Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas V Materi Penggunaan Pecahan Dalam Masalah Perbandingan Dan Skala

ULYA, NAILA (2015) Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas V Materi Penggunaan Pecahan Dalam Masalah Perbandingan Dan Skala. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (211kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (57kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (380kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (317kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (57kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (27kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (30kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (16MB) | Request a copy
Official URL: http:eprints.umk.ac.id

Abstrak

Fokus utama pembelajaran matematika yaitu pemecahan masalah. Masalah dalam penelitian ini adalah siswa kesulitan dalam memecahkan masalah sehingga menyebabkan hasil belajar matematika materi penggunaan pecahan dalam masalah perbandingan dan skala rendah. Hal ini ditunjukkan dari perolehaan nilai rata-rata pretes sebesar 27,19 dengan nilai KKM matematika di SD 4 Prambatan Kidul Kaliwungu Kudus ≥ 62. Guru perlu melatih dan membiasakan siswa untuk memecahkan masalah sejak dini mulai jenjang pendidikan SD. Model pembelajaran yang mampu melatih dan mengembangkan kemampuan memecahkan masalah pada siswa yakni model pembelajaran problem solving. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran problem solving mampu meningkatkan aktivitas hasil belajar matematika kelas V materi penggunaan pecahan dalam masalah perbandingan dan skala. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika kelas V materi penggunaan pecahan dalam masalah perbandingan dan skala dengan menerapkan model pembelajaran problem solving. Penelitian ini menerapkan model pembelajaran problem solving untuk meningkatkan hasil belajar matematika kelas V materi penggunaan pecahan dalam masalah perbandingan dan skala. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini model pembelajaran problem solving dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, keterampilan pengelolaan pembelajaran guru, dan hasil belajar matematika siswa kelas V materi penggunaan pecahan dalam masalah perbandingan dan skala. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan pada siswa kelas V SD 4 Prambatan Kidul tahun ajaran 2013/2014 dengan jumlah 31 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan antara lain lembar observasi, pedoman wawancara dan soal tes. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I siswa yang tuntas 22 dari jumlah siswa 31 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 70,96% dan perolehan rata-rata hasil belajar 62,84. Sementara pada siklus II meningkat menjadi 83,87% atau sebanyak 26 siswa yang tuntas dengan rata-rata hasil belajar 74,67. Aktivitas belajar siswa pada siklus I mendapat rata-rata 2,20 dengan kualifikasi “cukup baik” meningkat pada siklus II menjadi 3,18 dengan kualifikasi “sangat baik”. Keterampilan pengelolaan pembelajaran guru juga mengalami peningkatan dari rata-rata 3,15 dengan kualifikasi “baik” pada siklus I menjadi 3,67 dengan kualifikasi “sangat baik”. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran problem solving dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa, aktivitas belajar siswa, serta keterampilan pengelolaan pembelajaran guru. Saran dalam penelitian ini diharapkan guru maupun peneliti lain bisa melakukan penelitian lanjutan terkait penerapan model pembelajaran problem solving pada mata pelajaran lain dengan jenjang kelas yang lain. Penerapan model pembelajaran problem solving perlu persiapan yang maksimal, waktu yang cukup dan pengelolaan kelas yang tepat disesuaikan dengan jumlah subjek penelitian (siswa).

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing :Drs. Sucipto, M.Pd., Kons
Uncontrolled Keywords: Problem Solving, Hasil Belajar, Perbandingan dan Skala.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 28 Feb 2015 04:46
Last Modified: 28 Feb 2015 04:46
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4105

Actions (login required)

View Item View Item