Peningkatan Hasil Belajar Ips Melalui Model Pembelajaran Kontekstual Materi Perkembangan Teknologi Pada Siswa Kelas Iv Sd 4 Jekulo Kudus

SETYA BUDI, ADITYA MUCHLIS (2015) Peningkatan Hasil Belajar Ips Melalui Model Pembelajaran Kontekstual Materi Perkembangan Teknologi Pada Siswa Kelas Iv Sd 4 Jekulo Kudus. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
Hal_Judul.pdf - Accepted Version

Download (8MB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
Bab_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
Bab_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
Bab_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
Bab_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
Bab_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
Bab_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (8MB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi temuan hasil belajar IPS yang rendah pada siswa kelas IV SD 4 Jekulo. Hal ini disebabkan pembelajaran IPS yang dilakukan guru masih menerapkan pembelajaran yang konvensional. Solusi pemecahan masalah tersebut, maka diterapkannya model Contextual Teacing And Learning yang dapat menekankan aktivitas siswa dengan mengaitkan konsep antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi perkembangan teknologi dengan diterapkannya model pembelajaran CTL pada siswa kelas IV SD 4 Jekulo Kudus, (2) Mendeskripsikan aktivitas siswa dengan diterapkannya model pembelajaran CTL dalam pembelajaran IPS perkembangan teknologi kelas IV SD 4 Jekulo, dan (3) Mendeskripsikan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dengan diterapkannya model pembelajaran CTL dalam pembelajaran IPS materi perkembangan teknologi kelas IV SD 4 Jekulo. Model CTL adalah suatu model pembelajaran yang menekankan kepada proses keterlibatan siswa secara penuh untuk menemukan materi yang dipelajari dan menghubungkannya dengan situasi kehidupan nyata sehingga mendorong siswa untuk menerapkannya dengan kehidupan mereka dengan langkah-langkah yaitu: (1) kontruktivisme, (2) inkuri, (3) bertanya, (4) masyarakat belajar, (5) pemodelan, (6) refleksi, (7) penilaian nyata. Materi pembelajaran dalam penelitian ini adalah perkembangan teknologi. Teknologi merupakan hasil ciptaan yang membutuhkan proses yang panjang berdasarkan pemahaman dan kesadaran serta telah melalui pemikiran dan pertimbangan yang matang. Model pembelajaran CTL sesuai untuk pembelajaran IPS materi perkembnagan teknologi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, setiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru (peneliti) dan siswa kelas IV SD 4 Jekulo yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian terbukti menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan hasil belajar siswa materi masalah sosial dengan persentase ketuntasan pra siklus 42,31% (kurang). Pada siklus I 80,76% (baik) dan pada siklus II menjadi 88,46% (Sangat Baik). Aktivitas belajar siswa juga meningkat dengan persentase rata-rata siklus I 71,84% (baik) dan meningkat pada siklus II 81,14% (baik). Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dengan Model Pembelajaran Kontekstual juga mengalami peningkatan dari persentase 72,00% (baik) pada siklus I dan 92,5% (baik) pada siklus II. Simpulan pada penelitian ini yakni dengan menggunakan model Model Pembelajaran Kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa baik dari ranah kognitif, afektif maupun psikomotorik siswa kelas IV SD 4 Jekulo Kudus tahun 2013/2014. Dalam setiap proses. Siswa hendaknya aktif dalam pembelajaran dan kerjasama diantara siswa dalam kelompok perlu. Diharapkan peneliti yang akan datang diharapkan dapat dijadikan referensi dengan menerapkan Model Pembelajaran Kontekstual dengan topik perkembangan teknologi dengan materi yang lebih luas.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing :Dr. Murtono, M.Pd
Kata Kunci: Hasil Belajar IPS, Contexstual Teaching And Learning (CTL), perkembangan teknologi.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 02 Mar 2015 04:03
Last Modified: 02 Mar 2015 04:03
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4120

Actions (login required)

View Item View Item