Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (Gi) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Bilangan Bulat Pada Siswa Kelas Iv Sd 1 Ngembal Kulon

RAHMANUARI , FIKA ARDITA (2015) Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (Gi) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Bilangan Bulat Pada Siswa Kelas Iv Sd 1 Ngembal Kulon. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (11MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (973kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (32MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (964kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (926kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (510kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (93MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Latar belakang masalah dalam peneltian ini yaitu rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas IV di SD 1 Ngembal Kulon. Rendahnya hasil belajar tersebut disebabkan oleh beberapa faktor yaitu proses belajar mengajar yang dilakukan guru masih menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan pemberian tugas, selain itu siswa juga belum pernah melakukan penyelidikan dalam proses belajar dan mengajar. Siswa pada proses pembelajaran hanya mendapat materi yang disampaikan guru dan mengerjakan tugas. Hal ini menjadikan siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD 1 Ngembal Kulon dengan menerapkan model pembelajaran Group Investigation. Hasil belajar merupakan perubahan tingkah laku sebagai perolehan dari belajar siswa. Model pembelajaran Group Investigation terdiri dari enam langkah yaitu, langkah 1: Memilih Topik, langkah 2: Perencanaan Kooperatif, langkah 3: Implementasi, langkah 4: Analisis dan Sintesis, langkah 5: Presentasi Hasil Final, dan langkah 6: Evaluasi. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di SD 1 Ngembal Kulon pada siswa kelas IV yang berjumlah 23 siswa., terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan non tes yang meliputi observasi, dokumentasi, wawancara, dan catatan lapangan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes evaluasi pilihan ganda, lembar observasi aktivitas belajar siswa dan keterampilan mengajar guru, pedoman wawancara, dan pedoman catatan lapangan. Data penelitian dianalisis dengan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Data yang dianalisis secara kuantitatif yaitu tes hasil belajar siswa. Data yang dianalisis secara kualitatif yaitu data hasil observasi aktivitas belajar siswa dan keterampilan mengajar guru. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini meliputi hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata 77,61 dengan ketuntasan klasikal sebesar 78,26% pada siklus I. Pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 81,30 dengan ketuntasan klasikal 86,96%. Pada siklus I skor rata-rata aktivitas siswa yang dicapai sebesar 2,58 dengan kategori baik dan meningkat pada siklus II menjadi 2,82 dengan kategori baik. Keterampilan guru dalam mengajar pada siklus I diperoleh skor rata-rata sebesar 2,875 dengan kategori baik. Hasil tersebut meningkat pada siklus II dengan skor rata-rata sebesar 3,3125 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD 1 Ngembal Kulon. Saran peneliti yaitu setiap kegiatan yang dilakukan hendaknya diperhatikan agar tidak menyimpang dari langkah-langkah model pembelajaran Group Investigation dan memberikan bimbingan kepada siswa untuk terlibat aktif dalam pembelajaran.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing :Drs. Sabar Rutoto, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Group Investigation, Hasil Belajar Matematika.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 02 Mar 2015 04:22
Last Modified: 02 Mar 2015 04:22
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4121

Actions (login required)

View Item View Item