Meningkatkan Daya Ingat Siswa Mata Pelajaran Pkn Melalui Layanan Penguasaan Konten Dengan Media Mind Map Pada Siswa Kelas Iv Sdn 4 Bae Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014

LUKISTIYANI, YUFIANANINGSIH (2015) Meningkatkan Daya Ingat Siswa Mata Pelajaran Pkn Melalui Layanan Penguasaan Konten Dengan Media Mind Map Pada Siswa Kelas Iv Sdn 4 Bae Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (597kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (202kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (311kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (436kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (223kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (218kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (110kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara peneliti terhadap siswa dan guru kelas IV di SD IV Bae Kudus diperoleh hasil daya ingat siswa yang rendah, khususnya pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan. Rendahnya daya ingat siswa dalam mengikuti pembelajaran disebabkan kurangnya daya serap siswa dan aktivitas membaca yang rendah, sulit konsentrasi, sering lupa dalam mengingat materi pelajaran. Hal itu didasari masih adanya kebiasaan siswa mencatat dengan memindahkan catatan yang ada kedalam buku mereka dan juga sistem berfikir siswa yang belum teratur. Berdasarkan latar belakang dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut: Bagaimanakah layanan penguasaan konten dengan media mind map dapat meningkatkan daya ingat mata pelajaran PKN pada siswa kelas IV SD IV Bae Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014. Tujuan penelitian yaitu: diperolehnya peningkatan daya ingat siswa mata pelajaran PKN melalui layanan penguasaan konten dengan media mind map. Kegunaan penelitian adalah 1. Kegunaan teoritis : memberikan sumbangan pemikiran bagi perkembangan ilmu pengetahuan, khususnya bimbingan dan konseling tentang, daya ingat siswa yang rendah pada mata pelajaran PKN dapat meningkat. 2. Kegunaan Praktis Penelitian :1. bagi kepala sekolah dapat meningkatkan daya ingat siswa pada mata pelajaran PKN melalui layanan penguasaan konten dengan media mind map, 2. Bagi guru kelas dapat digunakan untuk untuk memperbaiki pembelajaran yang dikelolanya sehingga dapat meningkatkan daya ingat siswa, 3. Bagi siswa dapat digunakan untuk meringkas materi pelajaran dengan baik, 4. Bagi peneliti dapat menambah pengetahuan dan pengalaman dalam kegiatan pembelajaran pendidikan kewarganegaraan dengan media mind map. Hipotesis penelitian adalah ada peningkatan daya ingat siswa pada pelajaran pendidikan kewarganegaraan melalui layanan penguasaan konten dengan media mind map pada siswa kelas IV SDN IV Bae Kudus tahun pelajaran 2013/2014. Subyek yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN IV Bae Kudus, sebanyak 17 siswa. Variabel penelitian: Daya Ingat siswa (variabel terikat) dan layanan penguasaan konten dengan media mind map (variabel bebas). Metode pengumpulan data dengan metode pokok observasi dan wawancara, metode pendukung yaitu dokumentasi. Analisis data menggunakan data kualitatif deskriptif dan data kuantitatif. Penelitian dilakukan 2 siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus 3 pertemuuan.setiap siklus terdiri dari 4 tahapan. Data diperoleh dari observasi yang dilakukan secara langsung bersama dengan guru kelas. Berdasarkan hasil oservasi yang dilakukan mengalami peningkatan dari pra siklus, siklus I ke siklus II. Hal ini terbukti dengan hasil yang diperoleh dari setiap observasi yang dilakukan sebelum tindakan dan setelah siklus I dan siklus II yang memperlihatkan bahwa daya ingat siswa pelajaran PKN mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata pada prasiklus mendapat skor 21 (21%) rendah, pada siklus I memperoleh hasil rata-rata 22 (44%) rendah, pada siklus II memperoleh hasil 34 (68%). Sehingga dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 12 (24%) cukup. Jadi peningkatan daya ingat siswa mata pelajaran PKN dari pra siklus sampai siklus II sebesar 13 (26%). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa layanan penguasaan konten dengan media mind map dapat meningkat daya ingat siswa pelajaran PKN. Hal ini terbukti sebelum dilaksanakannya layanan penguasaan konten dengan media mind map daya ingat siswa pelajaran PKN rendah, setelah dilaksanakan tindakan layanan pada siklus I memperoleh hasil cukup dan pada siklus II memperoleh hasil baik. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara peneliti terhadap siswa dan guru kelas IV di SD IV Bae Kudus diperoleh hasil daya ingat siswa yang rendah, khususnya pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan. Rendahnya daya ingat siswa dalam mengikuti pembelajaran disebabkan kurangnya daya serap siswa dan aktivitas membaca yang rendah, sulit konsentrasi, sering lupa dalam mengingat materi pelajaran. Hal itu didasari masih adanya kebiasaan siswa mencatat dengan memindahkan catatan yang ada kedalam buku mereka dan juga sistem berfikir siswa yang belum teratur. Berdasarkan latar belakang dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut: Bagaimanakah layanan penguasaan konten dengan media mind map dapat meningkatkan daya ingat mata pelajaran PKN pada siswa kelas IV SD IV Bae Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014. Tujuan penelitian yaitu: diperolehnya peningkatan daya ingat siswa mata pelajaran PKN melalui layanan penguasaan konten dengan media mind map. Kegunaan penelitian adalah 1. Kegunaan teoritis : memberikan sumbangan pemikiran bagi perkembangan ilmu pengetahuan, khususnya bimbingan dan konseling tentang, daya ingat siswa yang rendah pada mata pelajaran PKN dapat meningkat. 2. Kegunaan Praktis Penelitian :1. bagi kepala sekolah dapat meningkatkan daya ingat siswa pada mata pelajaran PKN melalui layanan penguasaan konten dengan media mind map, 2. Bagi guru kelas dapat digunakan untuk untuk memperbaiki pembelajaran yang dikelolanya sehingga dapat meningkatkan daya ingat siswa, 3. Bagi siswa dapat digunakan untuk meringkas materi pelajaran dengan baik, 4. Bagi peneliti dapat menambah pengetahuan dan pengalaman dalam kegiatan pembelajaran pendidikan kewarganegaraan dengan media mind map. Hipotesis penelitian adalah ada peningkatan daya ingat siswa pada pelajaran pendidikan kewarganegaraan melalui layanan penguasaan konten dengan media mind map pada siswa kelas IV SDN IV Bae Kudus tahun pelajaran 2013/2014. Subyek yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN IV Bae Kudus, sebanyak 17 siswa. Variabel penelitian: Daya Ingat siswa (variabel terikat) dan layanan penguasaan konten dengan media mind map (variabel bebas). Metode pengumpulan data dengan metode pokok observasi dan wawancara, metode pendukung yaitu dokumentasi. Analisis data menggunakan data kualitatif deskriptif dan data kuantitatif. Penelitian dilakukan 2 siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus 3 pertemuuan.setiap siklus terdiri dari 4 tahapan. Data diperoleh dari observasi yang dilakukan secara langsung bersama dengan guru kelas. Berdasarkan hasil oservasi yang dilakukan mengalami peningkatan dari pra siklus, siklus I ke siklus II. Hal ini terbukti dengan hasil yang diperoleh dari setiap observasi yang dilakukan sebelum tindakan dan setelah siklus I dan siklus II yang memperlihatkan bahwa daya ingat siswa pelajaran PKN mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata pada prasiklus mendapat skor 21 (21%) rendah, pada siklus I memperoleh hasil rata-rata 22 (44%) rendah, pada siklus II memperoleh hasil 34 (68%). Sehingga dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 12 (24%) cukup. Jadi peningkatan daya ingat siswa mata pelajaran PKN dari pra siklus sampai siklus II sebesar 13 (26%). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa layanan penguasaan konten dengan media mind map dapat meningkat daya ingat siswa pelajaran PKN. Hal ini terbukti sebelum dilaksanakannya layanan penguasaan konten dengan media mind map daya ingat siswa pelajaran PKN rendah, setelah dilaksanakan tindakan layanan pada siklus I memperoleh hasil cukup dan pada siklus II memperoleh hasil baik.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing :Drs. Sucipto, M.Pd. Kons
Uncontrolled Keywords: Daya ingat, Layanan Penguasaan Konten dengan media mind map
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 28 Feb 2015 02:15
Last Modified: 28 Feb 2015 02:15
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4085

Actions (login required)

View Item View Item