Peningkatan Keterampilan Membaca Nyaring Dan Menulis Pengumuman Dengan Model Student Teams Achievement Divisions Siswa Kelas Iv Sdn 01 Karangasem Rembang Tahun Pelajaran 2013/2014

Elinda, Devita Rian (2015) Peningkatan Keterampilan Membaca Nyaring Dan Menulis Pengumuman Dengan Model Student Teams Achievement Divisions Siswa Kelas Iv Sdn 01 Karangasem Rembang Tahun Pelajaran 2013/2014. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (481kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (98kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (150kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (696kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (33kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (77kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Menulis merupakan kegiatan menyampaikan gagasan, ide, maupun pendapat secara tertulis.Membaca adalah melihat serta memahami isi dari apa yang tertulis (dengan melisankan atau hanya dalam hati), mengeja/melafalkan apa yang tertulis, mengucapkan, mengetahui, meramalkan dan memperhitungkan serta memahami. Menulis dan membaca adalah keterampilan yang harus dimiliki siswa dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Kemampuan siswa dalam membaca nyaring dan menulis pengumuman masih rendah. Strategi dan metode pembelaran yang sering digunakan oleh guru kelas yaitu metode ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas. Berdasarkan latar belakang, penelitian ini merumuskan permasalahan yaitu adakah peningkatan yang signifikan keterampilan siswa kelas IV SDN 01 Karangasem Rembang dalam membaca nyaring dengan menulis pengumuman dengan diterapkannya model Student Teams Achievement Divisions (STAD), dan Apakah terdapat peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dengan diterapkannya model (STAD) pada siswa kelas IV SDN 01 Karangasem Rembang dalam membaca nyaring dan menulis pengumuman. Tujuan penelitian ini: menemukan peningkatan keterampilan siswa kelas IV SDN 01 Karangasem Rembang dalam membaca nyaring dengan menulis pengumuman dengan model (STAD), mendeskripsikan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dengan diterapkannya model (STAD) pada siswa kelas IV SDN 01 Karangasem Rembang. Penelitian ini memiliki kegunaan secara teoritis hasil penelitian ini diharapkan dapat melengkapi referensi yang telah ada, sehingga dapat memberikan kegunaan bagi pengembangan ilmu pengetahuan disekolah dasar, sehingga dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam membaca nyaring dan menulis pengumuman dengan model (STAD). Dalam penelitian ini metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi.Penelitian ini menggunakan subjek penelitian sebanyak 20 siswa kelas IVSDN 01 Karangasem Rembang. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan selama dua siklus dan setiap siklusnya dua pertemuan. Langkah-langkah setiap siklusnya yaitu, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan dengan menggunakan model STAD dapat meningkatkan keterampilan guru mengelola pembelajaran, aktivitas siswa dalam belajar dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat yaitu terjadi peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I ke siklus II dari persentase 80% menjadi 88% dengan kriteria baik menjadi sangat baik, peningkatan aktivitas belajar siswa siklus I ke siklus II yaitu dari persentase 74,5% menjadi 85% dengan kriteria baik menjadi sangat baik. Selain itu terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari peningkatan nilai rata-rata kelas pada siklus I ke siklus II yaitu dari 65,75 menjadi 79,5 dan persentase ketuntasan belajar siswa dari 55% meningkat menjadi 85%. Simpulan dalam penelitian ini yaitu Penerapan model (STAD) untuk pembelajaran Bahasa Indonesia materi menulis pengumuman dan membaca nyaring pada siswa kelas IV SDN 1 Karangasem Rembang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Saran dalam penelitian ini, siswa hendaknya berlatih untuk meningkatkan keberanian maju di depan kelas ketika diminta guru mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya, guru hendaknya jangan terpaku dengan menggunakan metode ceramah yang lebih mudah digunakan, melainkan guru hendaknya harus menggunakan model pembelajaran inovatif yang sesuai dengan karakteristik siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing :Dr.Murtono, M.Pd
Kata Kunci: Membaca Nyaring, Menulis Pengumuman, Model Student Teams Achievement Divisions (STAD).
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 07 Mar 2015 03:29
Last Modified: 07 Mar 2015 03:29
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4168

Actions (login required)

View Item View Item