Penerapan Konseling Realita Untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Siswa Kelas X Sma 2 Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013 (Studi Kasus Pada Siswa Broken Home)

SAIDAH, NAILA NOOR (2015) Penerapan Konseling Realita Untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Siswa Kelas X Sma 2 Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013 (Studi Kasus Pada Siswa Broken Home). Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (873kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (62kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (279kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (127kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (176kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (98kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (45kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (28kB) | Tinjau ulang
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Di dalam keluarga terutama orangtua yang dapat menciptakan suasana tenang dan bahagia akan berpengaruh positif bagi keberhasilan belajar anak. Situasi yang tenang akan ditemui pada keluarga yang memperhatikan keutuhan keluarganya. Realita menunjukkan bahwa anak yang prestasi belajarnya rendah kecenderungannya berasal dari lingkungan yang kurang perhatian waktu belajar di rumah, kurangnya penyediaan fasilitas belajar yang memadai, kurangnya dalam memberi bantuan menyelesaikan permasalahan belajar, serta kurang kepedulian orang tua akan kebutuhan anak dalam hal meningkatkan prestasi belajarnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana Penerapan Konseling Realita untuk mengatasi Kesulitan Belajar pada Siswa Kelas X7 SMA 2 Kudus?. Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan belajar pada siswa kelas X7 SMA 2 Kudus tahun pelajaran 2011/2012. 2. Untuk meningkatkan prestasi belajar anak yang mengalami Broken Home sesudah layanan konseling realita. Konseling realita merupakan suatu bentuk hubungan pertolongan yang praktis, relatuf sederhana, dan bentuk bantuan langsung pada klien.Hal ini didasarkan kepada konsep reality therapy dimana seorang klien ditolong agar dia mampu menghadapi masa depannya dengan penuh optimis. Kesulitan Belajar adalah suatu kondisi dimana kompetensi atau prestasi yang dicapai tidak sesuai dengan kriteria standar yang telah ditetapkan. Keluarga Broken home diartikan dengan kondisi keluarga yang tidak harmonis dan tidak berjalan layaknya keluarga yang rukun, damai, dan sejahtera karena sering terjadi keributan serta perselisihan yang menyebabkan pertengkaran dan berakhir pada perceraian. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif studi kasus, subjek dalam penelitian yaitu tiga siswa yang memiliki permasalahan dalam menyampaikan pendapat. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain: wawancara, observasi, dokumentasi. Analisis data mengunakan analisis induktif, dan cara menganalisa data dalam penelitian ini dilakukan secara sistematis mulai dari proses pengumpulan data, mengklasifikasi, mendeskripsikan dan menginterpretasikan. Berdasarkan hasil konseling terhadap konseli I (RD), didapatkan beberapa faktor yang menyebabkan konseli mengalami kesulitan belajar diantaranya faktor internal konseli lebih banyak menghabiskan waktu untuk bermain dan faktor eksternal kurang mendapatkan perhatian dari orangtua. Setelah pelaksanaan konseling selama 3 kali menggunakan konseling realitas RD menyadari bahwa sikap yang ia lakukan itu salah dan ia merubah sikap tersebut dari yang malas belajar menjadi giat belajar, dan mengurangi porsi menonton TV dan lebih menfokuskan dalam belajar dan mau mempertanggung jawabkan apa yang ia lakukan dengan baik. Berdasarkan hasil konseling terhadap konseli II (LS), didapatkan beberapa faktor yang menyebabkan konseli mengalami kesulitan belajar diantaranya faktor internal konseli tidak memiliki semangat dalam belajar dan faktor eksternal pertengkaran orangtua. Setelah mendapatkan konseling sebanyak 3 kai kondisi konseli menjadi lebih baik, konseli lebih bersemangat untuk belajar dan perubahan yang nampak pada konseli yaitu konseli lebih bisa memusatkan perhatian pada pelajaran dan prestasi belajar konseli menjadi lebih baik, dan konseli juga berusaha untuk membuat hubungan kedua orangtuanya menjadi lebih baik. Berdasarkan pembahasan dan kesimpulan di atas, maka peneliti menyampaikan saran sebagai berikut: 1. Kepala sekolah: Dengan adanya dampak positif dari layanan konseling realita dengan teknik WDEP ini diharapkan kepala sekolah dapat mendukung adanya layanan konseling realita dengan teknik WDEP ini. 2. Konselor sekolah: Agar pelayanan bimbingan dan konseling dapat mengatasi kesulitan belajar yang selama ini para siswa yang berasal dari keluarga broken home melalui layanan konseling realita dengan teknik WDEP. 3. Siswa: Diharapkan siswa-siswi di SMA 2 Kudus mampu untuk meningkatkan semangat dalam belajar dalam kondisi apapun, serta menjadikan permasalahan dalam keluaga sebagai bagian dari pendewasaan diri dan belajar sebagai jembatan untuk mewujudkan cita-cita. 4. Penelitian selanjutnya: Untuk pengembangan penelitian selanjutnya maka bagi peneliti nantinya dalam upaya mengatasi kesulitan belajar yang dialami oleh siswa yang berasal dari keluarga broken home hendaknya lebih memahami kondisi keadaan siswa dalam menghadapi kesulitan-kesulitan yang muncul terkait dengan permasalahan yang dihadapi dan menggunakan berbagai teknik yang lebih bervariatif.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing :Drs. Sabar Rutoto, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Konseling Realita, Kesulitan Belajar dan Broken Home
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 24 Mar 2015 07:49
Last Modified: 24 Mar 2015 07:49
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4339

Actions (login required)

View Item View Item