Upaya Meningkatkan Kesiapan Menghadapi Ulangan Harian Praktek Kejuruan Melalui Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Relaxation Training Siswa Kelas Xib Tkj Smk Mambaul Falah Kudus

PRIAMBODO, A ARDY (2015) Upaya Meningkatkan Kesiapan Menghadapi Ulangan Harian Praktek Kejuruan Melalui Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Relaxation Training Siswa Kelas Xib Tkj Smk Mambaul Falah Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (73kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (317kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (293kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (603kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5 ) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (108kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (25kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (25kB) | Tinjau ulang
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Berdasarkan kenyataan yang ada lapangan dan setelah peneliti berdiskusi dengan kolabolator pada tanggal 22 Juli 2014 maka rendahnya kesiapan akan teratasi melalui berbagai macam layanan bimbingan, salah satunya adalah layanan penguasaan konten, karena layanan penguasaan konten merupakan salah satu layanan dalam BK yang prinsip pelaksanaanya siswa akan memiliki sesuatu kompetensi atau kemampuan serta keterampilan baru yang nantinya akan dugunakan untuk mengatasi dan mencegah timbulnya permasalahan dalam setiap perkembangannya. Rumusan Masalah: Bagaimanakah Layanan Penguasaan Konten dapat Meningkatkan Kesiapan dalam Menghadapi Ulangan Harian Praktek Kejuruan Siswa Kelas XIB TKJ SMK Mambaul Falah Tahun Pelajaran 2013/2014? Tujuan penelitian: 1. Mendeskripsikan peningkatan kesiapan siswa dalam menghadapi ulangan harian sebelum dan sesudah penerapan layanan penguasaan konten pada siswa kelas XIB TKJ SMK Mambaul Falah Tahun Pelajaran 2014/2015. 2. Menemukan seberapa besar peningkatan kesiapan siswa menghadapi ulangan harian dengan menggunakan teknik Relaxation Training siswa kelas XIB TKJ SMK Mambaul Falah Tahun Pelajaran 2014/2015. Kesiapan individu akan membawa individu untuk siap memberikan respon terhadap situasi yang dihadapi melalui cara sendiri. Saat akan memulai sekolah semua siswa pasti memerlukan kesiapaan mulai dari alat-alat tulis. Biasanya siswa mematangkan kesiapannya pada saat menghadapi ulangan harian atau ujian. Dimana siswa benar-benar mematangkan kesiapannya dalam hal belajarnya dan kondisinya agar bisa menghadapi ulangan atau ujian saat di sekolah. Layanan penguasaan konten merupakan layanan bimbingan dan konseling yang memusatkan terhadap pemberian bantuan kepada individu atau peserta didik (sendiri atau dalam kelompok), bertujuan pengembangan diri yang berkaitan dengan belajar, sehingga mempunyai kemampuan atau kompetisi tertentu dalam kegiatan belajar. Hipotesis tindakan: Layanan penguasaan konten dengan relaxation training dapat meningkatkan kesiapan siswa dalam ulangan harian pada siswa kelas XIB TKJ SMK Mambaul Falah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah, PTBK melalui prosedur tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahap (2 siklus). Siswa yang menjadi subjek penelitian ini adalah 8 siswa kelas XIB TKJ SMK Mambaul Falah Kudus Tahun Ajaran 2014/2015 yang mengalami masalah kesiapan dalam menghadapi ulangan harian. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Kondisi siswa dalam pra siklus tergolong kurang dengan skor rata-rata 19,73 dan jumlah rata-rata persentase 39%. Pada pelaksanaan layanan penguasaan konten dengan teknik relaxation training pada siklus I jumlah skor rata-rata sebesar 28,64 point dan jumlah rata-rata persentase 57% dengan klasifikasi cukup. Pada siklus II mendapatkan jumlah skor rata-rata 42,91 point dan jumlah rata-rata persentase 86% dengan klasifikasi sangat baik. Berdasarkan pembahasan dan analisis data di atas, maka peneliti mengajukan saran antara lain: 1. Kepala Sekolah: Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa layanan penguasaan konten sangat membantu siswa dalam meningkatkan kesiapan siswa dalam menghadapi ulangan harian. Sehingga diharapkan kepala sekolah dapat mendukung adanya layanan penguasan konten ini dengan memfasilitasi konselor sekolah dalam memberikan layanan penguasaan konten. 2. Bagi Konselor Sekolah: Diharapkan konselor dapat memaksimalkan layanan bimbingan dan konseling di sekolah, terutama layanan penguaan konten. Agar pelayanan bimbingan dan konseling dapat membantu siswa dalam mempersiapan diri untuk melaksanakan kegiatan evaluasi pendidikan. 3. Bagi Siswa: Siswa harus menyadari akan pentingnya kesiapan dalam menghadapi ulangan harian, karena dengan adanya persiapan yang matang antara psikis dan fisik maka kesulitan dalam mengerjakan ulangan harian dalam diminimalisir. 4. Peneliti berikutnya: Diharapkan peneliti berikutnya dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai dasar dalam mengembangkan penelitian yang selanjutnya dengan memperluas aspek kajian penelitian dan mempergunakan hasil penelitian sebagai tambahan pengetahuan serta referensi terutama yang berkaitan dengan kesiapan siswa dalam menghadapi ulangan harian melalui layanan penguasaan konten.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing :Dra. Hj. Sutarti, SE, MM
Uncontrolled Keywords: Ulangan Harian, Layanan Penguasaan Konten, Relaxation Training
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 24 Mar 2015 08:21
Last Modified: 24 Mar 2015 08:21
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4343

Actions (login required)

View Item View Item