Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Kelas Iv Di Sdn Batukali Kalinyamatan Jepara

WAFIROH, ULFI (2015) Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Kelas Iv Di Sdn Batukali Kalinyamatan Jepara. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (362kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (650kB)
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (753kB)
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB)
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (272kB)
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (192kB)
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (127kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (10MB)
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilaksanakan karena rendahnya hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN Batukali Kalinyamatan Jepara yang diperoleh dari data observasi awal, wawancara. Rumusan masalah dalam penelitian (1) apakah melalui penerapan model pembelajaran jigsaw hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn kelas IV SDN Batukali meningkat? (2) apakah melalui penerapan model pembelajaran jigsaw aktivitas siswa dalam pembelajaran PKn kelas IV SDN Batukali meningkat? (3)Apakah melalui penerapan model pembelajaran jigsaw keterampilan guru dalam pembelajaran PKn kelas IV SDN Batukali meningkat?. Tujuan penelitian tindakan kelas (1) untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn kelas IV SDN Batukali dengan menerapkan model pembelajaran jigsaw (2) untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran PKn kelas IV SDN Batukali dengan menerapkan model pembelajaran jigsaw (3) untuk meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran PKn kelas IV SDN Batukali dengan menerapkan model pembelajaran jigsaw. Jigsaw merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang dalam penerapannya siswa dibentuk sebuah kelompok asal dan selanjutnya tiap anggota kelompok akan dibagi menjadi sebuah kelompok ahli untuk mempelajari satu unit dari pembelajaran. Siswa bertemu dengan anggota dari kelompok lain yang mempunyai tugas yang sama, dan setelah menguasai materi kembali ke kelompok asal untuk menyampaikan kepada grup asalnya. Penelitian ini dirancang dengan model penelitian tindakan kelas menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Komponen dalam pelaksanaan penelitian tindakan kelas menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart pada setiap siklusnya yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan(observing), dan refleksi (reflecting). Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing terdiri atas dua pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV Batukali. Jumlah siswa sebanyak 25 orang. Variabel penelitian ini model pembelajaran Jigsaw dan hasil belajar PKn materi globalisasi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran Jigsaw pada pembelajaran PKn, dapat (1) meningkatkan hasil belajar siswa, pada pra siklus menunjukkan nilai rata-rata 61,6 dengan ketuntasan klasikal 40%, siklus I menunjukkan rata-rata nilai sebesar 71 dengan ketuntasan klasikal 72%, pada siklus II hasil belajar PKn siswa menunjukkan peningkatan dengan rata-rata nilai sebesar 77,8 dan ketuntasan klasikal 84%, (2) hasil pengamatan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran PKn menggunakan model pembelajaran Jigsaw mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, pada siklus I diperoleh persentase sebesar 69,22% dengan kriteria ”baik” dan meningkat pada siklus II menjadi 78% dengan kriteria “baik”, (3) hasil pengamatan pengelolaan pembelajaran guru pada siklus I mendapat persentase sebesar 69,44% dengan kriteria “baik” dan meningkat pada siklus II menjadi 84,26% dengan kriteria “baii”. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran jigsaw meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN Batukali. Adapun saran yang diberikan yaitu guru hendaknya menerapkan model pembelajaran Jigsaw pada mata pelajaran PKn dan siswa hendaknya belajar lebih aktif dan bersungguh-sungguh serta memperhatikan guru ketika proses pembelajaran.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Drs. Sucipto, M.Pd.,Kons
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Jigsaw, hasil belajar PKn
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 23 Feb 2015 05:02
Last Modified: 23 Feb 2015 05:02
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4065

Actions (login required)

View Item View Item