Penerapan Model Pembelajaran Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Materi Globalisasi Siswa Kelas Iv Sdn 4 Ploso Jati Kudus

PUJIANTI, RESTI (2015) Penerapan Model Pembelajaran Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Materi Globalisasi Siswa Kelas Iv Sdn 4 Ploso Jati Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (441kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (173kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (293kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (449kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (198kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (182kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (114kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN 4 Ploso Jati Kudus. Rendahnya hasil belajar PKn disebabkan pembelajaran yang masih konvensional. Siswa merasa bosan karena tidak banyak kegiatan yang dilakukan siswa, sehingga pembelajaran yang dilakukan kurang bermakna, guru berfungsi sebagai satu-satunya sumber informasi. Berdasarkan latar belakang tersebut maka peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan model Student Teams Achievement Division (STAD). Apakah penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 4 Ploso Jati Kudus? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa, keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model Student Teams Achievement Division (STAD) pada mata pelajaran PKn materi globalisasi. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Student Teams Achievement Division (STAD). Model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) merupakan pembelajaran yang mengelompokkan siswa secara heterogen beranggotakan 4-5 orang, dan dalam proses pembelajarannya siswa diberikan kesempatan untuk berdiskusi dan bekerja sama. Selain itu kerja keras siswa selama pembelajaran juga mendapatkan apresiasi dari guru. Globalisasi adalah transparansi atau keterkaitan seluruh warga dunia di bidang informasi, komunikasi, transportasi, ekonomi, dan teknologi, serta gaya hidup yang memberikan dampak positif atau pun negatif bagi kehidupan masyarakat sehingga seluruh bangsa dan negara di dunia secara tidak langsung terikat. Hipotesis tindakan yang diajukan adalah penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, keterampilan guru dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 4 Ploso Jati Kudus pada mata pelajaran PKn materi globalisasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas IV SDN 4 Ploso Jati Kudus dengan subjek penelitian 30 siswa dan berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar PKn materi globalisasi. Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari tindakan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas belajar siswa (aspek afektif dan psikomotorik) siklus I mencapai 68,08% (tinggi), siklus II menjadi 91% (sangat tinggi). Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran PKn meningkat dari siklus I 76,89% (baik) pada siklus II menjadi 89,77% (sangat baik). Hasil belajar (aspek kognitif) PKn siswa meningkat dari pra siklus 63,17 (sedang), siklus I 66 (sedang), dan siklus II 73,67 (tinggi). Simpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan model Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan model Student Teams Achievement Division (STAD) pada mata pelajaran PKn materi globalisasi, dan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN 4 Ploso Jati Kudus. Saran dalam penelitian ini siswa hendaknya menumbuhkan rasa senang pada pembelajaran PKn tanpa mengharapkan penghargaan dari guru. Guru hendaknya menindaklanjuti penerapan model Student Teams Achievement Division (STAD) pada mata pelajaran PKn dengan materi yang lain. Kepala sekolah hendaknya memfasilitasi guru untuk dapat mengembangkan keilmuwannya lebih lanjut.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing :Dr. Murtono, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: STAD, Hasil Belajar PKn, Globalisasi.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 02 Mar 2015 05:00
Last Modified: 02 Mar 2015 05:00
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4126

Actions (login required)

View Item View Item