ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI UNDERPRICING KETIKA INITIAL PUBLIC OFFERING (IPO) DI BURSA EFEK INDONESIA

KURNIAWATI, NOVI (2015) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI UNDERPRICING KETIKA INITIAL PUBLIC OFFERING (IPO) DI BURSA EFEK INDONESIA. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal.Judul) - Accepted Version
Download (570kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (271kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (227kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (439kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (367kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (206kB) | Request a copy
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (845kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (127kB) | Tinjau ulang
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Underpricing adalah sebuah fenomena Initial Public Offering (IPO) yang sering terjadi di pasar modal dan telah dibuktikan oleh para peneliti di berbagai Negara. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi underpricing. Penelitian ini dilakukan di Bursa Eek Indonesia (BEI), yakni pada perusahaan non keuangan yang melakukan IPO pada tahun 2008 sampai dengan tahun 2013. Underpricing merupakan variabel dependen dalam penelitian ini. Sedangkan variabel independen dalam penelitian ini adalah reputasi underwriter, reputasi auditor, return on equity, tingkat leverage, dan ukuran perusahaan. Pengambilan sampel yang dilakukan dengan metode purposive sampling menghasilkan 78 perusahaan sebagai sampel penelitian. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder. Alat analisis yang dipergunakan adalah regresi berganda dengan menggunakan uji t dan uji F. Data yang digunakan dianalisa dengan menggunakan regresi linier berganda pada tingkat signifikan 5%. Hasil analisis regresi berganda menunjukkan bahwa variabel reputasi underwriter secara signifikan berpengaruh pada underpricing dengan arah koefisien negatif. Sedangkan variabel reputasi auditor, return on equity, tingkat leverage dan ukuran perusahaan tidak memiliki pengaruh signifikan pada terjadinya underpricing. Kata Kunci : Underpricing, Reputasi Underwriter, Reputasi Auditor, Return On Equity (ROE), Tingkat Leverage, dan Ukuran Perusahaan.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Uncontrolled Keywords: ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI UNDERPRICING KETIKA INITIAL PUBLIC OFFERING (IPO) DI BURSA EFEK INDONESIA
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Teori Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 07 Mar 2015 03:58
Last Modified: 07 Mar 2015 03:58
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4175

Actions (login required)

View Item View Item