Upaya Meningkatkan Pemahaman Dan Ketrampilan Berjilbab Menurut Agama Islam Melalui Layanan Penguasaan Kontendengan Teknik Simulasi Pada Siswa Kelas X Smk N1 Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015

MASRUROH, LAILATUL (2015) Upaya Meningkatkan Pemahaman Dan Ketrampilan Berjilbab Menurut Agama Islam Melalui Layanan Penguasaan Kontendengan Teknik Simulasi Pada Siswa Kelas X Smk N1 Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
HAL_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (164kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil wawancara terhadap guru pembimbing pada tanggal 9 April 2014 pukul 09.00-09.30 WIB, bahwa siswa kelas X JB 1 pemahaman jilbabnya rendah. Oleh karena itu pemahaman dan ketrampilan berjilbab siswa perlu ditingkatkan melalui layanan penguasaan konten dengan teknik simulasi. Rumusan masalah: 1. Bagaimana deskripsi pemahaman dan ketrampilan berjilbab menurut agama islam, 2. Bagaimanakah layanan penguasaan konten dengan teknik simulasi dapat meningkatkan pemahaman dan ketrampilan berjilbab menurut agama islam pada siswa kelas X JB 1 SMKS N 1 Kudus?. Tujuan penelitian ini adalah: 1. Mendiskripsikan peningkatan pemahaman dan ketrampilan berjilbab setelah mendapat layanan penguasaan konten melalui teknik simulasi, 2. Untuk memperoleh peningkatan pemahaman dan ketrampilan berjilbab melalui penerapan layanan penguasaan konten dengan teknik simulasi pada siswa kelas X JB 1 SMK N 1 Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015. Kegunaan penelitian ini adalah: 1. Kegunaan Teoritis: dari hasil penelitian ini diharapkan Memberikan tambahan ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan Bimbingan dan Konseling, khususnya menyangkut tentang layanan penguasaan konten dengan teknik simulasi dan pemahaman, ketrampilan berjilbab. 2. Kegunaan Praktis: a. Bagi Kepala Sekolah, b. Bagi Konselor Sekolah, c. Bagi Siswa, d. Bagi Peneliti. Ruang lingkup penelitian ini adalah: 1. Layanan Penguasaan Konten dengan Teknik Simulasi, 2. Pemahaman dan Ketrampilan Berjilbab Menurut Agama Islam. Hipotesis Penelitian ini adalah: “Layanan penguasaan konten dengan teknik simulasi dapat meningkatkan pemahaman dan ketrampilan berjilbab menurut agama islam siswa kelas X JB 1 SMK N 1 Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015”. Penelitian ini adalah penelitian PTBK kualitatif. Subjek yang diteliti dalam penelitian ini ada 32 siswa kelas X JB 1 SMK N 1 Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015. Variabel penelitian ini adalah: layanan penguasaan konten dengan teknik simulasi (variable bebas) dan pemahaman dan ketrampilan berjilbab menurut agama islam (variabel terikat). Metode pengumpulan data melalui metode observasi sebagai metode pokok, metode wawancara dan metode dokumentasi sebagai metode pendukung. Analisis data menggunakan deskriptif komparatif. Penelitian dilakukan melaui 2 siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus 3 kali pertemuan membahas 6 materi dengan alokasi waktu 45 menit. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dari siklus I ke siklus II yang setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan yang mengamati 10 aspek indikator pemahaman dan ketrampilan berjilbab menurut agama islam. Hal ini terbukti dengan hasil yang diperoleh dari setiap observasi yang dilakukan sebelum tindakan dan setelah pemberian layanan tersebut memperlihatkan bahwa pemahaman dan ketrampilan berjilbab mengalami peningkatan yaitu pada pra siklus mendapatkan skor 22,1 (44,2%) dalam kategori kurang (K), pada siklus I memperoleh skor 26,1 (52,2%) dalam kategori cukup (C) dan pada siklus II mendapatkan skor 36 (72%) dalam kategori baik (B). Berdasarkan hasil pembahasan dan analisis data dapat disimpulkan setelah diberikan layanan yang dilakukan peneliti dengan 2 siklus, siklus I sampai siklus II diperoleh hasil 26,1 menjadi 36 menunjukan adanya peningkatan sebesar 10. Jadi layanan penguasaan konten dengan teknik simulasi dapat meningkatkan pemahaman dan ketrampilan berjilbab menurut agama islam siswa kelas X JB 1 SMK N 1 Kudus Tahun pelajaran 2014/2015. Dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima karena sesuai dengan indikator keberhasilan. Melihat temuan dilapangan, peneliti memberikan saran kepada: 1. Kepala Sekolah: hendaknya memberikan fasilitas sarana dan prasarana. 2. Kepada Konselor: sebagai bahan kajian dan menambah wawasan bagi konselor dalam memberikan layanan penguasaan konten kaitannya dengan peningkatan pemahaman dan ketrampilan berhijab menurut agama islam. 3. Kepada Siswa: melalui Layanan Penguasaan Konten siswa dapat memperoleh pengalaman dapat meningkatkan pemahamanya dan ketrampilan berjilbab menurut agama islam

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing :Dra. Sumarwiyah, M.Pd, Kons
Kata Kunci: Pemahaman dan ketrampilan Jilbab, Layanan Penguasaan Konten dengan Teknik Simulasi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 16 Mar 2015 07:11
Last Modified: 16 Mar 2015 07:11
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4302

Actions (login required)

View Item View Item