Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Model Pembelajaran Numbered Heads Together Berbantuan Metode Eksperimen Untuk Siswa Kelas V Sd 4 Hadipolo

ZULFA, MOH (2015) Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Model Pembelajaran Numbered Heads Together Berbantuan Metode Eksperimen Untuk Siswa Kelas V Sd 4 Hadipolo. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (530kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (115kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (351kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (390kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (456kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (148kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (137kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (77kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
Official URL: http:eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil belajar IPA di kelas V SD 4 Hadipolo masih rendah. Hal ini dikarenakan orientasi pembelajaran konvensional yang guru terapkan memberi andil terhadap rendahnya hasil belajar siswa. Padahal pembelajaran IPA seharusnya menekankan pada Student Center Learning dimana siswa mencari, mempraktekkan, mengolah, membuktikan dan melaporkan informasi yang mereka praktekkan sendiri sehingga terjadilah pembelajaran bermakna yang bermuara pada meningkatnya hasil belajar siswa. Oleh sebab itu, dengan penerapan model Numbered Heads Together Berbantuan Metode Eksperimen diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk memperoleh peningkatan hasil belajar IPA materi proses daur air dan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya serta penghematan air pada siswa kelas V SD 4 Hadipolo tahun ajaran 2013/2014. Hasil belajar merupakan perubahan tingkah laku yang dialami individu setelah melakukan serangkaian proses belajar dan perubahan tersebut berada pada domain kognitif, afektif dan psikomotorik. Ilmu pengetahuan alam (IPA) adalah ilmu yang mempelajari tentang pengungkapan manusia dan gejala alam, meliputi asal mula alam semesta dengan segala isinya termasuk proses, mekanisme, sifat benda maupun peristiwa yang terjadi. Numbered Heads Together (NHT) adalah model pembelajaran kooperatif yang menggunakan angka atau nomor yang diletakkan di atas kepala, kemudian secara acak guru memanggil nomor dari siswa untuk melaporkan hasil diskusi. Metode eksperimen adalah cara penyajian pelajaran, dimana siswa melakukan percobaan dengan mengalami sendiri sesuatu yang dipelajari. Penelitian ini terbatas pada materi proses daur air dan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya serta penghematan air. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SD 4 Hadipolo Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus khususnya pada kelas V tahun pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model siklus. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Desain penelitian mengacu rancangan dari Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari empat langkah/tahapan yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan tindakan, (3) Pengamatan, (4) Refleksi. Teknik analisis data menggunkan data kuantitatif dan kualitatif. Uji validitas instrumen menggunakan validitas empiris dengan reliabilitas ganjil genap. Hasil pengamatan kondisi awal siswa sebelum melakukan tindakan memperoleh ketuntasan klasikal sebesar 24% dengan rata-rata kelas 61,40 meningkat menjadi 60% dengan rata-rata kelas 74,20 pada siklus I. Pada siklus II meningkat menjadi 88% dengan rata-rata kelas 82,20. Hasil belajar afektif pada siklus I mencapai rata-rata 68,67% dengan kualifikasi baik dan meningkat pada siklus II yang mencapai rata-rata 85,50% dengan kulaifikasi sangat baik. Sementara hasil belajar psikomotorik pada siklus I mencapai rata-rata 68,76% dengan kualifikasi baik dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata 86,44% dengan kualifikasi sangat baik. Simpulan pada penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together Berbantuan Metode Eksperimen untuk Siswa Kelas V SD 4 Hadipolo dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi proses daur air dan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya serta penghematan air. Saran dalam penelitian ini diharapkan para peneliti yang lain dapat mengembangkan penelitian menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together Berbantuan Metode Eksperimen sehingga prestasi belajar siswa dapat meningkat.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing :Dr. Sri Utaminningsih, M.P.d.
Kata Kunci: Hasil Belajar IPA, Numbered Heads Together, Metode Eksperimen
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 28 Feb 2015 04:59
Last Modified: 28 Feb 2015 04:59
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4108

Actions (login required)

View Item View Item