengelolaan pembelajaran Role Playing juga mengalami peningkatan dari persentase siklus I 69,16% (Tinggi) menjadi 92,45% (Tinggi) pada siklus II. Simpulan penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran role playing materi peran tokoh proklamasi kemerdekaan dapat meningkatkan hasil belajar IPS, aktivitas belajar siswa serta keterampilan guru kelas V SD 2 Blimbing Kidul Kaliwungu Kudus. Selanjutnya, saran yang diberikan yaitu sebaiknya guru dapat menggunakan model pembelajaran role playing dalam pembelajaran IPS.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Murtono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Role Playing, Hasil Belajar IPS, Peran Tokoh Proklamasi Kemerdekaan.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 18 Feb 2015 08:20
Last Modified: 18 Feb 2015 08:20
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4038

Actions (login required)

View Item View Item