Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi Perkalian Pecahan Melalui Model Contextual Teaching And Learning Pada Siswa Kelas V Semester 2 Sd 3 Adiwarno

HANDAYANI, WAHYU (2015) Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi Perkalian Pecahan Melalui Model Contextual Teaching And Learning Pada Siswa Kelas V Semester 2 Sd 3 Adiwarno. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (796kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (176kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB)
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (481kB)
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB)
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (236kB)
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (111kB)
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (207kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (6MB)
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V SD 3 Adiwarno. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya : (1) Pembelajaran masih berpusat pada guru, (2) Pembelajaran yang diterapkan guru lebih menekankan pada keterampilan berhitung daripada penguasaan konsep-konsep matematika, (3) Guru juga kurang baik dalam mengaitkan materi pelajaran dengan kehidupan nyata siswa sehari-hari yang mengandung permasalahan untuk diselesaikan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah pembelajaran matematika dengan model Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika materi perkalian pecahan pada siswa kelas V semester 2 SD 3 Adiwarno?. Tujuan penelitian ini adalah tercapainya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V semester 2 SD 3 Adiwarno dengan penerapan model Contextual Teaching and Learning. Kemampuan pemecahan masalah matematika adalah suatu kemampuan siswa menerapkan langkah-langkah pemecahan masalah yang terdiri dari memahami masalah, merencanakan pemecahan masalah, menyelesaikan pemecahan masalah dan memeriksa kembali hasilnya. Pecahan merupakan bilangan yang menggambarkan bagian dari suatu keseluruhan. Perkalian pecahan adalah operasi pengerjaan hitung perkalian yang melibatkan dua pecahan atau lebih. Model Contextual Teaching and Learning adalah konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka. Ada tujuh komponen utama dalam pembelajaran CTL yaitu konstruktivisme, menemukan, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi dan penilaian sebenarnya. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan 2 siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD 3 Adiwarno yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dokumentasi dan angket. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V SD 3 Adiwarno mengalami peningkatan, yaitu nilai rata-rata tes kemampuan pemecahan masalah matematika siklus I 73,29, dan siklus II meningkat menjadi 76,50. Sedangkan untuk ketuntasan belajar klasikal meningkat dari siklus I 67,86 %, menjadi 89,29% pada siklus II. Skor rata-rata aktivitas pemecahan masalah matematika siswa juga terjadi peningkatan, yaitu pada siklus I skor rata-rata 2,44 kriteria cukup baik, dan di siklus II skor rata-rata meningkat menjadi 3,04 dengan kriteria baik. Pengelolaan pembelajaran guru pada siklus I memperoleh skor rata-rata 2,56 dengan kriteria baik dan meningkat pada siklus II menjadi 3,43 dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan fakta empirik tersebut disimpulkan bahwa penerapan model Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V SD 3 Adiwarno materi perkalian pecahan. Peneliti menyarankan kepada guru untuk dapat mengarahkan siswa mengidentifikasi pengalamannya sehari-hari dengan permasalahan materi yang diajarkan. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan penelitian ini untuk materi pembelajaran matematika yang lain serta memberi variasi pembelajaran dalam hal penggunaan media pembelajaran pada tahap inkuiri seperti benda nyata yang sesuai permasalahan atau menggunakan blok pecahan, sehingga dapat menemukan solusi pemecahan baru dalam menangani masalah rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Perkalian Pecahan, Contextual Teaching and Learning
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 23 Feb 2015 04:21
Last Modified: 23 Feb 2015 04:21
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4061

Actions (login required)

View Item View Item