Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Jaring-Jaring Balok Dan Kubus Melalui Model Think Pair Share Di Kelas Iv Sd 1 Gondangmanis

DEWANDARI, NURUL (2015) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Jaring-Jaring Balok Dan Kubus Melalui Model Think Pair Share Di Kelas Iv Sd 1 Gondangmanis. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (605kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (88kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (272kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (524kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (393kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (148kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (75kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (85kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (11MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar Matematika siswa yang rendah. Kondisi awal berdasarkan nilai ulangan harian pada mata pelajaran Matematika kelas IV SD 1 Gondangmanis menunjukkan persentase ketuntasan hasil belajar klasikal hanya sebesar 42,85% dan rata-rata kelas 58,57. Berdasarkan permasalahan tersebut maka perlu diadakan perbaikan dengan menggunakan model pembelajaran think pair share untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD 1 Gondangmanis setelah diterapkannya model think pair share, mendeskripsikan aktivitas belajar siswa kelas IV SD 1 Gondangmanis dalam penerapan model think pair share dan mendiskripsikan pengelolaan pembelajaran guru setelah diterapkannya model think pair share dalam pembelajaran matematika. Think pair share merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang mengarahkan siswa untuk berdiskusi secara berpasangan kemudian mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas. Hipotesis dalam penelitian ini ialah dengan menerapkan model think pair share pada materi jaring-jaring balok dan kubus, maka dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa, aktivitas belajar siswa dan pengelolaan pembelajaran guru di kelas IV SD 1 Gondangmanis. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kemmis & Taggart yang dilakukan selama 2 siklus. Setiap siklus melalui 4 tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian yakni siswa kelas IV SD 1 Gondangmanis. Jumlah siswa sebanyak 21 orang, terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Metode pengumpulan data berupa observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa pedoman observasi, tes hasil belajar dan pedoman wawancara. Sedangkan teknik analisis data berupa data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) model think pair share dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada prasiklus menunjukkan nilai rata-rata 58,57 dengan ketuntasan klasikal 42,85%, siklus I menunjukkan rata-rata nilai sebesar 73,09 dengan ketutasan klasikal 66,67 dan pada siklus II hasil belajar matematika siswa meningkat dengan rata-rata nilai sebesar 78,33 dan ketuntasan klasikal 85,71%, (2) hasil pengamatan aktivitas belajar siswa kelas IV SD 1 Gondangmanis dengan menggunakan model think pair share mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, pada silklus I diperoleh skor rata-rata 2,65 dengan kriteria “baik”, meningkat pada siklus II menjadi 3,26 dengan kriteria “sangat baik”, (3) hasil pengelolaan pembelajaran guru pada siklus I mendapat skor rata-rata 2,86 dengan kriteria “baik” meningkat pada siklus II menjadi 3,38 dengan kriteria “sangat baik”. Simpulan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan model think pair share dapat meningkatan hasil belajar Matematika, aktivitas belajar siswa dan pengelolaan pembelajaran guru. Saran dalam penelitian ini hendaknya menerapkan model think pair share pada mata pelajaran matematika agar kegiatan pembelajaran di kelas lebih bermakna.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Moh Kanzunnudin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Matematika, Jaring-Jaring Balok dan Kubus, Think Pair Share
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 23 Feb 2015 03:48
Last Modified: 23 Feb 2015 03:48
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4059

Actions (login required)

View Item View Item