Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw Untuk Peningkatan Hasil Belajar Ipa Materi Pencegahan Kerusakan Lingkungan Kelas Iv Sd 4 Prambatan Lor

LESTARI, IKA PUJI (2015) Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw Untuk Peningkatan Hasil Belajar Ipa Materi Pencegahan Kerusakan Lingkungan Kelas Iv Sd 4 Prambatan Lor. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (569kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (313kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (616kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (622kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (987kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (309kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (277kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (292kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (6MB) | Request a copy
Official URL: http:eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD 4 Prambatan Lor pada mata pelajaran IPA. Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan karena pembelajaran yang dilakukan masih menggunakan model ceramah yang berdampak pada kurangnya tanggungjawab belajar siswa. Tujuan penelitian ini yakni (1) mendeskripsikan hasil belajar siswa (2) mendeskripsikan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran (3) mendeskripsikan aktivitas belajar siswa pada materi pencegahan kerusakan lingkungan dengan menerapkan model Cooperative Learning Tipe Jigsaw. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas IV SD 4 Prambatan Lor dengan subjek 20 siswa dan guru yang berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari pertemuan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Cooperative Learning Tipe Jigsaw, sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar IPA materi pencegahan kerusakan lingkungan. Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari tindakan yang dilakukan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Jigsaw merupakan hasil belajar yang memungkinkan siswa untuk belajar dalam kelompok yang terdiri dari 4-6 siswa secara heterogen untuk bekerjasama dan bertanggungjawab terhadap materi yang dipelajari. Hasil belajar IPA adalah perilaku yang diperoleh siswa setelah melakukan proses pembelajaran yang terdiri dari aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Hasil penelitian menunjukkan dengan menerapkan model Cooperative Learning Tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa, aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran, dan aktivitas belajar siswa. Ketuntasan hasil belajar siswa pada prasiklus yaitu 50% dengan rata-rata 64,45 meningkat pada siklus I dengan mencapai ketuntasan klasikal 75% dengan rata-rata 70 dan pada siklus II mencapai 85% dengan rata-rata 75,5. Peningkatan keterampilan guru mengelola pembelajaran pada siklus I ke siklus II meningkat dari persentase 78% menjadi 86% dengan kategori “sangat baik”. Aktivittas belajar siswa pada siklus I memperoleh rata-rata 51,15% dengan kategori “baik” meningkat pada siklus II menjadi 78% dengan kategori “sangat baik”. Simpulan pada penelitian ini adalah penerapan model Cooperative Learning Tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa, keterampilan guru, dan aktivitas belajar siswa. Saran dalam penelitian ini, yaitu dalam mengajar guru harus inovatif dan variatif dalam menggunakan model-model pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, siswa hendaknya memiliki tanggungjawab dalam belajar agar dapat mencapai hasil belajar yang maksimal, dan bagi sekolah sebaiknya dapat mendorong guru untuk mengikuti pelatihan model pembelajaran agar pembelajaran yang dilakukan dapat lebih variatif.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing :Drs.Moh. Kanzunnudin, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning Tipe Jigsaw, Hasil Belajar IPA, Pencegahan Kerusakan Lingkungan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 28 Feb 2015 04:37
Last Modified: 28 Feb 2015 04:37
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4103

Actions (login required)

View Item View Item