The Writing Skill Of The Tenth Grade Students Of Sma N 1 Tayu Taught By Using Dictocomp Technique In Academic Year 2013/2014

PERMATASARI, SELLA ASTIYAN (2015) The Writing Skill Of The Tenth Grade Students Of Sma N 1 Tayu Taught By Using Dictocomp Technique In Academic Year 2013/2014. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (3MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (886kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (891kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (738kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (302kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Dafta Pustaka) - Accepted Version
Download (299kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (12MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Bahasa Inggris merupakan bahasa penting dalam berbagai tujuan, seperti dalam komunikasi, ilmu pengetahuan, budaya, dunia pendidikan yang bisa dikatakan sebagai hal yang internasional. Seperti yang kita ketahui bahwa bahasa dapat berupa ujaran dan tulisan. Dalam dunia pendidikan, para siswa diharapkan dapat menguasai kompetensi bahasa Inggris untuk mendukung ketrampilan mereka dalam menulis. Tetapi, terkadang para siswa mempunyai kesulitan untuk mengungkapkan tulisan mereka karena banyak faktor, menulis dan menyusun beberapa teks. Sehingga siswa sulit menemukan kesulitan dalam menentukan tulisan mereka. Dictocomp adalah dikte dan komposisi dalam kelompok yang mempunyai empat tahap dalam pembelajaran: persiapan, dikte, menyusun kembali dan mengoreksi. Ini adalah salah satu teknik yang mudah untuk dipelajari dan dapat menjadi jalan yang efektif untuk pembelajaran menulis teks recount. Recount adalah sebuah jenis genre, yang mempunyai sebuah fungsi social untuk menceritakan kembali kejadian-kejadian dengan tujuan memberi informasi dan menghibur. Jadi, dictocomp dapat membantu siswa menyusun kembali teks recount dengan mudah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah perbedaan yang signifikan dari kemampuan siswa dalam kemampuan menulis pada siswa kelas X SMA N 1 Tayu diajar tahun ajaran 2013/2014 sebelum dan sesudah menggunakan dictocomp teknik. Penelitian ini adalah sebuah penelitian eksperiment. Penulis menggunakan penelitian quosy eksperimen karena penelitian ini selesai dengan memberikan pre-test dan post-test untuk 1 kelas. Penulis akan membahas beberapa kemungkinan untuk memecahkan masalah dengan data, analisis dan menerjemahkannya Ini dimaksudkan untuk membuat sistematis dan teliti dengan memperhatikan fakta dan ciri-ciri dari penelitian. Dari hasil analisis, penulis menemukan nilai tertinggi yang diperoleh siswa sebelum diajar menggunakan dictocomp teknik adalah 86 dan nilai terendah adalah 48. Sementara nilai mean dari siswa adalah 67; dan standar deviasi adalah 10,5. Dengan hasil itu, kemampuan siswa adalah cukup sebagai nilai tertinggi. Setelah mereka diajar menggunakan dictocomp tekhnik, nilai Bahasa Inggris siswa adalah 94 dan nilai terendah adalah 94 Sementara mean adalah 77,95; dan standar deviasi adalah 9,28. Level dari kemampuan siswa dalam menulis teks recount setelah diajar menggunakan dictocomp tekhnik adalah baik sebagai nilai tertinggi meskipun ada beberapa dilevel cukup. Hasil dari t-test adalah 6,77, maka ada sebuah perbedaan siknifikan antara kemampuan siswa dalam menulis teks recount kelas X SMA N 1 Tayu diajar tahun ajaran 2013/2014 sebelum dan setelah diajar menggunakan dictocomp teknik. Berdasarkan fakta, siswa seharusnya lebih memperhatikan penjelasan guru dan juga banyak berlatih menulis. Guru bahasa Inggris seharusnya menggunakan dictocomp teknik untuk mengajar menulis untuk menunjang kegiatan belajar mengajar agar lebih menarik. Karena menggunakan dictocomp teknik untuk mengajar dapat mengembangkan kemampuan siswa dalam berbahasa. Itu juga dapat membantu siswa untuk mengembangkan dalam mengingat istilah-istilah pendek. Disisi lain, itu dapat memotivasi siswa untuk menulis Bahasa Inggris. Hasil dari percobaan menunjukkan bahwa rata-rata pre test adalah 67 dengan standar deviasi 10,5 dan rata-rata post test adalah 77,95 dengan standar deviasi 9,28.itu ditemukan t-observation adalah 6,77. dalam level of significance 5% dari degree of freedom (df) N-1 (40-1=39), dan t-table (tt) 2,04. dalam kata lain t-observation jatuh pada daerah kritis. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa the null hypothesis ditolak, sementara hipotesis penelitian diterima. Jadi, hasil penilitian ini adalah “ada perbedaan yang penting antara keterampilan menulis murid kelas sepuluh SMA N 1 Tayu di tahun ajaran 2013/2014 sebelum dan sesudah diajar dengan menggunakan teknik dictocomp”. Berdasarkan hasil penelitian di atas, penulis menyarankan bahwa guru harus menggunakan teknik yang menarik dan tepat dalam proses belajar mengajar. Itu untuk membuat murid aktif dan merasa enjoy di dalam kelas.  

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing :Agung Dwi Nurcahyo, SS, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Teknik dictocomp, menulis, teks recount.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 28 Feb 2015 03:11
Last Modified: 28 Feb 2015 03:11
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4091

Actions (login required)

View Item View Item