Peningkatan Hasil Belajar Tema Peristiwa Kelas I Semester Ii Menggunakan Permainan Ular Tangga Di Sd 4 Sidorekso Tahun Pelajaran 2013/ 2014

DEWANTI, DESTYARUM (2015) Peningkatan Hasil Belajar Tema Peristiwa Kelas I Semester Ii Menggunakan Permainan Ular Tangga Di Sd 4 Sidorekso Tahun Pelajaran 2013/ 2014. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (871kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (344kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (663kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (597kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (476kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (135kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar Tema Peristiwa pada siswa kelas I SD 4 Sidorekso Kudus. Rendahnya hasil belajar disebabkan karena dalam menyampaikan materi kepada siswa peran guru yang masih dominan serta kurang variasi dalam menyampaikan materi menyebabkan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran, sehingga pembelajaran yang bermakna belum didapatkan dan menjadi monoton, yang berakibat timbul rasa kurang tertarik pada pembelajaran yang disampaikan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah menggunakan permainan ular tangga dapat meningkatkan hasil belajar tema peristiwa siswa kelas I SD 4 Sidorekso Kudus? Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti melakukan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar siswa, dengan menggunakan permainan ular tangga pada tema peristiwa. Permainan ular tangga adalah aktivitas bermain dalam rangka mencari kesenangan dan kepuasan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dalam papan yang dibagi dalam kotak-kotak kecil dan di beberapa kotak digambar sejumlah tangga dan ular yang menghubungkan dengan kotak lain. Dalam pembelajaran ini, siswa dituntut untuk aktif dalam permainan ular tangga dan tanggap dalam melakukan pesan yang terdapat pada permainan ular tangga. Hipotesis tindakan yang diajukan adalah keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar siswa menggunakan permainan ular tangga pada siswa kelas I SD 4 Sidorekso Kudus dapat meningkat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas I SD 4 Sidorekso Kudus dengan subjek penelitian 28 siswa dan guru yang berlangsung selama dua siklus masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah permainan ular tangga, sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar tema peristiwa. Metode pengumpulan data berupa observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Data yang diperoleh dari tindakan yang dilakukan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan permainan ular tangga dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar tema peristiwa. Hal ini dapat dilihat dari tercapainya indikator keberhasilan sebagai berikut. (1) Persentase ketuntasan hasil belajar klasikal pada tes evaluasi siklus I 54% meningkat menjadi 96% pada tes evaluasi siklus II dengan peningkatan nilai rata-rata kelas pada siklus I 68,036 menjadi 83,96 pada siklus II. (2) Aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh nilai 1,76 dengan kualifikasi “cukup” meningkat pada siklus II menjadi 3,14 dengan kualifikasi “baik”. (3) Keterampilan guru dalam tema peristiwa pada siklus I memperoleh nilai 3,11dengan kualifikasi “baik” dan meningkat pada siklus II menjadi 3,77 dengan kualifikasi “sangat baik”. Simpulan dalam penelitian ini yaitu menggunakan permainan ular tangga dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar siswa kelas I SD 4 Sidorekso Kudus. Saran dalam penelitian ini, siswa hendaknya aktif dan menumbuhkan sikap positif dalam belajar agar dapat meraih hasil belajar yang baik. Bagi guru, selalu menciptakan iklim pembelajaran yang bernuansa sosial dan membimbing siswa secara intensif dalam pembelajaran, menerapkan pembelajaran dengan menggunakan permainan yang dapat memberikan pengalaman bermakna bagi siswa terutama siswa kelas rendah untuk perkembangan keterampilan sosial mereka serta partisipasi siswa. Bagi peneliti diharapkan pada penelitian selanjutnya diharapkan dalam proses belajar mengajar dengan menerapkan permainan ular tangga yang diterapkan pada materi yang lain dengan catatan materi lebih menonjolkan kepada pemahaman siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing :Drs.Sabar Rutoto,M.Pd.
Kata Kunci: Permainan Ular Tangga, Hasil Belajar Tema Peristiwa
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 07 Mar 2015 03:07
Last Modified: 07 Mar 2015 03:07
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4159

Actions (login required)

View Item View Item