Penerapan Pendekatan Rational Emotive Therapy Untuk Mengatasi Sikap Minder Siswa Kelas Xi. Ipa. 3 Sman 1 Karanganyar Demak Tahun Pelajaran 2013/2014

SULISTIYOWATI, ENDANG (2015) Penerapan Pendekatan Rational Emotive Therapy Untuk Mengatasi Sikap Minder Siswa Kelas Xi. Ipa. 3 Sman 1 Karanganyar Demak Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (8MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (6MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (6MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (6MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (6MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (6MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (6MB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (115kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (6MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa kelas XI.IPA.3 SMAN 1 Karanganyar Demak yang memiliki sikap minder sehingga mengakibatkan percaya diri siswa menjadi rendah. Permasalahan tersebut disebabkan karena banyak siswa yang mempunyai pola pikir yang irasional. Hal tersebut peneliti dapatkan berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas XI.IPA.3 SMAN 1 Karangayar Demak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1. Apa sajakah faktor-faktor yang menyebabkan sikap minder pada siswa kelas XI.IPA.3 SMA Karanganyar Demak Tahun Pelajaran 2013/2014?, 2. Apakah model konseling Rational Emotive Therapy dapat membantu mengentaskan permasalahan sikap minder Siswa Kelas XI IPA.3 SMA Karanganyar Demak Tahun Pelajaran 2013/2014?. Tujuan penelitian ini adalah 1. Mendeskripsikan faktor-faktor penyebab sikap minder Siswa Kelas XI.IPA.3 SMAN 1 Karanganyar Demak Tahun Pelajaran 2013/2014. 2. Teratasinya perilaku minder melalui penerapan model konseling rasional emotif terapi untuk menangani siswa yang bersikap minder di Kelas XI.IPA.3 SMAN 1 Karanganyar Demak Tahun Pelajaran 2013/2014. RET adalah proses konseling yang mengubah pola pikir yang irasional menjadi rasional. Sikap minder adalah perasaan diri tidak mampu dan menganggap orang lain lebih baik dari dirinya sehingga akan menghambat langkah untuk menjadi lebih maju.. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus, yang melalui 5tahapan yaitu diagnosis, prognosis, treatment, evaluasi, dan follow up. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI.IPA3 SMAN 1 Karanganyar Demak dengan jumlah 2 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam 3 kali konseling pada kedua klien. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data sistem bacon. Kedua klien dalam penelitian ini mempunyai inti pokok permasalahan yang berbeda-beda, Klien pertama berinisial BS mengalami percaya diri rendah dalam hal tidak percaya akan kemampuannya sendiri. Peniliti mendiaknosis faktor yang menyebabkan percaya diri rendah pada BS yaitu selalu merasa pesimis, penyesalan yang berlarut-larut, takut ditertawakan teman apabila melakukan kesalahan, sering mendapatkan ejekan dari teman. Klien kedua berinisial FT mengalami percaya diri rendah dalam hal tidak percaya diri, minder dengan keluarga, cemas, takut dengan apa yang dipilih salah, hal tersebut disebabkan oleh kurang bersyukur, ingin terlihat yang terbaik, merasa dirinya tak sebaik orang lain, mudah terpengaruh. Dari permasalahan tersebut peneliti menggunakan konseling RET untuk mengatasi sikap minder sehingga tidak mudah terpengaruh dari pemikiran-pemikiran irasional. Kesimpulan penelitian ini ialah penerapan RET dapat mengatasi percaya diri rendah dan membentuk pribadi berkarakter pada siswa kelas XI.IPA.3 SMAN 1 Karanganyar Demak. Hal ini terbukti dengan meningkatnya rasa percaya diri klien setelah menjalani tiga kali konseling. BS menjadi percaya akan kemampuan dirinya, FT bisa berpenampilan apa adanya sesuai dengan jati dirinnya. Adapun saran yang diberikan yaitu hendaknya siswa lebih memperluas pergaulannya dan apabila mempunyai suatu permasalahan segera konsultasi dengan guru BK dan bagi guru BK hendaknya melayani siswa dengan baik dan memberikan solusi yang cepat dan tepat terhadap permasalahan yang dialami klien.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing :Dra. Hj. Sutarti, SE, MM.
Uncontrolled Keywords: Rational Emotive Therapy, Sikap Minder Siswa.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 25 Mar 2015 01:36
Last Modified: 25 Mar 2015 01:36
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4346

Actions (login required)

View Item View Item