Peningkatan Hasil Belajar Sains Melalui Model Pembelajaran Snowball Drilling Dengan Teknik Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas Iv Sd Muhammadiyah Gribig Kudus [Penelitian Tindakan Kelas Di Sd Muhammadiyah Gribig Kudus]

Sumarwiyah, - dan Ratnasari, Yuni (2015) Peningkatan Hasil Belajar Sains Melalui Model Pembelajaran Snowball Drilling Dengan Teknik Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas Iv Sd Muhammadiyah Gribig Kudus [Penelitian Tindakan Kelas Di Sd Muhammadiyah Gribig Kudus]. [Laporan Penelitian/ Pengabdian Masyarakat] (Submitted)

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (364kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (20kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (258kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (115kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (463kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (180kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (7kB) | Tinjau ulang
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Hasil observasi di SD Muhammadiyah Gribig Kudus menunjukkan bahwa hasil belajar siswa masih rendah. Rendahnya hasil belajar siswa ditunjukkan dengan nilai awal rata-rata kelas 61,24, padahal KKM kelas yang harus dicapai adalah 70. Jumlah siswa yang tuntas adalah 10 dan siswa yang tidak tuntas 15. Nilai tertinggi siswa 85 dan nilai terendah 30. Rendahnya nilai siswa disebabkan karena dalam proses pembelajaran siswa masih pasif, merasa takut, malu dan menganggap bahwa IPA adalah pelajaran yang sulit. Pelajaran IPA sulit karena ketika proses pembelajaran masih teacher center. Model Pembelajaran Snowball Drilling ini memenuhi beberapa kriteria pembelajaran yang aktif, efektif, efisien, dan bermutu karena dalam proses pembelajarannya menuntut kreatifitas dan efektivitas berpikir siswa sehingga dapat meningkatkan daya serap siswa dalam mempelajari Sains. Bimbingan kelompok adalah suatu kegiatan kelompok di mana pimpinan kelompok menyediakan informasi-informasi dan mengarahkan diskusi agar anggota kelompok menjadi lebih sosial atau untuk membantu anggota-anggota kelompok untuk mencapai tujuan-tujuan bersama. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April sampai Agustus 2014 dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Muhammadiyah Gribig Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus. Jenis penelitian PTK dengan dua siklus, setiap siklus dua pertemuan. Tehnik pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Keberhasilan penelitian ini terlihat dari persentase aktivitas peneliti pada siklus I sebesar 70% dengan kriteria baik meningkat di siklus II sebesar 90% dengan kriteria sangat baik. Skor rata-rata aktivitas siswa pada siklus I sebesar 1,98 dengan kriteria cukup meningkat di siklus II sebesar 2,74 dengan kriteri baik. Persentase ketuntasan belajar klasikal siswa pada siklus I sebesar 76% dengan nilai kelas rata-rata sebesar 70,28. Hasil belajar tersebut meningkat dalam siklus II, dengan persentase ketuntasab belajar klasikal sebesar 80% dengan nilai rata-rata 74,6. Hasil pada siklus I ke siklus II mengalami perubahan yang lebih baik. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran tipe snowball drilling telah berhasil dilaksanakan mengakibatkan hasil belajar siswa meningkat. Permasalahan yang muncul dari siswa bermasalah dalam belajar telah diberikan bimbingan kelompok sehingga 5 siswa yang bermasalah dapat di identifikasi dan diberikan pemecahan masalahnya. Hal tersebut terlihat bahwa hasil belajar kelima siswa sudah menunjukkan perubahan yang baik meskipun masih dibawah KKM.

Tipe dokumen: Laporan Penelitian/ Pengabdian Masyarakat
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Snowball Drilling, Bimbingan Kelompok, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 28 Feb 2015 06:16
Last Modified: 28 Feb 2015 06:16
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4118

Actions (login required)

View Item View Item