Upaya Meningkatkan Perilaku Prososial Melalui Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Sosiodrama

FAIZAH, SITI (2015) Upaya Meningkatkan Perilaku Prososial Melalui Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Sosiodrama. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (102kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Berdasarkan observasi dan wawancara yang dilakukan peneliti di SMK Wisudha Karya Kudus pada siswa kelas X TMK, peneliti sering dijumpai adanya siswa yang mempunyai perilaku prososial rendah. Misalnya siswa tidak mau memberikan bantuan atau pertolongan kepada teman yang sedang kesusahan, siswa tidak mau bekerjasama dengan teman lainnya. Permasalahan yang akan diteliti: “Apakah layanan penguasaan konten dengan Teknik Sosiodrama dapat meningkatkan Perilaku Prososial pada siswa kelas X TMK SMK Wisudha Karya Kudus Tahun Ajaran 2014/2015?”. Sedangkan tujuan penelitian yaitu : “Untuk meningkatkan perilaku prososial melalui layanan penguasaan konten dengan teknik sosiodrama pada siswa kelas X TMK SMK Wisudha Karya Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015”. Dalam penelitian ini mengkaji teori yang berhubungan dengan perilaku prososial melalui layanan penguasaan konten dengan teknik sosiodrama. perilaku prososial adalah mewakili suatu kategori tindakan yang luas yang didefinisikan oleh suatu segmen signifikan masyarakat dan/atau kelompok sosial sebagai tindakan yang secara umum bermanfaat bagi orang-orang lain. Layanan penguasaan konten adalah merupakan bantuan yang diberikan kepada individu atau kelompok untuk memperoleh suatu pemahan tentang kopetensi tertentu melalui kegiatan belajar. Sosiodrama merupakan dramatisasi dari berbagai persoalan yang dapat timbul dalam pergaulan dengan orang-orang lain, termasuk konflik yang sering dialami dalam pergaulan sosial. Hipotesis Penelitian ini adalah: “Layanan penguasaan konten dengan teknik sosiodrama dapat meningkatkan perilaku prososial siswa kelas X TMK SMK Wisudha Karya Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015”. Subjek pada penelitian ini adalah kelas X TMK sebanyak 38 siswa, Jenis penelitian ini adalah PTK yaitu suatu bentuk penelitian yang bersifat reflektif. Selanjutnya metode yang digunakan dalam Penelitian ini adalah metode wawancara dan observasi. Sedangkan analisis data yang di gunakan adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dari siklus I ke siklus II yang setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan yang mengamati 10 aspek indikator perilaku prososial. Hal ini terbukti dengan hasil yang diperoleh dari setiap observasi yang dilakukan sebelum tindakan dan setelah pemberian layanan tersebut memperlihatkan bahwa perilaku prososial mengalami peningkatan yaitu pada pra siklus mendapatkan skor 21 dalam kategori kurang, pada siklus I memperoleh skor 25,6 dalam kategori cukup (C) dan pada siklus II mendapatkan skor 36 dalam kategori baik (B). Kesimpulannya bahwa kondisi 38 siswa sebelum diberikan layanan penguasaan konten dengan teknik sosiodrama, siswa mempunyai perilaku prososial sangat rendah. Namun setelah diberikan layanan yang dilakukan peneliti dengan 2 siklus tersebut menunjukan adanya peningkatan sebesar 11 jadi melalui layanan penguasaan konten dengan teknik sosiodrama siswa kelas X TMK SMK Wisudha karya Kudus Tahun ajaran 2014/2015. Selanjutnya peneliti memberikan menyampaikan saran kepada: 1. Kepala sekolah hendaknya memberikan fasilitas sarana dan prasarana. 2. Kepada Guru BK Diharapkan guru bk dapat memberikan layanan penguasaan konten dengan teknik sosiodrama dalam mengarahkan siswa untuk dapat meningkatkan perilaku prososial. 3. Kepada Siswa Diharapkan dapat membantu siswa untuk meningkatkan perilaku prososial. Sehingga menjadi pribadi yang baik dan mampu bersikap sosial. Dengan memanfaatkan layanan penguasaan konten dalam penyampaiannya. 4. Kepada Peneliti untuk peneliti berikutnya perlu mengadakan penelitian lebih lanjut dan lebih lengkap yang terkaitan dengan meningkatkan perilaku prososial melalui layanan penguasaan konten dengan teknik sosiodrama.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing :Drs. Masturi, MM.
Uncontrolled Keywords: Perilaku Prososial, Layanan Penguasaan Konten dengan teknik sosiodrama.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 07 Mar 2015 04:14
Last Modified: 07 Mar 2015 04:14
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4179

Actions (login required)

View Item View Item