Penerapan Konseling Rational Emotive Therapy Dengan Teknik Restrukturisasi Kognitif Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas X Smk Wisudha Karya Tahun Pelajaran 2013/2014

FEFRIYANTI, HANDI RAHMA (2015) Penerapan Konseling Rational Emotive Therapy Dengan Teknik Restrukturisasi Kognitif Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas X Smk Wisudha Karya Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (578kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (578kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (565kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (578kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (577kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (577kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (577kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (8MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil wawancara yang dilakukan peneliti dengan guru bimbingan dan konseling pada tanggal 10 April 2014, diketahui beberapa siswa kelas X SMK Wisudha Karya Kudus yang mengalami permasalahan kepercayaan diri rendah. Peneliti menerapkan konseling rational emotive therapy dengan teknik restrukturisasi kognitif dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa. Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimanakah penerapan konseling rational emotive therapy dengan teknik restrukturisasi kognitif dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas X SMK Wisudha Karya Kudus Tahun pelajaran 2013/2014. Tujuan penelitian ini yaitu 1. Untuk menemukan faktor-faktor penyebab kepercayaan diri rendah siswa kelas X SMK Wisudha Karya Kudus Tahun pelajaran 2013/2014, 2. Untuk membantu meningkatkan kepercayaan diri siswa menggunakan konseling rational emotive therapy dengan teknik restrukturisasi kognitif. Konseling rational emotive therapy dengan teknik restrukturisasi kognitif adalah pendekatan yang digunakan untuk mengubah pemikiran manusia yang tidak logis tentang dirinya dan orang lain dan menata kembali pemikiran konseli yang negatif yang akan mempengaruhi emosi dan perilakunya. Kepercayaan diri suatu keyakinan dalam jiwa manusia untuk menghadapi tantangan hidup apapun dengan berbuat sesuatu. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi kasus dengan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data penelitian ini adalah: Wawancara, Observasi, Dokumentasi, dan home visit. Subjek penelitian ini 3 siswa kelas X SMK Wisudha Karya Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014 (AS, NAS, dan MFA). Hasil analisis data menunjukkan bahwa kepercayaan diri rendah pada klien I (AS) yaitu: kurang percaya diri dalam pergaulan. Faktor penampilan fisik dan ejekan dari teman-teman sekelas yang menyebabkan klien AS kurang percaya diri dalam bergaul, suka menyendiri dan pendiam di kelas. Bantuan yang diberikan peneliti melalui konseling individu menggunakan pendekatan rational emotive therapy dengan teknik restrukturisasi kognitif selama 4 kali pertemuan. Klien 2 (NAS) yaitu kurang percaya diri dalam bergaul. Faktor ekonomi keluarga yang menyebabkan NAS minder dalam bergaul dengan teman-temannya di sekolah. Bantuan yang diberikan peneliti melalui konseling individu menggunakan pendekatan rational emotive therapy dengan teknik restrukturisasi kognitif selama 4 kali pertemuan. Klien 3 (MFA) yaitu mengalami kepercayaan diri rendah karena malu dengan status orang tua yang bercerai. Bantuan yang diberikan peneliti melalui konseling individu menggunakan pendekatan rational emotive therapy dengan teknik restrukturisasi kognitif selama 5 kali pertemuan. Berdasarkan hasil pembahasan dan analisis konseli I (AS), peneliti menyimpulkan bahwa konseling rational emotive therapy dengan teknik restrukturisasi kognitif dapat mengatasi masalah kepercayaan diri rendah AS dengan perubahan sikap AS yang sudah membuka diri dalam pergaulan dan tidak lagi bersikap pendiam. Konseli II (NAS), peneliti menyimpulkan bahwa konseling rational emotive therapy dengan teknik restrukturisasi kognitif dapat mengatasi kepercayaan diri rendah NAS dengan perubahan sikap NAS yang sudah bisa percaya diri dalam bergaul dan bisa menerima keadaan ekonomi keluarganya. Dari pembahasan dan analisis konseli III (MFA), peneliti menyimpulkan bahwa konseling rational emotive therapy dengan teknik restrukturisasi kognitif dapat mengatasi kepercayaan diri rendah MFA. Perubahan sikap MFA tidak lagi menutup diri dalam pergaulan, motivasi belajar meningkat serta lebih percaya diri. Berdasarkan penemuan penelitian, peneliti memberikan saran kepada: 1. Kepala Sekolah, hendaknya melakukan pertemuan secara periodik dengan wali kelas, guru BK serta wali murid untuk membahas permasalahan siswa. 2. Konselor, dapat menerapkan pendekatan rational emotive therapy dengan teknik restrukturisasi kognitif dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa 3. Orang tua: memberikan motivasi dan perhatian khusus kepada anaknya. 4. Siswa: diharapkan lebih terbuka, selalu berpikir posif dalam setiap tindakannya.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing :Drs. H.Sucipto, M.Pd. Kons
Uncontrolled Keywords: Konseling Rational Emotive Therapy dengan Teknik Restrukturisasi Kognitif dan Kepercayaan Diri
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 16 Mar 2015 04:58
Last Modified: 16 Mar 2015 04:58
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4295

Actions (login required)

View Item View Item