Upaya Meningkatkan Efikasi Diri Dalam Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Reinforcement Pada Siswa Kelas Xi Ak Smk Pgri 2 Kudus

SETYARINI, DYAH (2015) Upaya Meningkatkan Efikasi Diri Dalam Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Reinforcement Pada Siswa Kelas Xi Ak Smk Pgri 2 Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (740kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (810kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (940kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (797kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (749kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (753kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Berdasarkan hasil observasi pada tanggal 03 Nopember 2014 bahwa siswa SMK PGRI 2 Kudus mengalami permasalahan mengenai efikasi diri yang rendah dalam belajar yang ada di SMK PGRI 2 Kudus permasalahan tersebut seperti siswa kurang terbuka dalam belajar, kurangnya komunikasi dengan teman sebayanya, belum mengetahui cara belajar yang baik, belum mengetahui cara menumbuhkan semangat dalam belajar, serta kurangnya rasa percaya diri dalam belajar. Hal ini mungkin disebabkan oleh kurangnya keyakinan akan kemampuan yang siswa miliki, dan pada akhirnya akan berdampak pada prestasi belajar siswa tersebut. Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dipaparkan di atas, maka permasalahan yang dapat dirumuskan yaitu “Apakah layanan bimbingan kelompok dengan teknik reinforcement dapat meningkatkan efikasi diri dalam belajar pada siswa kelas XI AK SMK PGRI 2 Kudus tahun pelajaran 2014/2015?”. Tujuan penelitian: 1. Mendeskripsikan meningkatkan efikasi diri siswa dalam belajar sesudah diberikannya layanan bimbingan kelompok dengan teknik reinforcement pada siswa kelas XI AK SMK PGRI 2 Tahun Pelajaran 2014/2015, 2. Memperoleh peningkatan efikasi diri siswa dalam belajar kelas XI AK SMK PGRI 2 Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini mengkaji teori-teori yang berhubungan dengan efikasi diri dalam belajar. Dengan model konseling yang digunakan yaitu bimbingan kelompok dengan teknik reinforcement. Berdasarkan asumsi dasar di atas maka penelitian ini menggunakan hipotesis penelitian sebagai berikut: “Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Reinforcement dapat meningkatkan efikasi diri dalam belajar di dalam kelas pada siswa kelas XI AK SMK PGRI 2 Kudus Tahun Ajaran 2014/2015”. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI AK di SMK PGRI 2 Kudus Tahun Ajaran 2014/2015 yang berjumlah 9 yang terdiri dari 3 laki-laki dan 6 perempuan. Metode pengumpulan data berupa metode observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan data kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II, setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan, dari siklus I ke siklus II. Hal ini terbukti dengan hasil yang diperoleh dari setiap observasi yang dilakukan sebelum tindakan, dan siklus I dan siklus II yang memperlihatkan bahwa efikasi diri dalam belajar mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata pada pra siklus mendapat skor 13 (26%) masuk dalam kategori sangat kurang (SK), pada siklus I pertemuan pertama mendapat nilai rata-rata 21 (42%) masuk dalam kategori kurang (K), pertemuan kedua mendapat nilai rata-rata 27 (54%) masuk dalam kategori cukup, pada pertemuan ketiga mendapat nilai rata-rata 32 (64%) masuk dalam kategori cukup, dan pada siklus II pertemuan pertama mendapat nilai rata-rata 33 (66%) masuk dalam kategori cukup, pada pertemuan kedua mendapat nilai rata-rata 36 (72%) masuk dalam kategori baik (B), pada pertemuan ketiga mendapat nilai rata-rata 44 (88%) masuk dalam kategori sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa, efikasi diri dalam belajar siswa melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik reinforcement. Pada kondisi awal (26%), siklus I pertemuan I (42%), pertemuan II (54%), pertemuan III (64%), dan siklus II pertemuan I (66%), pertemuan II (72%), pertemuan III (88%) meningkat dengan sangat baik. Selanjutnya, peneliti memberikan saran Kepada Kepala sekolah, Diharapkan kepala sekolah memberikan fasilitas sarana dan prasarana yang mendukung dalam pelaksanaan kegiatan bimbingan kelompok dengan teknik reinforcement agar program layanan bimbingan dan konseling tersebut dapat berjalan dengan lancar. Kepada Konselor Sekolah, Diharapkan agar konselor sekolah memberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik reinforcement yang berkaitan dengan cara meningkatkan efikasi diri dalam belajar siswa dengan tepat agar dapat mengembangkan potensi siswa. Kepada Siswa, Diharapkan setelah mendapat layanan bimbingan kelompok dengan teknik reinforcement, siswa akan mendapatkan manfaat dalam kehidupan sehari-hari, terutama yang berkaitan dengan belajarnya. Kepada Guru Bidang Studi, Diharapkan agar guru bidang studi senantiasa memperhatikan siswa dengan seksama, terutama yang berkaitan dengan efikasi diri dalam belajar. Kepada Peneliti Selanjutnya, Peneliti menyadari bahwa masih ada kekurangan pada beberapa tahapan atau penerapan teknik reinforcement dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan efikasi diri dalam belajar siswa.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing :Dra. Sumarwiyah, M.Pd.,Kons
Uncontrolled Keywords: Efikasi Diri Dalam Belajar, Layanan Bimbingan Kelompok, Teknik Reinforcement
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 16 Mar 2015 06:02
Last Modified: 16 Mar 2015 06:02
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4299

Actions (login required)

View Item View Item