Upaya Meningkatkan Empati Dengan Teman Sebaya Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Pada Siswa Kelas Xi Ap Smk Pgri 1 Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015

ULVA, FEBRIANA ERI (2015) Upaya Meningkatkan Empati Dengan Teman Sebaya Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Pada Siswa Kelas Xi Ap Smk Pgri 1 Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (4MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (4MB) | Tinjau ulang
[img]
Tinjau ulang
PDF (Lampiran) - Accepted Version
Download (4MB) | Tinjau ulang
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang dilakukan peneliti terhadap siswa kelas XI AP SMK PGRI 1 Kudus pada tanggal 8 September 2014 hari senin pukul 10.00-11.00 di SMK PGRI 1 Kudus, diketahui bahwa empati siswa masih tergolong rendah. Hal ini ditandai dengan siswa kurang mampu menunjukkan kemampuan dalam menempatkan diri dengan keadaan diri sendiri dan orang lain, kurang mampu menerima keputusan orang lain, kurang mampu memahami posisi dan keadaan orang lain, kurang mampu mengungkapkan perasaan orang lain dengan jelas dan baik, serta kurang memiliki kepedulian dan perhatian terhadap lingkungan sekitar. Bertolak dari masalah tersebut maka peneliti mengambil masalah tentang meningkatkan empati dengan teman sebaya pada siswa kelas XI AP SMK PGRI 1 Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015. Rumusan masalah: 1. Bagaimana tindakan-tindakan dalam meningkatkan sikap empati dengan teman sebaya melaui layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama pada siswa kelas XI AP SMK PGRI 1 Kudus Pelajaran 2014/2015? 2. Bagaimana layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dapat meningkatkan empati dengan teman sebaya pada siswa kelas XI AP SMK PGRI 1 Kudus Pelajaran 2014/2015?. Tujuan penelitian: 1. Mendiskripsikan tindakan-tindakan dalam meningkatkan empati dengan teman sebaya melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama pada siswa kelas XI AP SMK PGRI 1 KUDUS Tahun Pelajaran 2014/2015. 2. Diperolehnya peningkatan sikap empati dengan teman sebaya melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama pada siswa kelas XI AP di SMK PGRI 1 Kudus tahun pelajaran 2014/2015. Teori yang digunakan dalam penelitian ini mencakup teori empati dengan teman sebaya dan teori layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama. Empati dengan teman sebaya adalah kemampuan seseorang untuk memahami perasaan dan fikiran orang lain sehingga dapat memahami kondisi yang dialami orang lain. Bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama adalah suatu layanan dalam bimbingan konseling yang memanfaatkan dinamika kelompok untuk memberikan informasi baru, pengetahuan, pemahaman masalah yang sedang dialami saat ini dengan menggunakan teknik sosiodrama yakni permainan peran. Permainan peran yang dilakukan ditujukan untuk memecahkan masalah sosial yang timbul dalam hubungan antar manusia. Hipotesis dalam penelitian ini adalah “Melalui Layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dapat meningkatkan empati siswa kelas XI AP SMK PGRI 1 Kudus tahun pelajaran 2014/2015 Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas bimbingan dan konseling. Subjek penelitian ini adalah delapan siswa kelas XI AP SMK PGRI 1 Kudus. Variabel penelitian: layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama (variabel bebas) dan empati dengan teman sebaya (variabel terikat). Metode pengumpulan data dengan metode observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Rencana penelitian dilakukan meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dari hasil pengumpulan data selama penelitian terhadap delapan siswa kelas XI AP SMK PGRI 1 Kudus, pada tahap pra penelitian diperoleh rata-rata persentase tingkat empati sebesar 36% tergolong kategori kurang. Setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama selama tiga kali pertemuan pada siklus I diperoleh rata-rata persentase 64% tergolong kategori cukup, mengalami peningkatan 24% dari pra penelitian. Kemudian pada tiga kali pertemuan pada siklus II diperoleh rata-rata persentase 85% tergolong kategori sangat baik, mengalami peningkatan 25% dari siklus I. Berdasarkan hasil pembahasan dan analisis siklus I sampai siklus II, maka disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dapat meningkatkan empati dengan teman sebaya. Hal ini terbukti sebelum pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama, empati siswa dengan teman sebaya dalam kategori kurang. Setelah layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama pada siklus I, empati siswa dengan teman sebaya memperoleh kategori cukup dan pada siklus II empati siswa dengan teman sebaya memperoleh kategori sangat baik. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan ”Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Dapat Meningkatkan Empati Dengan Teman Sebaya pada Siswa Kelas XI AP SMK PGRI 1 Kudus tahun pelajaran 2014/2015” diterima karena telah memenuhi indikator keberhasilan. Dari hasil dan temuan selama penelitian, peneliti memberikan saran: 1) Bagi Kepala Sekolah SMK PGRI 1 Kudus diharapkan dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai pertimbangan dalam menentukan kebijakan mendukung pelaksanaan program bimbingan dan konseling di sekolah. 2) Bagi Guru BK (Konselor) SMK PGRI 1 Kudus diharapkan dapat menggunakan penelitian ini sebagai pegangan atau pedoman melaksanakan program bimbingan dan konseling dalam meningkatkan sikap empati. 3) Bagi Siswa SMK PGRI 1 Kudus diharapkan dapat menyadari tentang pentingnya sikap empati dalam kehidupan sehari-hari agar tercipta hubungan sosial yang lebih baik. 4) Bagi Penulis atau Peneliti diharapkan dapat menggunakan penelitian ini sebagai latihan mengembangkan wawasan, menambah pengetahuan dalam melaksanakan kegiatan layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing :Dra. Hj. Sutarti, SE, MM
Uncontrolled Keywords: Empati Teman Sebaya, Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 25 Mar 2015 02:04
Last Modified: 25 Mar 2015 02:04
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4348

Actions (login required)

View Item View Item