Upaya Meningkatkan Konsistensi Dalam Pemilihan Karir Melalui Layanan Informasi Dengan Teknik Home Room Pada Siswa Kelas X Tp 2 Smk Wisudha Karya Kudus

SAFITRI, LIRIN (2015) Upaya Meningkatkan Konsistensi Dalam Pemilihan Karir Melalui Layanan Informasi Dengan Teknik Home Room Pada Siswa Kelas X Tp 2 Smk Wisudha Karya Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (593kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (125kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (247kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (623kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (506kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (204kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (46kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (50kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil wawancara terhadap guru pembimbing pada tanggal 22 April 2014 pukul 09.00-09.30 WIB, bahwa ada beberapa siswa kelas X TP 2 yang konsistensi dalam pemilihan karirnya masih rendah. Oleh karena itu konsistensi dalam karir siswa perlu ditingkatkan melalui layanan informasi dengan teknik Home Room. Rumusan masalah: apakah konsistensi dalam pemilihan karir dapat ditingkatkan melalui layanan informasi teknik home room ada siswa kelas X TP 2 SMK Wisudha Karya Kudus Tahun Pelajaran 201/2014? Kegunaan penelitian ini adalah: 1. Kegunaan Teoritis: dari hasil penelitian ini diharapkan dapat berguna bagi ilmu pengetahuan, khususnya bidang bimbingan dan konseling, khusunya menyangkut tentang layanan informasi dengan teknik home room dan kosistensi dalam pemilihan karir. 2. Kegunaan Praktis: a. Bagi Kepala Sekolah, b. Bagi Konselor Sekolah, c. Bagi Siswa, d. Bagi Peneliti. Ruang lingkup penelitian ini adalah: 1. Layanan Informasi dengan Teknik Home Room, 2. Konsistensi dalam Pemilihan Karir. Hipotesis dalam penelitian ini adalah: “Penerapan layanan informasi dengan teknik home room diduga dapat meningkatkan konsistensi dalam pemilihan karir pada siswa kelas X TP 2 SMK Wisudha Karya Kudus tahun pelajaran 2013/2014”. Penelitian ini menggunakan PTBK. Subjek yang diteliti dalam penelitian ada 15 siswa kelas X TP 2 SMK Wisudha Karya Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014 yang konsistensi dalam pemilihan karirnya rendah. Variabel penelitian ini adalah: layanan informasi dengan teknik home room (variabel bebas) dan konsistensi dalam pemilihan karir (Variabel terikat). Metode pengumpulan data melalui metode observasi sebagai metode pokok, metode wawancara dan merode dokumentasi sebagai metode pendukung. Analisis data menggunakan deskriptif komparatif. Penelitian dilakukan melaui 2 siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus 3 kali pertemuan membahas 6 materi dengan alokasi waktu 45 menit. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara sebelum tindakan bimbingan kelompok pada aspek penelitian konsistensi dalam pemilihan karir terdapat 10 siswa kategori sangat kurang (SK) dan 5 siswa dalam kategori kurang (K), Setelah diberikan layanan bimbingan kelompok pada siklus I, terdapat 2 siswa dalam kategori cukup (C) dan 13 siswa dalam kategori kurang (K), dengan skor rata-rata 42%% masuk kategori kurang (K). Pada siklus II terdapat 7 siswa dalam kategori baik (B) dan 8 siswa dalam kategori sangat baik (SB). Skor rata-rata 80% masuk kategori baik (B). Berdasarkan hasil pembahasan dan analisis data dapat disimpulkan dari pra siklus, siklus I sampai siklus II diperoleh hasil 21 (42%) menjadi 40 (80%), jadi ada peningkatan sebesar 19. Jadi, layanan informasi dengan teknik home rom dapat meningkatkan konsistensi dalam pemilihan karir pada siswa kelas X TP 2 SMK Wisudha Karya Kudus. Dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima karena dapat teruji kebenarannya. Melihat temuan dilapangan, peneliti memberikan saran kepada: 1. Kepala Sekolah : diharapkan kepala sekolah perlu meningkatkan adanya kerja sama yang baik dengan warga sekolah sehingga dapat bersama-sama memberikan informasi-informasi yang berguna untuk siswa khusunya yang berkaitan dengan karir atau penjurusan. 2. Guru Pembimbing: dapat lebih memaksimalkan pelayanan bimbingan dan konseling di sekolah, terutama layanan informasi dengan mengggunakan teknik yang tepat agar informasi yang disampaikan dapat dengan mudah diterima oleh siswa. 3. Bagi Siswa: lebih berupaya mendapatkan informasi-informasi yang berguna bagi dirinya melalui layanan informasi teknik home room, terutama yang berkaitan dengan karir, sehingga mereka dapat mengembangkan karirnya tersebut dengan optimal.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing :Dra. Hj. Sutarti, SE. MM
Uncontrolled Keywords: Konsistensi dalam Pemilihan Karir, Layanan Informasi, dengan Teknik Home Room
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 10 Mar 2015 05:31
Last Modified: 10 Mar 2015 05:31
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4262

Actions (login required)

View Item View Item