Upaya Mereduksi Stress Belajar Saat Menghadapi Ulangan Melalui Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Live Modelling Pada Siswa Kelas X Ap 1 Smk Tamansiswa Kudus Tahun Ajaran 2014/2015

MUNAJAD, MUHAMMAD (2015) Upaya Mereduksi Stress Belajar Saat Menghadapi Ulangan Melalui Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Live Modelling Pada Siswa Kelas X Ap 1 Smk Tamansiswa Kudus Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (465kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (62kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (290kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (268kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (493kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (106kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (32kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (23kB) | Tinjau ulang
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Berdasarkan wawancara yang dilakukan oleh peneliti terhadap guru BK di SMK Tamansiswa Kudus khususnya kelas X AP 1 pada tanggal 18 Oktober 2014 ternyata ditemukan beberapa siswa yang masih merasa takut dan kebanyakaan merasa stress saat menghadapi ulangan, baik itu ulangan harian dan ulangan semester. Kondisi yang terjadi adalah beberapa siswa di kelas X AP 1 seringnya siswa tidak mampu memfokuskan diri pada saat pelajaran berlangsung, labilnya temperament yang dimiliki oleh beberapa siswa, hubungan sosial dengan teman yang kurang baik, beberapa siswa mengalami nyeri pada lambung, sering berkeringat dingin pada saat ulangan dan pelajaran berlangsung. Rumusan masalah: Bagaimanakah penerapan layanan penguasaan konten dengan teknik live modeling dapat mereduksi stress belajar saat menghadapi ulangan pada siswa kelas X AP 1 SMK Tamansiswa Kudus Tahun Ajaran 2014/2015? Tujuan Penelitian: Memperoleh penurunan stress belajar yang dialami oleh siswa melalui layanan penguasaan konten dengan teknik live modeling pada siswa kelas X AP 1 SMK Tamansiswa Kudus. Stres dalam belajar adalah suatu respon psikologis, fisik, pikiran, dan perilaku yang dialami oleh seseorang karena beberapa sumber stres, baik secara internal maupun eksternal dan jika tidak segera ditangani akan menimbulkan beberapa dampak stres dalam belajar yaitu berupa dampak secara kesehatan maupun psikologis sehingga diperlukannya strategi untuk mengatasi stres belajar. PKO merupakan layanan bantuan oleh individu (sendiri-sendiri ataupun dalam kelompok) untuk menguasai kemampuan atau kompetensi tertentu melalui kegiatan. kemampuan atau kompetensi yang dipelajari itu merupakan konten yang didalamnya terkandung fakta dan data, konsep, hukum dan aturan, nilai, persepsi, afeksi, sikap dan tindakan terkait di dalamnya. Layanan penguasaan konten membantu menguasai aspek-aspek konten tersebut secara tersinergikan. Hipotesis: Layanan penguasaan dengan live modeling diduga dapat mereduksi stress belajar siswa saat ulangan pada siswa kelas X AP 1 SMK Tamansiswa Tahun Ajaran 2014/2015. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah, PTBK melalui prosedur tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahap (2 siklus). Siswa yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas X AP 1 SMK Tamansiswa Tahun Ajaran 2014/2015 yang mengalami masalah stress belajar. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan statistik secara deskriptif. Pada masa pra siklus ke siklus I menunjukan hasil skor yang diperoleh sebesar 46,13 menjadi 33,75. dan rata-rata presentase pada pra siklus sebesar 92% dengan klasifikasi sangat tinggi sekarang menurun menjadi 68% dengan klasifikasi tinggi serta secara keseluruhan mengalami penurunan dalam frekuensi stress belajar yang dialami oleh siswa sebesar -12,38. Setelah pemberian layanan penguasaan konten di siklus II kondisi stress belajar siswa semakin menurun menjadi 17 point dengan jumlah rata-rata prosentase 34% dalam klasifikasi sangat rendah. Berdasarkan analisis data dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa “Layanan penguasaan dengan live modeling diduga dapat mereduksi stress belajar siswa saat ulangan pada siswa kelas X AP1 SMK Tamansiswa Tahun Ajaran 2014/2015” diterima karena telah memenuhi indikator keberhasilan. Saran yang diberikan penelitia sebagai berikut: 1. Bagi Kepala Sekolah: Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa layanan penguasaan konten sangat membantu siswa dalam mereduksi stress belajar. Sehingga diharapkan kepala sekolah dapat mendukung adanya layanan penguasan konten ini dengan memfasilitasi konselor sekolah dalam memberikan layanan penguasaan konten. 2. Bagi Konselor Sekolah: Diharapkan konselor dapat memaksimalkan layanan bimbingan dan konseling di sekolah, terutama layanan penguasaan konten. Agar pelayanan bimbingan dan konseling dapat membantu siswa dalam mengatasi permasalahan dalam belajar serta mengurangi stress dalam belajar.3. Bagi Siswa: Siswa harus menyadari akan bahayanya jika terus mengalami stress dalam belajar, yaitu tidak mampunya berpikir dengan baik, terganggunya fungsi tubuh seperti sesak nafas, sakit kepala, jantung, dll. 4. Peneliti berikutnya: Diharapkan peneliti berikutnya dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai dasar dalam mengembangkan penelitian yang selanjutnya dengan memperluas aspek kajian penelitian dan mempergunakan hasil penelitian sebagai tambahan pengetahuan serta referensi terutama yang berkaitan dengan stress belajar siswa melalui layanan penguasaan konten.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing :Drs. H.Sucipto, M.Pd., Kons
Uncontrolled Keywords: Stress belajar, Layanan penguasaan konten dan Live Modeling
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 24 Mar 2015 07:55
Last Modified: 24 Mar 2015 07:55
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4340

Actions (login required)

View Item View Item