Teaching Writing Descriptive Text For The Seventh Grade Students Of Smp N 02 Tlogowungu By Using Pie (Point, Illustration, Explanation) Strategy In Academic Year 2013/2014

SAID, NUR (2015) Teaching Writing Descriptive Text For The Seventh Grade Students Of Smp N 02 Tlogowungu By Using Pie (Point, Illustration, Explanation) Strategy In Academic Year 2013/2014. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (599kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (87kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (160kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (206kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (335kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (82kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (70kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (29kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Menulis adalah salah satuketrampilan bahasayang harus di kuasai oleh siswa bahasa inggris. Menulis juga ketrampilan bahasa yang penting untuk sisawa sebab menulis menuntut siswa untuk mengungkapkan ide dalam bentuk tulisan dengan tata bahasa yg benar.Para siswa merasa kesulitan untuk menulis teks. Mereka merasa kesulitan untuk mengungkapkan ide mereka dalam tulisan mereka. Oleh karna itu, penulis menggunakan strategi PIE (poin, ilustrasi dan explanation)yang diharapkan dapat memecahkan masalah yang ditemukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji sesignifikankemampuan menulis deskriptif teks untuk siswa kelas tujuh SMP N 2 Tlogowungusebelum dan setelah mengajar menggunakan strategi PIE (poin, illustrasidanexplanation) padatahunpelajaran 2013/2014. Desain penelitian ini merupakan penelitian eksperimental menggunakan satu kelompok dengan pre-test dan post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas tujuh SMP N 2 Tlogowungu pada tahun pelajaran 2013/2014. Penulis menggunakan teknik cluster random sampling untuk mengambil sampel dari penelitian ini. Penulis mendapatkan kelas VII B sebagai sampel dengan jumlah siswa adalah 21 siswa. Instrumen yang digunakan oleh penulis adalah tes karangan untuk mengetahui data sebelum dan setelah diajar dengan menggunakan strategi PIE (poin, illustrasidanexplanation). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata dari pre-test adalah 62.5dengan standar deviasi 9.52 dan rata-rata dari post-test adalah 72.78dengan standar deviasi 8.24. ditemukan pengujian hipotesis pada tingkat signifikansi  = 0.05 uji dua-ekor dari derajat kebebasan (df) = 20, t-table (t_t) 2.086, dan t-obtained (t_0) adalah 5.25. Dengan kata lain, hipotesis nol (H_0) ditolak dan hipotesis alternatif (H_a) diterima, karena t-obtained (t_0 ) jatuh di daerah kritis. Hal ini dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan menulis teks diskriptif untuk siswa kelas tujuh SMP N 2 Tlogowungu sebelum dan setelah diajar dengan menggunakan strategi PIE (poin, illustrasidanpenjelasan) pada tahun pelajaran 2013/2014. Berdasarkan hasil di atas, penulis menyarankan bahwa strategi PIE (poin, illustrasidanpenjelasan) efektif dalam kegiatan menulis. Hal ini dapat menjadi solusi bagi para guru bahasa Inggris sebagai bahan alternatif dalam pengajaran membaca, membuat siswa lebih mudah untuk belajar bahasa Inggris dan menarik perhatian serta motivasi belajar siswa.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing :Dr. Drs. Slamet Utomo, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Menulis, Teks Deskriptif, PIE (poin, illustrasi dan explanation)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 09 Mar 2015 05:13
Last Modified: 09 Mar 2015 05:13
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4197

Actions (login required)

View Item View Item