Penerapan Pendekatan Realitas Untuk Mengatasi Perilaku Membolos Pada Siswa Kelas Xii Mm Smk Taman Siswa Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015

HANDAYANI, TITIK (2015) Penerapan Pendekatan Realitas Untuk Mengatasi Perilaku Membolos Pada Siswa Kelas Xii Mm Smk Taman Siswa Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (588kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (92kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (206kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (125kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (239kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (116kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (117kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (86kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil wawancara yang dilakukan peneliti dengan guru bimbingan dan konseling pada tanggal 1 Oktober 2014 diketahui ada beberapa siswa kelas XII MM SMK Taman Siswa Kudus yang sering membolos tidak masuk sekolah tanpa keterangan yang jelas. Akibat dari sering membolos menyebabkan ketinggalan pelajaran dan prestasi yang kurang. Pendekatan Realitas merupakan bentuk layanan bimbingan dan konseling di sekolah yang dapat digunakan untuk mengatasi siswa membolos. Melalui pendekatan realitas diharapkan dapat membantu siswa mengubah perilaku negatifnya yaitu membolos menjadi perilaku yang lebih positif sehingga siswa dapat rajin masuk sekolah. Permasalahan yang akan diteliti: 1. Apa saja faktor-faktor penyebab perilaku membolos pada siswa kelas XII MM SMK Taman Siswa Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015?, 2. Apakah penerapan pendekatan realitas dapat efektif untuk mengatasi perilaku membolos pada siswa kelas XII MM SMK Taman Siswa Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015?. Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1. Diperolehnya data tentang faktor-faktor penyebab perilaku membolos pada siswa kelas XII MM SMK Taman Siswa Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015, 2. Membantu mengatasi perilaku membolos melalui penerapan pendekatan realitas pada siswa kelas XII MM SMK Taman Siswa Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian studi kasus ini dilakukan secara terperinci dan mendalam terhadap suatu gejala tertentu, meliputi: identifiksi kasus, analisis, diagnosis, prognosis, treatment, evaluasi dan tindak lanjut. Subjek penelitian ini adalah 2 (dua) siswa kelas XII MM (AL dan LC) yang tercatat sebagai siswa yang mempunyai perilaku membolos sekolah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah: 1. Wawancara, 2. Observasi, 3. Dokumentasi dan 4. Home Visit Hasil penelitian dan pembahasan kasus,1. Konseli I (AL) disebabkan oleh kurangnya perhatian dari orang tua dan bangun kesiangan. Setelah dilakukan konseling selama 3 kali dengan penerapan konseling realitas, dapat merubah sikapnya menjadi lebih pengertian dan menyadari akan keadaan orang tuanya dan juga konseli lebih bisa membatasi waktu bermainnya sehingga konseli tidak akan bangun kesiangan lagi. Ini berarti penerapan konseling realitas dapat membatu mengatasi perilaku membolos pada konseli. 2.Konseli (LC) penyebab permasalahannya yaitu konseli diacuhkan dan didiamkan oleh teman-temannya. Setelah dilakukan konseling selama 3 kali dengan penerapan konseling realitas, dapat menjadi pribadi yang lebih baik lagi, pribadi yang lebih rendah hati dan sabar sehingga temannya tidak mengacuhkannya lagi. Ini berarti penerapan konseling realitas dapat membantu mengatasi perilaku membolos pada konseli. Berdasarkan hasil pembahasan dan analisis di atas peneliti dapat menyimpulkan bahwa penerapan konseling realitas dapat membantu untuk mengatasi siswa yang mempunyai perilaku membolos pada siswa kelas XII MM SMK Taman Siswa Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015. Berdasarkan kesimpulan diatas peneliti dapat memberikan saran kepada Kepala sekolah hendaknya melakukan pertemuan secara periodik dengan Wali Kelas, Guru Bimbingan dan Konseling serta Wali Murid untuk membahas permasalahan yang ada pada setiap siswa. Kepada Guru Bimbingan dan Konseling dapat menerapkan pendekatan realitas dengan menggunakan teknik WDEP (Want, Doing and Direction, Evaluation and Planning) untuk mengatasi siswa yang membolos. Kepada Wali kelas hendaknya lebih memperhatikan para anak didiknya untuk dapat mendeteksi setiap permasalahan yang sedang dihadapi siswa. Kepada siswa diharapkan dapat secara realistis memahami dampak dari membolos sekolah. Kepada Orang tua agar memberikan perhatian lebih dan tetap mengawasi pergaulan anaknya sehingga siswa bisa terus masuk sekolah dan tidak membolos lagi.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing :Dra.Hj.Sutarti,SE, MM.
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Realitas, Membolos
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 07 Mar 2015 04:21
Last Modified: 07 Mar 2015 04:21
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4181

Actions (login required)

View Item View Item