Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Materi Peran Serta Berorganisasi Di Sekolah Pada Siswa Kelas V Sd 3 Tenggeles Tahun 2013/2014

MUNAWAROH, RINA AYU (2015) Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Materi Peran Serta Berorganisasi Di Sekolah Pada Siswa Kelas V Sd 3 Tenggeles Tahun 2013/2014. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (201kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (359kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (607kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (204kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (100kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (103kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (12MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya temuan hasil belajar PKn siswa rendah yang terdapat pada siswa kelas V SD 3 Tenggeles Kudus. Hal ini disebabkan beberapa masalah yaitu belum diterapkannya pembelajaran Role Playing, pembelajaran masih berpusat pada guru serta nilai hasil belajar siswa yang masih rendah. Penerapan model pembelajaran Role Playing dapat membantu meningkatkan hasil belajar PKn siswa. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar, aktivitas belajar, dan keterampilan mengajar dalam pembelajaran PKn kelas V SD 3 Tenggeles materi peran serta berorganisasi di sekolah? Sedangkan tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar, aktivitas belajar dan keterampilan mengajar dalam pembelajaran PKn kelas V SD 3 Tenggeles materi peran serta berorganisasi di sekolah. Model pembelajaran Role Playing merupakan model pembelajaran yang aktivitas pembelajarannya terencana melalui suatu pemeranan tokoh tertentu dengan menggunakan situasi tiruan untuk memahami konsep, prinsip, atau keterampilan tertentu. Selain itu, model pembelajaran Role Playing merupakan model yang pembelajarannya dapat membuat siswa aktif sehingga lebih bermakna bagi siswa. Peran serta berorganisasi di sekolah merupakan kegiatan partisipasi siswa dalam mengikuti kegiatan organisasi di sekolah. Pembelajaran dengan menggunakan model Role Playing dapat membuat siswa aktif karena siswa dapat mengekspresikan diri melalui pemeranan situasi tiruan berorganisasi di sekolah. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan melalui dua siklus dengan langkah tiap siklusnya sebagai berikut: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD 3 Tenggeles dengan jumlah 20 siswa. Instrumen pengumpulan data berupa observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas V SD 3 Tenggeles Mejobo Kudus tahun ajaran 2013/2014. Hasil belajar siswa pra siklus mencapai nilai rata-rata 63,25 yang masuk dalam kategori “kurang” dengan ketuntasan klasikal hanya 40%. Hasil belajar evaluasi pada siklus I mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata sebesar 73,5 kategori “cukup” dengan ketuntasan klasikal sebesar 70%. Pada Siklus II hasil belajar evalusi siswa meningkat dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 81,8 masuk kategori “baik” dengan ketuntasan klasikal mencapai 85%. Aktivitas belajar siswa aspek afektif pada siklus I mencapai rata-rata skor 2,68 masuk kriteria “baik” dan siklus II meningkat menjadi 3,325 dengan kriteria “sangat baik”. Aktivitas belajar siswa aspek psikomotorik siklus I mencapai 2,53 kriteria “baik” dan pada siklus II meningkat menjadi 3,365 dengan kriteria “sangat baik”. Keterampilan mengajar guru siklus I mencapai skor rata-rata 2,96 kriteria “baik” dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 3,425 dengan kriteria “sangat baik”. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa, aktivitas siswa, keterampilan mengajar guru dalam pembelajaran PKn kelas V SD 3 Tenggeles materi peran serta berorganisasi di sekolah. Saran yang diberikan untuk guru, diharapkan model pembelajaran Role Playing dapat menjadi referensi dalam meningkatkan aktivitas serta hasil belajar siswa. Bagi siswa, dapat menumbuhkan semangat kerjasama serta keterlibatan secara langsung dalam pembelajaran. Saran untuk sekolah, hendaknya menyediakan fasilitas dan sumber belajar yang memadai dalam menunjang peningkatan kualitas pembelajaran.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing :Dr. Murtono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Role Playing, Hasil Belajar PKn , Peran Serta Berorganisasi Di Sekolah
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 25 Mar 2015 02:14
Last Modified: 25 Mar 2015 02:14
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4349

Actions (login required)

View Item View Item