Upaya Meningkatkan Tanggung Jawab Akademik Siswa Melalui Layanan Informasi Berbasis Komik Pada Siswa Kelas Viii Smp 3 Kudus Tahun Ajaran 2014/2015

Devianti, Kiki (2015) Upaya Meningkatkan Tanggung Jawab Akademik Siswa Melalui Layanan Informasi Berbasis Komik Pada Siswa Kelas Viii Smp 3 Kudus Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (969kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (954kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (108kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini di latar belakangi oleh adanya siswa yang kurang bertanggung jawab dalam akademiknya yaitu kurang memahami pelajaran, malas belajar, mudah putus asa, sering tidak masuk sekolah, jarang mengerjakan tugas, kurang menghormati guru sehingga timbul permasalahan dalam prestasi di sekolah. Adapun rumusan masalahnya adalah “Bagaimanakah tanggung jawab akademik siswa kelas VIII SMP 3 Kudus Tahun Ajaran 2014/2015, dapat ditingkatkan melalui layanan informasi berbasis komik?”. Tujuan penelitian ini adalah diperolehnya peningkatan tanggung jawab akademik siswa dan aktifitas peneliti dalam layanan informasi berbasis komik pada siswa kelas VIII SMP 3 Kudus Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini mengkaji teori-teori yang berhubungan dengan tanggung jawab akademik melalui layanan informasi dengan berbasis komik untuk meningkatkan tanggung jawab akademik siswa. Kajian teori dalam penelitian ini mencakup materi yang berkaitan dengan tanggung jawab yaitu sikap dan perilaku untuk menanggung segala akibat yang timbul dari suatu perbuatan atau tindakan yang dilakukan oleh individu atau sekelompok orang dalam organisasi. Layanan informasi yaitu layanan pemberian informasi yang dibutuhkan oleh individu. Dan berbasis komik yaitu bentuk kartun dimana perwatakan sama membentuk cerita dalam urutan gambar-gambar yang berhubungan erat dirancamg untuk menghibur para pembacanya. Penelitian ini dengan didesain menggunakan penelitian tindakan kelas bimbingan dan konseling (PTK-BK) dengan jumlah subyek 37 siswa yang terdiri dari 19 siswa perempuan dan 18 siswa laki-laki. Pengumpulan data pada Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini berjudul upaya meningkatkan tanggung jawab akademik siswa melalui layanan informasi dengan berbasis komik. Dengan dilakukan beberapa metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian layanan informasi dengan berbasis komik pada siswa kelas VIII-C SMP 3 Kudus dalam menerapkan tanggung jawab akademik siswa mengalami peningkatan. Hal ini terbukti dengan hasil yang diperoleh dari setiap onservasi yang dilakukan sebelum observasi dan siklus yang memperlihatkan bahwa tanggung jawab akademik siswa mengalami peningkatan dengan hasil rata-rata pada pra siklus 18,78% kategori kurang, pada siklus 1 pertemuan pertama diperoleh hasil 21,81% kategori kurang, sedangkan siklus 1 pertemuan kedua mendapatkan hasil 28% cukup, dan siklus 1 pertemuan ketiga mendapat hasil 36.27% baik. Setelah diberikan layanan kembali pada siklus II terdapat peningkatan dan perubahan yang membaik pada siswa. Siklus II pertemuan pertama diperoleh hasil 43,40% sangat baik, sedangkan siklus II pertemuan kedua diperoleh hasil 46,89% sangat baik, dan siklus II pertemuan ketiga diperoleh hasil 47,62% sangat baik. Dengan demikian layanan informasi berbasis komik dapat meningkat. Simpulan hasil penelitian layanan informasi berbasis komik dapat meningkatkan tanggung jawab akademik siswa kelas VIII-C SMP 3 Kudus. Hal ini ditunjukkan dari observasi siswa bahwa aktifitas atau perilaku siswa dari pra siklus sampai siklus I dan II mengalami kenaikan dari hasil sangat kurang menjadi sangat baik. Saran yang diberikan 1) bagi kepala sekolah, diharapkan dapat memberikan fasilitas agar guru pembimbing memberikan layanan secara optimal. 2) bagi konselor, konselor dapat menerapkan layanan informasi dengan berbasis komik dalam meningkatkan tanggung jawab siswa dan juga menerapkan layanan bimbingan konseling lainnya. 3) bagi siswa, diharapkan dapat menumbuhkan semangat belajarnya serta dapat meningkatkan dan menerapkan tanggung jawab akademik dalam kehidupan sehari-harinya dengan baik. 4) bagi peneliti, diharapkan peneliti harus lebih kreatif mampu menguasai materi, situai dan kondisi disekitar saat memberikan layanan informasi dengan berbasis komik agar peneliti berjalan dengan lancar dan hasilnya maksimal

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing :Dra. Sumarwiyah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Tanggung Jawab Akademik, Layanan Informasi dengan berbasis Komik
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 16 Mar 2015 04:37
Last Modified: 16 Mar 2015 04:37
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4293

Actions (login required)

View Item View Item