Penerapan Model Numbered Heads Together Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Iv Sd 1 Ngembal Kulon Kudus

ISTIANASARI, VICKKY FERLINA (2015) Penerapan Model Numbered Heads Together Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Iv Sd 1 Ngembal Kulon Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (4MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (556kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (678kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (230kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (32MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (534kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (490kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (516kB) | Tinjau ulang
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Salah satu permasalahan yang di alami oleh siswa kelas IV SD 1 Ngembal Kulon Kudus yakni rendahnya hasil belajr IPS. Rendahnya hasil belajar IPS disebabkan oleh faktor IPS yang dianggap sebagai pelajaran yang sulit untuk dipelajari karena materinya yang banyak dan bersifat hafalan sehingga menjadikan siswa kurang bersemangat dan malas belajar. Proses belajar mengajar yang berjalan selama masih didominasi oleh guru dengan metode mengajar konvensional sehingga menyebabkan siswa menjadi pasif. Berdasarkan masalah tersebut maka diadakan perbaikan dengan menerapkan model Numbered Heads Together. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD 1 Ngembal Kulon Kudus. Pembelajaran dengan model Numbered Heads Together terdiri dari empat tahap. Tahap 1: penomoran, tahap 2: mengajukan pertanyaan, tahap 3: berpikir bersama, tahap 4: menjawab. Hasil belajar IPS adalah perubahan kemampuan siswa berupa pencapaian hasil dari proses belajar IPS materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi. Subjek penelitian berjumlah 23 siswa, terdiri atas 10 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan selama 2 siklus. Setiap siklusnya dilakukan selama 2 kali pertemua. Prosedur penelitian masing-masing siklus dilakukan melalui empat tahap yaitu perencaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data aktivitas siswa dan keterampilan guru mengelola pembelajaran didapat melalui lembar observasi, sedangkan data hasil belajar IPS siswa diperoleh melalui tes pilihan ganda. Hasil yang diperoleh dari penelitian tindakan kelas ini meliputi hasil belajar dengan persentase siklus I sebesar 69,57% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 89,96%. Adapun aktivitas belajar siswa diperoleh 2,56 pada siklus I dengan kriteria baik dan meningkat menjadi 2,83 pada siklus II dengan kriteria baik. Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran diperoleh 2,93 dengan kriteria baik pada siklus I dan meningkat menjadi 3,20 dengan kriteria baik pada siklus II. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD 1 Ngembal Kulon Kudus.Adapun saran yang diberikan yaitu hendaknya siswa dapat lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran IPS serta model Numbered Heads Together dapat dijadikan alternatif solusi bagi guru untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing :Drs. Moh. Kanzunnudin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Numbered Heads Together, Hasil Belajar IPS
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 28 Feb 2015 04:13
Last Modified: 28 Feb 2015 04:13
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4098

Actions (login required)

View Item View Item